Antisipasi Libur Panjang, Menhub Pantau Protokol Kesehatan di Tanjung Priok

Dinar | Jumat, 30 Oktober 2020 17:30
Antisipasi Libur Panjang, Menhub Pantau Protokol Kesehatan di Tanjung Priok

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Penerapan ini bertujuan untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19.

Dream – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengapresiasi pengelola Pelabuhan Tanjung Priok yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Sejumlah pihak yang terlibat di pelabuhan ini adalah petugas syahbandar, otoritas pelabuhan, PT Pelni (Persero), PT Pelindo II (Persero), TNI, dan Polri.

“ Saya harap jangan sampai ada yang terpapar. Saya mendoakan agar kita semua sehat dan bisa melayani dengan baik,” kata Budi Karya, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat 30 Oktober 2020.

Budi Karya meninjau Kapal Kelud tujuan Batam untuk mengecek seluruh fasilitasnya. Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini memastikan penerapan protokol kesehatan diterapkan, seperti penyemprotan disinfektan dan kebersihan kapal.

Selain itu, peninjauan ini juga berfungsi untuk mengantisipasi lonjakan kenaikan Covid-19 pasca liburan panjang.

“ Pak Presiden berpesan agar libur panjang kali ini bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Saya sangat bahagia hari ini bahwa di tengah masyarakat libur, para petugas di pelabuhan tetap melakukan kegiatan pelayanan dengan baik. Tandanya kalian adalah putra bangsa sejati yang siap selalu melayani,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Bagi-bagi Masker

Budi Karya juga membagikan masker berlapis secara cuma-cuma kepada para petugas dan penumpang. Masker ini bertujuan untuk melindungi diri dari pemaparan Covid-19.

Dia juga berpesan agar mereka rutin mencuci tangan dan menjaga jarak.

“ Kami membagikan masker karena salah satu simbol protokol kesehatan. Masker yang dugunakan harus masker yang berlapis supaya fungsi pertahanan terhadap virus berjalan dengan baik,” kata dia.

Sebagai Informasi total jumlah penumpang berangkat untuk Kapal Pelni dari tanggal 28 Oktober 2020 hingga hari ini pukul 09.00 WIB sebanyak 446 penumpang.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 6 halaman

Menhub Minta Warga Tidak Semua Pulang Pada 1 November

Dream - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan mudik saat libur panjang ini, untuk bisa mengatur waktu kembali ke Jakarta atau kota sekitarnya. Hindari waktu yang ramai orang.

 

Menhub Minta Warga Tidak Semua Pulang Pada 1 November© Dream

 

Hal ini juga demi mengantisipasi kemacetan. Menhub meminta kepada para pemudik untuk tidak kembali ke Jakarta pada 1 November 2020.

" Pada saat nanti pulang, seyogyanya jangan tanggal 1 (November), itu penuh sekali. Saya harapkan pulang lebih awal," ungkap Menhub di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis 29 Oktober 2020 pagi tadi.

 

 

4 dari 6 halaman

Sebagai upaya penerapan protokol kesehatan, Menhub juga meminta kepada pihak Kepolisian dan Dishub setempat untuk melakukan tes acak di beberapa tempat, salah satunya di terminal bus.

" Kami mengimbau kepada Dishub dan polisi, melakukan random check terhadap jumlah penumpang bus. Kalau mobil pribadi dicek apakah mereka menggunakan masker atau tidak," tambahnya.

Menhub juga menegaskan, dari hasil pantauan dua hari ini, mudik libur panjang kali ini berjalan baik. Diakuinya, sempat terjadi kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek. Namun hal ini langsung diatasi oleh Jasa Marga dengan menerapkan contra flow.

 

 

5 dari 6 halaman

Konsistensi Protokol Kesehatan

Sebagai informasi, Stasiun Pasar Senen menjadi salah satu stasiun yang mengalami lonjakan penumpang menghadapi libur panjang. Tercatat, kapasitas penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen mengalami peningkatan dari sekitar 4.000 penumpang per hari menjadi 8.000 penunpang per hari.

Stasiun Pasar Senen© Istimewa

Menhub mengapresiasi konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini diakui bisa menjadi contoh moda transportasi lain.

 

6 dari 6 halaman

" Apa yang terjadi di sini saya pikir baik. Saya apresiasi yang dilakukan oleh KAI dan oleh karena ini harus konsisten. Harus konsisten melakukan protokol kesehatan. Karena kalau kita bisa memberangkatkan mereka, tapi mereka terpapar maka kita tidak berhasil," ucap Menhub di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis 29 Oktober 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub juga membagikan masker kepada calon penumpang kereta api. Dengan begitu, diharapkan mudik libur panjang kali ini tetap nyaman dan terhindar dari Covid-19. (mut)

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

Join Dream.co.id