Miliarder Ini Pinjamkan Harry-Meghan Markle Villa Seharga Rp195 M

Dinar | Selasa, 14 Januari 2020 12:24
Miliarder Ini Pinjamkan Harry-Meghan Markle Villa Seharga Rp195 M

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Orang ini merupakan mantan pialang yang punya saham pertambangan.

Dream - Seorang miliarder Kanada meminjamkan vila mewahnya untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle secara cuma-cuma. Media Inggris memberitakan hartawan ini dikenal sebagai pengusaha pertambangan yang kontroversial.

Dikutip dari The Sun, Selasa 14 Januari 2020, para bangsawan Inggris menolak berkomentar tentang mansion yang berada dekat Victoria, British Columbia. Hunian senilai 11 juta poundsterling (Rp195.17 miliar) tempat Harry dan Meghan “ bersembunyi” adalah milik mantan pialang saham, Frank Giustra.

Miliarder ini dikabarkan meminjamkan vila mewah miliknya ke pasangan yang baru memutuskan keluar dari anggota keluarga Inggris itu. Rumah yang disebut “ Mille Fleurs” ini dibeli pada 2014 dan terdaftar di country club lokal untuk melindungi identitas pemiliknya.

Giustra ini adalah teman dekat produser musik, David Foster. Istri Foster, Katherine McPhee, sekolah dan mengerjakan produksi teater bersama dengan Meghan di Los Angeles, Amerika Serikat. Foster membantu pasangan suami istri itu untuk mencari lokasi yang nyaman untuk menghabiskan liburan.

Pada Kamis, Meghan terbang kembali ke rumah di Pulau Vancouver untuk bergabung dengan anaknya, Archie, setelah bepergian ke London.

Beberapa hari kemudian, ada iring-iringan mobil Toyota dan Land Discovery hitam yang mengikuti mobil keduanya keluar dari rumah.

Dikabarkan bahwa Discovery membawa petugas perlindungan dari Kerajaan Inggris dan polisi Kanada. Tak tidak diketahui kemana konvoi pergi. Satu sumber lokal menyatakan bahwa Meghan akan pergi ke Los Angeles untuk melihat ibunya Doria.

2 dari 6 halaman

Siapa Giustra?

Giustra merupakan duda beranak dua. Pria berusia 62 tahun ini merupakan cofounder studio Hollywood, Lionsgate. Sekadar informasi, studio ini memproduksi film-film seperti American Psycho dan Michael Moore documentary Fahrenheit 9/11. Dia juga terkenal sebagai salah satu pendonor terbesar untuk Yayasan Clinton.

Pada 2005, dia dan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, melakukan perjalanan bersama ke Kazakhstan untuk bertemu dengan mantan pemimpin otoriter Republik Soviet. Tak lama, Giustra mengakusisi saham di tiga tambang uranium senilai lebih dari 2,2 miliar poundsterling (Rp39,02 triliun).

Kemudian, Giustra juga dilaporkan menyumbang 24 juta poundsterling (Rp478,95 miliar) kepada Yayasan Clinton dan berjanji akan berdonasi lagi 76 juta poundsterling (Rp1,35 triliun).

Giustra dan Clinton membantah keras bahwa mantan presiden ini membantunya untuk membuat kesepakatan dengan Kazakhstan.

Lalu, pada 2016, Hillary Clinton mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat. Dalam e-mail yang bocor, dikabarkan bahwa Giustra dan miliarder Meksiko memberikan sumbangan sebesar 15 juta poundsterling (Rp266,08 miliar) pada 2010. Kabarnya dana tersebut digunakan untuk membangun Haiti Development Fund untuk memberikan bantuan modal kepada para pengusaha Haiti setelah ada gempa bumi dahsyat. Giusta. Mendengar pemberitaan ini, Giustra membantah hal tersebut.

Saat ini, Giustra menjalankan perusahaan ekuitas swasta Fiore Financial. Dia tetap menjadi anggota dewan direksi Yayasan Clinton dan menjadi seorang filantropi terkenang. Pada 2014 dia memenangkan Penghargaan Kemanusiaan Dalai Lama dan 2016 dari Order of British Columbia.

3 dari 6 halaman

Keluar dari Anggota Kerajaan, Ini Harta Pangeran Harry dan Megan Markle

Dream –Pangeran Harry dan Megan Markle mengumumkan keinginannya mundur sebagai anggota keluarga senior kerajaan Inggris. Permintaan tersebut disampaikan lewat pernyataan resmi pasangan yang baru dikaruniai seorang anak ini lewat situs resmi dan akun Instagramnya. 

Jika permintaan tersebut dikabulan Ratu Inggris, Elizabeth, Harry dan istrinya dipastikan takkan lagi mendapatkan dana kerajaan (sovereign grant).

 

 Keluar dari Anggota Kerajaan, Ini Harta Pangeran Harry dan Megan Markle © Dream

 

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 9 Januari 2020, sovereign grant adalah mekanisme pendanaan bagi keluarga kerajaan. Di dalamnya ada biaya yang berkaitan dengan tempat tinggal dan tempat kerja, berdasarkan People dan Sussexroyal.

Setelah mundur dari anggota senior, Harry dan Megan juga akan dibebaskan dari berbagai tunjangan yang selama ini diberikan pihak kerajaan. Keduanya akan membayar sendiri untuk setiap keperluan dan pengeluaran yang dilakukan untuk kepentingan pribadi.

Lalu, berapakah kekayaan Harry dan Megan?

4 dari 6 halaman

Segini Jumlahnya

Pada 2019, Forbes memprediksi kekayaan bersih Megan mencapai US$5 juta (Rp69,5 miliar). Kekayaan ini berasal dari kariernya di dunia model dan akting.

Sementara itu, kekayaan Harrymencapai US$40 juta (Rp556 miliar). Sumber kekayaan ini merupakan total dana yang ditinggalkan oleh sang ibu, Lady Diana. Harry juga tercatat sebagai mantan kapten dalam British Army.

Gaji per tahun mencapai US$50 ribu-US$53 ribu dengan prediksi harta di angka US$25 juta-US$40 juta.

Tak jelas apakah keputusan Harry mundur dari anggota senior kerajaan akan berpengaruh terhadap kekayaannya atau tidak.

(Sumber: Liputan6.com/Damar Jatikusumo)

5 dari 6 halaman

Heboh Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur Dari Anggota kerjaan Inggris

Dream - Kabar menghebohkan datang dari kerjaan Inggris (The Royal Family). Pangeran Harry bersama istrinya Meghan Markle menyatakan mundur dari Keluarga Kerajaan atau The Royal Family.

Pernyataan resmi disampaikan keduanya melalui akun instagram mereka berdua @sussexroyal. Dalam pernyatannya, pangeran Harry dan istri mempertegas akan membiayai hidup mereka sendiri.

" Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," bunyi pernyataan Pangeran Harry dan Meghan Markle dikutip Dream dari akun instagramnya, Kamis 9 Januari 2020.

 Pangeran Harry dan istri © Dream

Foto : @sussexroyal

Dibalik keputusannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah memikirkan dan mendiskusikan sejak lama. Dia ingin memulai hidup baru dengan keluar dari bagian Kerajaan Inggris.

" Setelah beberapa bulan refleksi dan (melakukan) diskusi internal, kami (Pangeran Harry dan Meghan Markle) telah memilih untuk melakukan transisi tahun ini untuk memulai mengukir peran baru yang progresif dalam lembaga ini," kata Pangeran Harry.

Meski tak lagi bagian dari Kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap mendukung Ratu Ratu Elizabeth (Yang Mulia Ratu). Dia mengatakan keputusannya untuk keluar karena ingin lebih mandiri dan tidak tergantung pad keluarga Kerajaan.

Sementara untuk menjalani hidupnya kedepan, mereka akan menyeimbangkan waktunya tinggal di Inggris dan Amerika Serikat, Negara asal Meghan Markle.

" Kami sekarang berencana untuk menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara, (dan) terus menghormati tugas kami sebagai Ratu Persemakmuran (The Queen the Commonwealth) dan perlindungan kami,"  tuturnya.

 Pangeran Harry dan istri © Dream

Selain itu, Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan melupakan tradisi di Kerajaan Inggris. Dia juga akan mengajarkan kepada putranya tentang tanah kelahiranya. Dia juga berharap bisa terus mendukung apa yang dilakukan oleh Ratu Elizabet dan keluarganya seperti Pangeran William.

" Kami berharap dapat berbagi rincian lengkap dari langkah selanjutnya yang menarik ini pada waktunya, karena kami terus berkolaborasi dengan Yang Mulia Ratu (Ratu Elizabeth), Pangeran Wales, Duke of Cambridge (Pangeran William) dan semua pihak yang terkait," tutupnya.

6 dari 6 halaman

Pangeran Harry Dobrak Tradisi Kerajaan Soal Cincin Kawin

Dream - Cincin kawin biasa dikenakan pasangan suami istri setelah menikah. Simbol cinta tersebut juga sebagai penanda kalau si pemakai sudah ada yang punya. Rupanya budaya cincin kawin di Kerajaan Inggris sedikit berbeda.

Para pria bangsawan Inggris lebih memilih tak mengenakan cincin kawin. Hal ini karena pria di negara tersebut tak terbiasa mengenakan perhiasan terutama emas. Pangeran Harry yang baru saja menikah dengan Megan Markle membuat keputusan lain.

Ia kembali mendobrak tradisi dengan memilih mengenakan cincin sebagai simbol cinta Megan untuknya. Dalam pemberkatan pernikahan yang dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, Pangeran Harry menyematkan cincin ke jari manis tangan kiri Meghan Markle.

Lalu, disusul Meghan yang menyematkan cincin di jari Harry sambil mengucapkan janji. " Harry, I give you this ring, as a sign of our marriage,"  kata Meghan sambil memasukkan cincin ke jari manis tangan kiri Harry yang disiarkan langsung oleh akun Youtube The Royal Family, pada Sabtu (19/5/2018).

Janji nikah dan pemasangan cincin jadi tanda Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi menjadi suami istri seperti yang disampaikan oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby. Pemberkatan royal wedding ini dilakukan pada St George's Chapel, Inggris.

Kakak Pangeran Harry, Pangeran William memilih tidak mengenakan cincin kawin. Bahkan, sebelum menikah dengan Kate Middleton, pihak istana mengumumkan bahwa William tidak akan mengenakan cincin setelah pernikahan. Pria yang bertitel Duke of Cambridge tak mau memakai cincin pernikahan karena alasan pribadi.

“ William tak suka dengan perhiasan dan pihak istana mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal tersebut sebelum mereka menikah,” jelas Penny Junor, penulis The Duchess: Camilla Parker Bowles and the Love Affair that Rocked the Crown.

Pangeran William bukan bangsawan pertama yang memilih tidak memakai cincin kawin. Kakeknya, Pangeran Philip dan pamannya, Pangeran Andrew, juga tidak memakai cincin pernikahannya.

Sumber: Benedikta Desideria/ Liputan6.com

Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna
    {RECOMENDED BUTTOM 1}
    {RECOMENDED BUTTOM 2}
    {RECOMENDED BUTTOM 3}
Join Dream.co.id