Sri Mulyani: Pemulihan Ekonomi Tetap Lanjut Meskipun Varian Omicron Melonjak

Dinar | Rabu, 2 Februari 2022 16:35

Reporter : Alfi Salima Puteri

"Karakteristik omicron ini beda dengan delta. Dari strateginya ini beda dengan delta. Ini bedanya ke ekonomi juga berbeda," kata Sri Mulyani.

Dream - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan bahwa pemulihan ekonomi nasional kuartal I-2022 tidak akan terlalu terpengaruh dengan adanya gelombang penyebaran virus corona varian omicron.

" Karakteristik omicron ini beda dengan delta. Dari strateginya ini beda dengan delta. Ini bedanya ke ekonomi juga berbeda," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2022 dan Perkembangan Makro Ekonomi dan Sektor Keuangan Triwulan IV tahun 2021, Jakarta, Rabu 2 Februari 2022.

Menurut dia, meski terjadi peningkatan kasus varian omicron, aktivitas ekonomi tetap masih bisa berjalan, seperti mobilitas masyarakat yang melampaui level prapandemi, keyakinan konsumen yang kuat, penjualan eceran yang meningkat, konsumsi listrik sektor industri dan bisnis yang meningkat, serta kinerja positif penjualan kendaraan bermotor dan semen.

Sri Mulyani: Pemulihan Ekonomi Tetap Lanjut Meskipun Varian Omicron Melonjak
Sri Mulyani (Instagram)
2 dari 2 halaman

Untuk mendukung jalannya mobilitas tersebut, vaksinasi pun telah diperluas sampai ke tingkat anak dan booster. Sehingga daya tahan masyarakat lebih baik ketika terjadi gelombang penyebaran pasca libur Natal dan tahun baru di awal tahun 2021.

Kala itu tercatat pertumbuhan ekonomi -0,74 persen karena menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sedangkan saat ini aktivitas ekonomi tetap berjalan meskipun harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

" Untuk itu kita optimis Q1 ini akan tetap menguat dari Q1 tahun lalu dan jauh lebih baik dan target pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen di tahun 2022," kata Sri Mulyani.

Meskipun kuartal pertama masih ada dua bulan lagi, Sri Mulyani optimis penyebaran varian omicron masih bisa dikendalikan dengan baik oleh pemerintah. Walau ada sedikit pelemahan tetapi akan tetap terjaga dampak secara ekonominya.

Join Dream.co.id