Lion Air Diskon 50 Persen Tiket Rute Lokal, Cek di Sini

Dinar | Kamis, 4 Juli 2019 15:12
Lion Air Diskon 50 Persen Tiket Rute Lokal, Cek di Sini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tapi, promo ini berlaku untuk rute-rute tertentu. Syarat dan ketentuannya pun juga banyak.

Dream – Lion Air akan memangkas harga tiket 50 persen dari harga normal untuk beberapa rute domestik. Promo yang tertuang dalam program #JelajahiIndonesiaTimur ini berlaku efektif mulai 10 Juli 2019 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan, rute-rute yang mendapatkan promo ini adalah Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandar Udara Sentani Papua.

Selain itu, juga Bandar Udara Mopah Merauke, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, dan Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

“ Lion Air akan memberlakukan harga jual tiket spesial dari tarif dasar batas atas (basic fare), akan ditetapkan pada waktu keberangkatan dan mengikuti syarat dan ketentuan,” kata Danang dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 4 Juli 2019.

Menurut Danang, tarif ini belum termasuk biaya bagasi tercatat (didaftarkan), pelayanan jasa penumpang udara (passenger service charges/ PSC), pajak pertambahan nilai (PPN) dan biaya asuransi (Iuran Wajib Jasa Raharja/ IWJR).

2 dari 8 halaman

Daftar Harga Tiket Penerbangan Promo

Makassar ke:

  • Jayapura: mulai dari Rp1,42 juta
  • Merauke: mulai dari Rp1,41 juta

Jayapura ke:

  • Makassar: mulai dari Rp1,42 juta
  • Jakarta: mulai dari Rp2,32 juga

Merauke ke:

  • Makassar: mulai dari Rp1,41 juta
  • Surabaya: mulai dari Rp1,87 juta
  • Jakarta: mulai dari Rp2,29 juta

Jakarta ke:

  • Jayapura: mulai dari Rp2,33 juta
  • Merauke: mulai dari Rp2,29 juta

Surabaya ke

  • Merauke: mulai dari Rp1,87 juta

“ Untuk pemesanan atau pembelian tiket spesial harus dilakukan paling lambat 10 hari sebelum keberangkatan (H-10), dapat memperoleh tarif promo melalui website resmi Lion Air www.lionair.co.id , kantor penjualan tiket Lion Air Group atau agen perjalanan (online dan korporasi),” kata dia.

3 dari 8 halaman

Mengapa Makassar dan Jayapura?

Maskapai berlogo singa terbang ini memenuhi kebutuhan pasar penerbangan dan wisata di dunia traveling. Danang mengatakan sebagian besar perjalanan udara ini dipelopori oleh generasi milenial.

“ Tarif spesial Lion Air memberikan kesempatan travelers mengunjungi berbagai kota favorit di Indonesia Timur, seperti Makassar, Jayapura, dan Merauke,” kata dia.

Misalnya, kata Danang, Makassar terkenal akan kota yang memiliki pantai, pemandangan alam, serta kuliner yang khas.

Lalu, Jayapura menjadi tempat wisatawan menjelajahi alam, danau, pantai, dan tempat bersejarah. Ada juga lokasi hiburan berbasis kearifan lokal. Malah, ada pesawat tengah hutan di Kampung Koya Tengah, Distrik Muara Tami.

Lion Air memilih Jayapura dan Makassar karena menjadi akses menuju destinasi di sekitarnya. Dari Makassar bisa terbang ke Ambon, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Gorontalo, Jayapura, Kendari, Manokwari, Merauke, Palu, Sorong, Surabaya, Ternate, Manado, Lombok, Palu, Tarakan.

Selain itu, travelers dapat melanjutkan ke kota unggulan lainnya, seperti Batulicin, Bau-Bau, Bima, Luwuk, Mamuju, Palangkaraya, Palopo, Poso, Raha, Selayar dan Wangi-Wangi. Sedangkan dari Jayapura terkoneksi ke Merauke, Wamena, Dekai, Sorong, Fak-Fak, Kaimana, Ambon dan Manado.

“ Lion Air terus melakukan berbagai inovasi dan transformasi layanan perjalanan di segala lini, salah satunya armada baru. Pesawat terdiri 66 Boeing 737-900ER (215 kelas ekonomi), 38 Boeing 737-800NG (189 kelas ekonomi) dan tiga berbadan lebar (wide body) Airbus 330-300 (440 kelas ekonomi),” kata dia.

4 dari 8 halaman

Imbauan Perjalanan

Danang menyarankan turis yang membawa bagasi ketika bepergian, bisa membeli bagasi. Kalau tak bawa, dia tak perlu membayar bagasi. Konsep ini memberikan nilai lebih ekonomis serta terjangkau yang disesuaikan kebutuhan.

Turis yang membawa bagasi, dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pembelian bagasi harga lebih hemat dapat dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

“ Setiap travelers (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin,” kata dia. 

5 dari 8 halaman

Lion Air Turunkan Harga Tiket 50 Persen, Cek di Sini

Dream – Lion Air akan mengikuti keputusan pemerintah untuk menurunkan harga jual tiket pesawat rute domestik. Maskapai berlogo singa terbang ini akan memberlakukan harga jual tiket promo sampai dengan 50 persen dari tarif batas atas pada jam-jam tertentu.

“ Lion Air saat ini sedang melakukan persiapan dan proses terkait penyesuaian harga jual tiket,” kata Corporate Communicatiom Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 21 Juni 2019.

Danang mengatakan, tarif yang berlaku belum termasuk tarif bagasi tercatat (didaftarkan), pelayanan jasa penumpang udara (passenger service charges/ PSC), pajak pertambahan nilai (PPN) dan biaya asuransi (Iuran Wajib Jasa Raharja/ IWJR).

Untuk pemesanan atau pembelian tiket promo harus dilakukan paling lambat 10 hari sebelum keberangkatan (H-10).

“ Lion Air senantiasa berupaya menghadirkan pilihan perjalanan udara berkualitas untuk memudahkan mobilisasi travelers antar destinasi dengan mengedepankan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan (safety first),” kata dia.

Danang mengatakan besaran tarif tiket sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan regulator menurut layanan kelas ekonomi domestik. Untuk harga jual tiket penerbangan yang dijual merupakan implementasi penggabungan beberapa komponen menjadi kesatuan harga tiket pesawat.

Biaya tiket untuk penerbangan langsung terdiri dari komponen, tarif dasar (basic fare) tiket pesawat menurut jarak, pajak (government tax) dengan kisaran 10 persen dari harga dasar (basic fare) tiket pesawat, iuran wajib asuransi yang disingkat IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja), Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax dimasukkan langsung dalam biaya tiket pesawat. Besarnya berbeda-beda sesuai dengan bandar udara di masing-masing kota.

Berikut ini adalah daftar harga tiket Lion Air.

 

6 dari 8 halaman

Harga di Bawah Rp500 Ribu

Soekarno-Hatta – Tanjung Karang: Rp216 ribu

Soekarno-Hatta– Semarang: Rp396 ribu

Soekarno-Hatta – Palembang: Rp417 ribu

Soekarno-Hatta – Surakarta/ Solo: Rp444 ribu

Soekarno-Hatta – Pangkalpinang: Rp489 ribu

7 dari 8 halaman

Harga Rp500 Ribu-Rp1 Juta

Banjarmasin – Surabaya: Rp513 ribu

Soekarno-Hatta – Bengkulu: Rp517 ribu

Soekarno-Hatta – Surabaya: Rp583 ribu

Soekarno-Hatta – Jambi: Rp583 ribu

Soekarno-Hatta – Pontianak: Rp645 ribu

Balikpapan – Surabaya: Rp670 ribu

Soekarno-Hatta – Lombok Praya: Rp695 ribu

Soekarno-Hatta, Tangerang – Pekanbaru: Rp697 ribu

Batam – Soekarno-Hatta – Tangerang: Rp707 ribu

Soekarno-Hatta – Padang: Rp725 ribu

Soekarno-Hatta – Medan Kualanamu: Rp896 ribu

Soekarno-Hatta – Makassar: Rp911 ribu

Soekarno-Hatta – Palu: Rp963 ribu

8 dari 8 halaman

Harga di Atas Rp1 Juta

  • Soekarno-Hatta – Kendari: Rp1,08 juta
  • Soekarno-Hatta – Banda Aceh: Rp1,129 juta
  • Manado – Soekarno-Hatta: Rp1,31 juta
  • Soekarno-Hatta – Ternate: Rp1,46 juta
  • Soekarno Hatta – Jayapura: Rp2,36 juta.

“ Tarif spesial yang telah berjalan merupakan salah satu wujud kesungguhan Lion Air dalam memberikan berkesempatan kepada travelers untuk mengunjungi berbagai kota di Indonesia semakin bersar sekaligus membantu mewujudkan impian mereka bisa terbang,” kata Danang.

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id