Mengintip Deretan Istana Megah Raja Terkaya Dunia, Salman bin Abdul Aziz

Dinar | Senin, 15 Maret 2021 11:33
Mengintip Deretan Istana Megah Raja Terkaya Dunia, Salman bin Abdul Aziz

Reporter : Arini Saadah

Sumber pendapatan utama kerajaan Arab Saudi adalah produksi minyak.

Dream – Ditaksir bernilai Rp 14.419 Triliun, Istana Raja Salman lebih mengagumkan daripada yang dibayangkan. Jika ada kerajaan yang lebih kaya dari keluarga kerajaan Inggris, maka itu adalah raja Arab Saudi. Keluarga terkaya di dunia ini diketahui tinggal di istana bernilai belasan ribu triliun tersebut.

Keluarga kerajaan Arab Saudi memiliki anggota keluarga sekitar 15 ribu. Namun hanya 2 ribu anggota saja yang mendapatkan sebagian kekayaan tersebut.

Anggota yang terpilih ini membentuk kelompok bernama House of Saud. Kekayaan mereka mulai berkembang sebagai bagian dari kerajaan Arab Saudi pada tahun 1.700. Pendiri House of Saud ini adalah Raja Abdul Aziz bin Saudi.

2 dari 6 halaman

Sumber Utama Kekayaan

 Ilustrasi
© YouTube/Star 2 Sun

Dilansir dari The Richest, sumber pendapatan utama kerajaan Arab Saudi adalah produksi minyak. Keluarga kerajaan mengontrol perusahaan minyak milik negara berna,a Saudi Aramco.

Sumber ini merupakan cadangan minyak mentah terbesar kedua dan penghasil minyak harian terbesar. Inilah bagaimana Saud’s House menjadi kerajaan terkaya di dunia, bahkan lebih kaya daripada kerajaan Inggris yang hanya berkisar Rp 1,269 triliun.

Kepemilikan asset terbaik kerajaan ini adalah milik Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud, pewarisnya dan Putra Mahkota yang bernama Mohammad bin Salman, dan keponakannya Pangeran Alwaleed bin Talal.

3 dari 6 halaman

Istana Megah Raja Salman

 Ilustrasi
© YouTube/Star 2 Sun

Kerajaan Arab Saudi berusaha merahasiakan informasi asset tentang mereka. Namun Raja Salman diketahui memiliki setidaknya empat properti mewah. Salah satu istananya adalah Istana Murabba yang memiliki 32 kamar dan sekitar tujuh halaman.

Kini istana itu bukan sebagai tempat tinggal raja, namun menjadi bangunan bersejarah karena sang raja memilih tinggal di istana mewah lainnya.

Istana kedua yang dimiliki kerajaan Arab Saudi adalah Istana Al Yamamah. Arsitektur dan area istana ini membuatnya lebih menakjubkan dari yang sebelumnya. Istana ini memiliki 400 kamar.

Istana Riyadh juga merupakan markas kerajaan dengan kamar-kamar yang memiliki lampu gantung yang indah dan dekorasi emas yang luar biasa ditambah dengan lantai yag terbuat dari marmer.

Selain itu, Raja Salman juga memiliki istana mewah yang disebut Istana Erga. Istana ini terkenal dengan lantainya yang terbuat dari ukiran unik mozaik. Penampakan mozaiknya itu sangat indah menghiasi langit-langit istana beserta dindingnya juga.

4 dari 6 halaman

Kekayaan Putra Mahkota

 Ilustrasi
© YouTube/Star 2 Sun

Selain itu, Putra Mahkota juga tak kalah kaya dari ayahnya. Pangeran Mohammad bin Salman memiliki istana dengan taksiran senilai Rp 4,325 triliun yang berlokasi di Perancis. Istana itu merupakan salah satu rumah termahal di dunia.

Dengan gaya bangunan Perancis dan sangat modern, rumah itu memiliki lapangan tenis dan squash.

Halaman taman membentang seluas sekitar 50 hektar. Memiliki parit-parit berisi air mancur yang bisa dibuat tampak berwarna-warni dengan pencahayaannya. Selain itu rumah itu juga dilengkapi dengan memiliki jacuzzi mewah dan kolam renang tanpa batas yang besar. Setidaknya terdapat 10 kamar tidur dan masing-masing sangat luas.

 

5 dari 6 halaman

Pewaris tahta House of Saud tersebut juga memiliki superyacht bernama Serene yang dianggap sebagai salah satu yacht termahal di dunia. Harganya sekitar Rp 7,2 triliun dan bisa menampung sebanyak 24 tamu. Dengan adanya jacuzzi itu setidaknya pangeran dan tamunya bisa memiliki waktu untuk bersantai di atas kapal pesiar atau superyacht tersebut.

Tak hanya itu, sang putra mahkota kerajaan Arab itu juga memiliki helicopter dan dua helipad sehingga sang pangeran bisa terbang kapanpun yang dia mau.

Putra Mahkota juga merupakan orang pengagum seni. Ia dikenal memiliki lukisan Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci. Pangeran membelinya dengan harga lebih dari Rp 6,5 triliun dalam sebuah lelang rahasia.

 

6 dari 6 halaman

Harta Melimpah Keponakan Raja Salman

 Ilustrasi
© YouTube/Star 2 Sun

Pangeran Alwaleed bin Talal yang merupakan keponakan Raja Salman memiliki harta kekayaan yang lebih banyak daripada putra mahkota. Sebab keponakan raja ini lebih tertarik pada real estate dan hotel daripada memiliki istana.

Ia dikenal memiliki hotel termahal di seluruh dunia termasuk The Four Seasons, Monte Carlo Grand Hotel Monaco, sebuah hotek mewah di Seychelles dan Savoy Hotel di London.

Selain itu ia juga memiliki sekitar tiga property istana di Arab Saudi. Salahs atu property ini adalah istana Kerajaan yang memiliki harga senilai Rp 1,9 triliun. Ia juga memiliki Kongdom Resort dan jet pribadi yang didambakan, Boeing 747-400 dalam koneksinya juga. Selain memiliki perhiasan yang memukau dan massif ia juga memiliki mobil berhiaskan berlian.

 

Join Dream.co.id