Mobile Banking BCA Tak Bisa Diakses, Ini Penyebabnya?

Dinar | Senin, 14 Oktober 2019 11:12
Mobile Banking BCA Tak Bisa Diakses, Ini Penyebabnya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sedari pagi, aplikasi ini tak bisa diakses.

Dream – Aplikasi mobile banking BCA menjadi sorotan para penggunanya. Sebab, aplikasi ini tak bisa diakses sedari pagi.

Kendala akses ini menjadi perbincangan warganet Twitter, menurut pantauan Dream. Mereka mengaku sinyal mobile banking BCA “ merah” alias tak bisa diakses.

“ @HaloBCA M-Banking errorkah? Merah teruuuuuuss,” cuit @fiidyatama.

“ Apakah BCA Mobile hari ini gangguan? Kok, notifnya merah terus?” tulis @mirzatjendra.

“ Mbanking BCA lampunya merah mulu, lama banget kayak perempatan Tomang,” cuit @antoinetteshann.

2 dari 6 halaman

Ternyata, Ini Biang Keroknya

Pihak BCA ini menyebut ada kendala yang membuat akses mobile banking terganggu.

“ Kami infokan kepada Bapak/Ibu pelanggan sebelumnya ada kendala, namun saat ini sudah normal kembali. Kami sarankan Bapak/Ibu mencoba kembali,” cuit @HaloBCA.

Dikutip dari Liputan6.com, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan aplikasi ini sulit diakses karena masalah IP Adrees BCA.

" Problemnya IP Address BCA tidak bisa diakses dari dunia internet," ujar dia kepada Liputan6.com.

Saat ini, BCA masih berkoordinasi dengan penyedia layanan internet untuk mengetahui lebih lanjut sumber dari masalah ini.

" Kami sedang koordinasi dgn internet provider untuk mencari tau sumber masalahnya. Kami tidak menemukan adanya kerusakan hardware atau system di BCA," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Septian Deny)

3 dari 6 halaman

Bank Royal Akan Digabung dengan BCA Syariah, Ini Kata Dirut BCA

Dream – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) belum lama ini mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia. Aksi korporasi itu rencananya akan disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada 20 Juni 2019.

Pada Rabu 12 Juni 2019, Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan salah satu agendanya adalah meminta persetujuan para pemegang saham terhadap akuisisi Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) I.

Santer terdengar kabar Bank Royal selanjutnya akan digabungkan dengan BCA Syariah.

Menanggapi kabar ini, Jahja mengatakan peleburan ini tak bisa dilakukan secara singkat. Hal ini disebabkan oleh Bank Royal belum punya fokus bisnis.

 

 Bank Royal Akan Digabung dengan BCA Syariah, Ini Kata Dirut BCA© Dream

 

Perusahaan rencananya akan memperbaiki dahulu kinerja keuangan Bank Royal.

“ Tunggu harus distabilkan dulu Bank Royal sampai profit, baru kemudian di-merger. Saya rasa tidak bisa tahun ini,” kata dia.

Sekadar informasi, BCA dan BCA Finance mencaplok semua saham Bank Royal senilai Rp1 triliun. Angka ini belum termasuk transaksi material. Tentang rencana akuisisi berikutnya terhadap bank lain, Jahja masih tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

" Nanti deh," kata dia.

4 dari 6 halaman

Suntik Rp800 Miliar

Jahja mengatakan perusahaan akan menyuntikkan dana kepada BCA Syariah senilai ratusan miliar. Rencananya, dana ini akan disuntikkan akhir tahun ini.

“ Ada sekitar Rp800 miliar. Kalau bisa, tahun ini pada semester II 2019,” kata dia.

Jahja mengatakan suntikan modal ini akan digunakan untuk ekspansi BCA Syariah salah satunya pembukaan cabang di Aceh.

" Mereka (BCA Syariah) bagus perkembangan kredit dan profitabilitynya. Kita siapkan lah, kapan inject tinggal tunggu kebutuhannya," kata dia.(Sah)

5 dari 6 halaman

Cukup Sekali Klik, Belanjaan Nasabah BCA di Shopee Terbayar

Dream – Belakangan ini, transaksi pembayaran secara online semakin diminati masyarakat. Apalagi, masyarakat juga gemar belanja di portal e-commerce.

“ Sekarang, minat masyarakat sangat tinggi untuk belanja online. Ketika belanja, banyak sekali tombol yang harus diklik,” kata Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono, di Jakarta, Rabu 9 Januari 2019.

Melihat hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan Shopee Indonesia melakukan kerja sama dengan OneKlik. Armand mengatakan fitur ini mempermudah masyarakat untuk membayar belanjaan.

“ Kami bekerja sama dengan Shopee untuk melakukan pembayaran yang mudah dengan OneKlik hanya satu kali klik,” kata dia.

 

 Cukup Sekali Klik, Belanjaan Nasabah BCA di Shopee Terbayar© Dream

 

Armand mengatakan OneKlik merupakan solusi baru bayar belanja online yang membuat nasabah dapat langsung menekan tombol satu kali untuk melakukan pembayaran pada aplikasi merchant.

Nasabah cukup dengan mendaftarkan sumber dana dari rekening BCA. Dengan begitu, OneKlik bisa langsung digunakan.

OneKlik juga memiliki limit harian yang dapat membuat para nasabah tidak perlu khawatir uang belanja bobol. Limit harian itu dapat diatur sendiri oleh nasabah.

“ Dengan menggunakan OneKlik melakukan pembayaran bisa dengan instan,bebas ribet, transaksi tanpa batas, dan juga terkendali,” kata dia.

(Sah, Laporan: Ava Haprin) 

6 dari 6 halaman

Gandeng Singapore Airlines, BCA Bidik Traveler Indonesia

Dream – Industri wisata Indonesia tumbuh pesat. Pertumbuhan ini mendorong PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk mempermudah wisatawan dalam bertransaksi.

“ Kami mendapatkan informasi banyak konsumen di Indonesia setiap tahun ke luar negeri,” kata Direktur BCA, Santoso, di Jakarta, Senin 3 Desember 2018.

Mengutip data Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, selama tahun 2017, jumlah warga Indonesia yang keluar negeri meningkat jadi 9,1 juta orang dari tahun sebelumnya sebanyak 8,4 juta orang. Sementara permohonan paspor melonjak mencapai 3,09 juta permohonan.

Menangkap potensi peluang tersebut, BCA menggandeng maskapai penerbangan Singapura, Singapore Airlines, untuk mempermudah transaksi masyarakat Indonesia kala traveling. bank swasta terbesar di Tanah Air itu merilis kartu kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite.

Kartu berlogo VISA ini akan mempermudah wisatawan ketika berplesir ke mancanegara. “ Tentunya kartu kredit ini memberikan nilai tambah dan keuntungan eksklusif bagi nasabah BCA,” kata dia.

Santoso berharap produk barunya itu bisa membidik travelers baik pribadi maupun keluarga yang hobi traveling maupun mengincar menyukai program mileage yang lebih cepat serta mudah.

Sambil berpromosi, Santoso mengatakan para pengguna BCA Singapore Airlines KrisFlyer akan dimanjakan dengan monthly spend bonus berupa 2 ribu KrisFlyer dengan nilai akumulasi Rp50 juta dan 1.000 KrisFlyer dengan akumulasi Rp20 juta. Poin yang didapatkan bisa ditukar dengan tiket Singapore Airlines.

Setiap pengguna kartu kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer juga mendapatkan berbagai keuntungan seperti bonus Monthly Spend Bonus yang berupa 2.000 KrisFlyer akumulasi transaksi 50 juta per billing cycle atau 1000 KrisFlyer miles dengan akumulasi minimal transaksi 20 juta per billing cycle.

“ Kolaborasi BCA dengan Singapore Airlines ini diharapkan bisa mengoptimalkan nilai tambah yang dapat dinikmati nasabah BCA sekaligus dapat memudahkan proses transaksi bisnis secara efektif dan efisien,” kata dia.

(Sah, Laporan: Ava Haprin)

Join Dream.co.id