Kategori Belanja Online Terlaris Selama Lebaran, Ada yang Kirim Parcel Sampai Papua!

Dinar | Jumat, 13 Mei 2022 06:12

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Mendekati Lebaran, kategori makanan, minuman, fesyen dan perlengkapan rumah tangga menjadi primadona.

Dream - Konsumsi masyarakat Indonesia mengalami tren meningkat saat Ramadan dan Idul Fitri lalu. Banyak orang belanja kebutuhan di momen yang memang terkenal dengan naiknay tingkat konsumsi masyarakat di Indonesia.

Data penjualan dari Tokopedia selama Ramadan menunjukan kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi adalah kategori makanan dan minuman, fesyen, perawatan diri dan kecantikan.

Namun perubahan pola terjadi saat mendekati Lebaran. Selain kategori makanan, minuman, dan fesyen, masyarakat ternyata banyak berburu perlengkapan rumah tangga. Bahkan kategori barang ini menjadi primadona.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Madu, kue kering dan kopi adalah produk makanan minuman terlaris di Tokopedia Nyam!. Dan disusul dengan perlengkapan rumah tangga,” ungkap Head of Extrenal Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, pada Virtual Media Gathering Kategori Makanan dan Minuman Laris Manis, Tokopedia dan Ahli Gizi Bagi Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Lebaran, Kamis 12 Mei 2022.

Kategori Belanja Online Terlaris Selama Lebaran, Ada yang Kirim Parcel Sampai Papua!
Shutterstock
2 dari 6 halaman

Selain coklat dan kue kering, produk paling diburu pada kategori Makanan dan Minuman meliputi hidangan siap konsumsi, teh, dan hampers buah.

Berkaitan dengan tren saling mengirim parsel di hari Idul Fitri, jenis parsel yang paling banyak dikirim masyarakat lewat Tokopedia Parsel Ramadan adalah kue kering, perlengkapan ibadah dan perawatan tubuh.

“ Jarak terjauh untuk pengiriman parsel adalah dari Pekanbaru ke Jayapura,” tambah Ekhel.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream


Pipiltin Cocoa, besutan Tissa Aunilla dan Irvan Helmi, merupakan contoh UMKM lokal yang memanfaatkan momen Ramadan untuk mendongkrak penjualan.

Bisnis mereka memberdayakan lebih dari 2.000 petani cokelat lokal dari Aceh hingga Papua.

“ Penjualan Pipiltin Cocoa meningkat lebih dari 3 kali lipat berkat kampanye Tokopedia Parsel Ramadan,” ungkap Tissa Aunilla pada kesempatan yang sama.(Sah)

3 dari 6 halaman

Tren Belanja Online Jelang Tutup Tahun: Barang Ini Paling Banyak Dibeli

Dream - Merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di rumah saat ini masih menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus mendorong pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM untuk terus beroperasi.

Tokopedia mengumumkan tren belanja masyarakat Indonesia menjelang Nataru 2022.

" Kategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, Elektronik serta Fashion menjadi beberapa kategori favorit masyarakat Indonesia menjelang Nataru," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Selasa 21 Desember 2021.

Momen Nataru yang masih dilaksanakan dari rumah karena situasi pandemi, membuat masyarakat memilih hampers sebagai hadiah atau hantaran untuk keluarga dan kerabat.

" Hampers, kartu ucapan serta cokelat menjadi beberapa produk favorit menjelang Nataru tahun ini. Kami mencatat kenaikan transaksi hampir 2x lipat pada produk cokelat menjelang Nataru tahun ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," imbuh Ekhel.

Selain itu, data internal Tokopedia menunjukkan masyarakat masih gemar mengirimkan kartu ucapan kepada keluarga dan kerabat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah transaksi produk kartu ucapan hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

" Tren belanja hampers online yang dilakukan masyarakat Indonesia berpengaruh terhadap peningkatan transaksi hampers di Tokopedia yang naik hampir 3x lipat menjelang Nataru 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya," ucap Ekhel.

4 dari 6 halaman

Biar Persiapan Mudik Lebih Maksimal, 5 Tips Ini Wajib Kamu Terapkan

Bicara tentang lebaran di Indonesia, rasanya tak bisa dipisahkan dari mudik. Bahkan, aktivitas ini sudah menjadi tradisi yang tak terpisahkan di kalangan masyarakat Indonesia setiap kali menyambut datangnya hari raya Idul Fitri.

Waktu libur yang datangnya hampir bersamaan, bikin mudik lebaran seringnya terjadi secara massal. Moda transportasi umum penuh para pemudik, begitu juga dengan jalan raya dibanjiri orang-orang yang mudik dengan membawa kendaraan pribadi.

Kapanpun mudiknya, pastikan untuk selalu menyiapkannya secara matang. Biar tak ada yang terlewat, simaklah beberapa tips persiapan mudik lebaran ala Tokopedia yang disampaikan oleh VP of Marketplace Tokopedia, Yudhiaji Kusuma. Seperti apa?

 

5 dari 6 halaman

Pastikan Saldo E-Money Cukup

 Tokopedia© 2022 Shutterstock

Sebelum melakukan perjalanan mudik dengan mobil, pastikan saldo uang elektronik atau e-money cukup. Tujuannya biar tidak menghambat perjalanan pengendara lainnya. Untungnya kini mengisi saldo e-money bisa dilakukan secara online dengan mudah, termasuk di Tokopedia.

Menurut Yudhiaji, siapapun bisa dengan mudah mengisi saldo e-money melalui fitur Top Up Uang Elektronik di Tokopedia kapan dan di mana pun. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo e-money dari aplikasi Tokopedia, ATM atau gerai retail terdekat.

Beli Baju Lebaran Lebih Aman dari Rumah

 Tokopedia© 2022 Shutterstock

Belanja online terus menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai. Menjelang akhir Ramadan ini, kamu bisa membeli pakaian baru untuk dipakai saat lebaran nanti lewat penjual online di Tokopedia. Salah satunya Official Store Matahari Department Store.

Kamu bahlan bisa mendapatkan pilihan produk fesyen yang lengkap di Official Store Matahari Department Store. Mulai dari fesyen perempuan, pria hingga anak. Ada diskon hingga 70% dan cashback hingga Rp150 ribu. Sudah praktis, banyak untungnya lagi.

 

6 dari 6 halaman

Jangan Lupa Isi Pulsa dan Paket Data

 Tokopedia© 2022 Shutterstock

Selain itu, siapkan pulsa dan paket data agar komunikasi dengan kerabat serta koneksi internet tetap terjaga. Ini juga demi mendukung kelancaran perjalanan mudik. Kamu dapat dengan mudah dan cepat mengisi pulsa dan paket data untuk semua operator tanpa harus keluar rumah melalui Tokopedia.

Lunasi Tagihan Sebelum Mudik

 Tokopedia© 2022 Shutterstock

Sebelum mudik, jangan lupa melunasi tagihan, seperti listrik, air, gas, internet dan sebagainya sebelum jatuh tempo. Lagi-lagi kamu bisa membayar tagihan listrik, air, gas, serta internet dan TV kabel dengan mudah lewat Tokopedia. Apabila semua tagihan dapat dilunasi sebelum berangkat, mudik pun bisa dijalani dengan tenang.

Bagi Penjual, Kelola Toko Sebelum Mudik

 Tokopedia© Tokopedia

Khusus bagi penjual di Tokopedia yang tidak melakukan mudik dan akan tetap membuka toko selama lebaran, jangan lupa mengelola toko dengan baik. Sebaiknya, penjual menambah jasa kurir agar toko tetap dapat memberikan pelayanan yang baik dan menghindari keterlambatan pengiriman.

Sementara bagi penjual di Tokopedia yang mudik lebaran, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Tutup Toko. Hal ini untuk menginformasikan kepada pelanggan bahwa toko akan tutup sementara. Sistem juga akan secara otomatis tidak menerima pesanan untuk toko yang tutup. Jadi penjual tidak perlu repot membatalkan pesanan yang tidak bisa dipenuhi selama mudik.

Di samping beberapa tips di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama menjalankan mudik. Bagaimanapun upaya ini dilakukan demi keselamatan bersama, jadi tetaplah mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, khususnya selama Ramadan dan lebaran kali ini. Selamat mudik dan balik dengan selamat, ya!

Join Dream.co.id