Paket Barang Impor Kiriman Minimal US$ 3 Kini Dikenakan Pajak

Dinar | Selasa, 14 Januari 2020 14:36
Paket Barang Impor Kiriman Minimal US$ 3 Kini Dikenakan Pajak

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sebelumnya barang kiriman yang bebas dari bea masuk ditetapkan US$75

Dream - Direktorat Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menurunkan nilai pembebasan bea cukai dari US$75 menjadi US$3 atau sekitar Rp41.000 (kurs JISDOR Rp 13.654) per kiriman. Aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.04/2019 akan berlaku mulai 30 Januari 2020.

 

Untuk diketahui, barang kiriman adalah barang yang dikirim oleh pengirim tertentu di luar negeri kepada penerima tertentu di dalam negeri. Impor barang kiriman dapat dilakukan oleh Pos Indonesia atau Pengusaha Jasa Titipan (PJT).

Dikutip dari laman Kementerian Keuangan, Selasa 14 Januari 2020, pemerintah juga merasionalisasi tarif yang semula berkisar 27,5 persen-37,5 persen (bea masuk 7,5 persen, PPN 10 persen, PPh 10 persen dengan NPWP atau PPh 20 persen tanpa NPWP) menjadi 17,5 persen (bea masuk 7,5 persen, PPN 10 persen, dan PPh 0 persen).

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, Syarif Hidayat, mengatakan pemerintah menaruh perhatian khusus terhadap masukan yang disampaikan perajin dan produsen barang-barang yang digemari dan banjir dari luar negeri.

“ Hal ini mengakibatkan produk tas, sepatu, dan garmen dalam negeri tidak laku,” kata Syarif di Jakarta.

Dia mengatakan beberapa sentra perajin tas dan sepatu banyak yang gulung tikar dan hanya menjual produk-produk China.

Melihat dampak yang disebabkan dari menjamurnya produk-produk tersebut, pemerintah telah menetapkan tarif bea masuk normal sebesar 15 persen-20 persen untuk tas, 25 persen-30 persen untuk sepatu, dan 15 persen-35 persen untuk produk tekstil dengan PPN sebesar 10 persen dan PPh 7,5 persen-10 persen.

“ Penetapan tarif normal ini demi menciptakan perlakuan yang adil dalam perpajakan atau level playing field antara produk dalam negeri yang mayoritas berasal dari IKM dan dikenakan pajak dengan produk impor melalui barang kiriman serta impor distributor melalui kargo umum,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Tolong Taati Peraturan

Syarif juga meminta masyarakat dan perusahaan jasa titipan untuk menaati peraturan. Caranya dengan tidak melakukan modus pelanggaran, seperti memecah barang kiriman (splitting) atau memberitahukan harga di bawah nilai transaksi (under invoicing).

Dalam menyusun perubahan aturan ini, pemerintah telah melibatkan berbagai pihak untuk menciptakan aturan yang inklusif serta menjunjung tinggi keadilan dalam berusaha. Kementerian Keuangan, lanjut dia, mengakomodasi masukan para pelaku industri dalam negeri, khususnya industri kecil menengah.

“ Diharapkan dengan adanya aturan baru ini, fasilitas pembebasan bea masuk untuk barang kiriman (de minimus value) dapat benar-benar dimanfaatkan untuk keperluan pribadi dan mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan produk dalam negeri,” kata dia.

3 dari 6 halaman

Kini, Kamu Bisa Jastip Barang Luar Negeri Tanpa Was-Was

Dream - Kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson menyorot perhatian publik. Kasus “ jasa titip/jastip” ini berujung kepada pemecatan dirut PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero).

Sebenarnya, kasus penyelundupan barang tak hanya terjadi kali ini. Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pernah menggagalkan jastip iPhone dalam koper. Ada juga kasus penggagalan penyelundupan sepeda lipat Brompton.

Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa kebutuhan jastip barang dari luar negeri terbilang tinggi. Lalu, bagaimana caranya agar bisa jastip tanpa menemui kendala?

Cofounder titipbeliin.com, Sutrisno, mengatakan pihaknya menawarkan jastip legal, titipbeliin.com. Ada pembayaran pajak yang dimasukkan ke dalam jasa jastip yang ditawarkan oleh platform tersebut sesuai dengan nilai barang. Misalnya, pembelian barang dengan harga US$7,5-US$1.500 (Rp104.907-Rp20,98 juta) akan dikenakan pajak bea masuk 7,5 persen, PPN 10 persen, dan PPh 10 persen.

“ Titipbeliin.com bisa jadi solusi titip barang dari luar negeri secara legal, kami bantu beliin, kirim dan bayarin pajak sesuai nilai barang lalu kirim ke rumah penitip, sekali bayar semuanya diurus oleh titipbeliin.com,” kata Sutrisno, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis 5 Desember 2019.

Sutrisno mengatakan pajak turut dimasukkan ke dalam jasa titip barang. Dikatakan bahwa pihaknya telah mencatat ada 5.500 barang yang dibeli melalui jastip.

Dia mengatakan perusahaan ini membuka layanan titipan dari lima negara, yaitu Amerika, Inggris, Tiongkok, Korea, dan Singapura.

4 dari 6 halaman

Layani Jastip Barang dari Amerika, Tiongkok, Sampai Singapura

Sekadar informasi, sejak diluncurkan pada 18 Maret 2019, titipbeliin.com melayani 3.500 transaksi dengan 6.500 pengguna aktif. Platform ini mendukung titipan barang dari semua e-commere dari Amerika, Tiongkok, China dan Singapura.

Jastip© Foto: Shutterstock

Cara kerja titipbeliin.com sederhana pengguna hanya perlu menempelkan URL barang yang mau dititip ke dalam homepage titipbeliin.com, isi detail barang seperti dimensi, berat dan harga juga unggah NPWP.

Kemudian, akan muncul harga total yang meliputi harga barang, pajak dan pengiriman Internasional lalu bayar dengan berbagai metode pembayaran, pengguna akan menerima barang dalam waktu 3 sampai 15 hari, berbagai urusan pajak dan pengiriman telah diurus oleh titipbeliin.com

5 dari 6 halaman

Caranya

Dream – Fenomena jasa titip semakin menjamur seiring tumbuhnya konsumen kelas menengah yang semakin senang berbelanja. Siapa pun bisa membuka layanan jasa titip, mulai dari remaja sampai ibu rumah tangga.

Ada beragam produk yang ditawarkan, mulai dari produk rumah tangga, fesyen, kosmetik, gadget, sampai barang mewah dari luar negeri.

Omzetnya tak main-main, mulai dari puluhan sampai ratusan juta rupiah. Namun, tak sedikit juga ada masalah yang dialami oleh pemilik jasa titip. Ada yang barangnya tertahan pihak Bea dan Cukai, respons lama, sampai keamanan tidak terjaga.

Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh Bayu Sutrisno dan kawan-kawan mendirikan titipbeliin.com.

“ Titipbeliin.com hadir sebagai alternatif jastip,” kata Bayu di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 25 Maret 2019.

Titipbeliin.com© Dokumentasi Titipbeliin.com

Dia mengatakan konsumen bisa membeli barang dari Amerika dan Tiongkok dan pihaknya mengurus pembeliannya. Pembeli juga tak perlu repot mengurus bea cukai, pengiriman internasional, atau hal lainnya.

“ Pemesan hanya bayar dan tunggu barang sampai depan rumah. Semua end to end via website dan nantinya aplikasi kami,” kata Bayu.

6 dari 6 halaman

Harganya Gimana?

Dia mengatakan startup ini mengklaim memiliki harga yang transparan dan murah. “ Tak ada hidden cost. Semua komponen harganya ditampilkan. Pengiriman juga tercepat 5-15 hari dari Amerika dan Tiongkok sampai,” kata Bayu.

Titipbeliin.com© Dokumentasi Titipbeliin.com

Ia menyebut startup ini memiliki 2 ribu pengguna aktif bertransaksi sejak situs itu diluncurkan. Pihaknya tak ingin mematikan usaha jastip, tetapi mengajak pelaku usaha menjadi dropshipper dengan manfaat yang beragam.

“ Ke depan, kami akan mengakomodir dan mengekspor produk dalam negeri yang berkualitas ke berbagai belahan dunia,” kata dia.

Terkait
Join Dream.co.id