Guru Ini Jadi Orang Terkaya

Dinar | Selasa, 25 September 2018 08:16
Guru Ini Jadi Orang Terkaya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ada satu keterampilan yang bisa menjadikan perusahaannya menjadi sukses.

Dream – Tentu Anda sudah kenal Jack Ma. Triliuner asal China. Pengusaha dengan gurita bisnis ini mengaku bisa sukses berkat latar belakangnya sebagai guru.

“ Hanya satu hal yang membuat saya menjadi seorang pebisnis yang sukses, yaitu latar belakang sebagai seorang guru,” kata Jack Ma di World Economic Forum di Tianjin, China, dikutip dari CNBC, Selasa 25 September 2018.

Dulu, Jack Ma ditolak 30 kali ketika melamar pekerjaan. Setelah itu, dia memutuskan untuk membuat startup bersama teman-temannya. Kala itu, usianya 29 tahun.

Ketika itu, Jack Ma tak tahu apa pun tentang pemasaran dan teknologi. Dia juga tak punya uang di rekening bank.

Tapi, ada satu keterampilan yang dibawanya ketika bekerja sebagai guru Bahasa Inggris, yaitu mengidentifikasi dan menggali talent.

Dengan keterampilan ini, Jack Ma sukses menyulap Alibaba menjadi perusahaan e-commerce raksasa dan bernilai multimiliar dolar.

“ Sebagian besar waktu saya dihabiskan untuk mengidentifikasi talent agar bisa melatih dan ‘mengolahnya’ di AliGroup,” kata dia.

 Jack Ma

Jack Ma mengatakan, yang dibanggakan dari Alibaba bukanlah model bisnisnya, tapi susunan hierarki, struktur organisasi, dan budaya pembangunan perusahaan.

Dia juga berkata, hampir dua dekade, perusahaan ini telah bekerja untuk mengembangkan garis talent. Pria ini percaya “ pemimpin” Alibaba ada di sana. Dia juga percaya perusahaan ini punya lima generasi pemimpin di pipeline Alibaba.

“ Yang membuat kami sukses bukanlah saya pribadi, tetapi tim. Pendatang baru lebih kuat daripada kami dalam hal pengetahuan, kapabililtas, dan keterampilan. Sekali kami memberi waktu, mereka akan memberikan kami kesuksesan,” kata dia.

2 dari 6 halaman
Komentar
Beri Komentar
Ibu Ani: Rasanya Seperti Palu Godam Menimpa Saya
Join Dream.co.id
DEBAT CAPRES: Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup Sesi 5