Sempat Dipandang Sebelah Mata, Kini Wanita Semarang Itu Jadi Pelopor Kecantikan Indonesia

Dinar | Rabu, 1 Desember 2021 07:47

Reporter : Alfi Salima Puteri

Siapa dia?

Dream - Arini Prawono Tofani. Dialah pelopor aesthetic clinic atau klinik kecantikan dengan konsep menghamornikan unsur perawatan kecantikan dan medis. Dia sudah 45 tahun menyelami lautan industri klinik kecantikan.

Aesthetic clinic booming karena dilayani oleh dokter dengan produk-produk racikan. Arini yang berpendidikan kedokteran umum mendapat inspirasi dari orangtuanya. Sang ayahnya pemilik toko obat. Ibunya peramu herbal.

Bukan hal mudah bagi Arini membangun usaha ini. Seperti kebanyakan lulusan baru, kala itu dia bingung menentukan pilihan sulit antara konsentrasi ke kesehatan atau kecantikan.

Namun Arini memutuskan berkonsesntrasi ke kecantikan. Meskipun dia merasa teman-temannya, sesama lulusan kedokteran, tidak memandang profesinya di salon kecantikan sebagai sebuah pekerjaan yang keren.

" Saya kalau waktu itu ketemu dengan teman-teman saya yang jalurnya ke medic, jadi dokter di puskesmas, rumah sakit, saya merasa mereka melihat profesi saya di salon seolah-olah tidak prestisius. Saya merasa mereka melihat saya sebelah mata," kata Arini dalam wawancara dengan Merry Riana.

Arini pertama kali membuka usaha salon perawatan kecantikan kulit pada tahun 1976. Kala itu dia belum lulus kuliah. Salon itu terletak di Jalan Seteran Tengah 28, Semarang, Jawa Tengah. Tempat praktik itu bernama Charisma Hair & Beauty Salon.

Pada akhir 1978, salon Arini pindah ke Jalan Batan Timur Raya no.7, Semarang. Alamat boleh pindah, tapi konsep salon itu tetap menggunakan aesthetic medic.

Dua tahun kemudian, Arini mendirikan lembaga training kecantikan Dian Saptana di Jalan Indrapasta nomor 70. Di sana pula dia memproduksi fosmula kosmetiknya dengan skala kecil untuk memenuhi kebutuhan di salon perawatan kecantikan kulitnya.

Sempat Dipandang Sebelah Mata, Kini Wanita Semarang Itu Jadi Pelopor Kecantikan Indonesia
Arini Prawono Tofani (Esthetico Derma Institute)
2 dari 6 halaman

Tidak langsung instan

Charisma Hair & Beauty Salon pindah kemudian ke Jalan Sidodadi Barat 7, Semarang, dan berganti nama harisma Esthetic Centre/Clinic pada tahun 1986.

Arini semakin menyempurnakan konsep dan metode aesthetic medicnya dan menggunakan produk kosmetik sendiri, dengan merek DeBiuryn.

 Arini P. Tofani© Esthetico Derma Institute

Pada tahun 1987, Arini mengadakan berbagai seminar dan training di bidang kecantikan kulit. Seminar yang diadakan juga mengikuti kemajuan teknologi atau electrical yang digunakan dalam dunia kecantikan kulit.

Merek DeBiuryn mulai dipasarkan dan dipakai oleh salon atau tempat perawatan kecantikan lain pada tahun 1988. Tujuh tahun kemudian, Arini meluncurkan produk perawatan kulit dengan merek Healby untuk segmentasi premium (menengah ke atas).

Pada tahun 2005, Arini membuat paradigma orisinil dan unik untuk konsep aesthetic medicnya, yang ia beri nama C.A.M Arin’s Method (Comprehensive Aesthetic Medic). Lembaga training yang sebelumnya bernama Dian Saptana juga diubah menjadi Esthetico Derma Institute pada tahun yang sama.

3 dari 6 halaman

Meracik formula

Tiga tahun kemudian, Charisma Esthetic Clinic membuka cabang barunya di Jalan Taman Beringin no. 27, Semarang. Untuk Esthetico Derma Institute (EDI), memulai regular training Aesthetic Medic Intensive Post Graduate Course di lokasi yang sama dengan klinik.

Masih di tahun 2008, Arini memformulasikan dan memproduksi merek BeWhite yang dibuat khusus untuk klinik kecantikan kulit dan profesional aesthetic.

 Esthetico Derma Institute© Esthetico Derma Institute

Formulasi produk makin disempurnakan oleh Dr. apt. Rendra Pranadipa Tofani, seorang Dermatopharmacist.

Secara independen, EDI mulai rutin menyelenggarakan seminar, simposium dan worshop bagi para dokter dan profesional yang terjun dalam dunia aesthetic atau kecantikan.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini awalnya hanya diikuti 30 dokter pada tahun 2009. Setahun kemudian, EDI mulai menerima private label atau maklon dari berbagai dokter, klinik dan brand owner.

4 dari 6 halaman

Treatment & peralatan yang memuaskan

Pada tahun 2012, EDI menempati lokasi baru di Jalan Taman Beringin 25, Semarang. Dua tahun berselang membuka cabang di Kelapa Gading, Jakarta.

Di tahun 2015, Charisma Aesthetic Skin Care membuka cabang di beberapa pusat perbelanjaan di Semarang. Jenis treatment dan peralatannya semakin dilengkapi untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

DeBiuryn juga membuka outlet store dan facial gallery di salah satu mall di Semarang.

Kini Esthetico Derma Institute yang difungsikan sebagai gedung kampus juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang makin lengkap dan premium. EDI memiliki upgrade kurikulum One Stop Learning in Aesthetic Medic.

5 dari 6 halaman

Serum DNA Salmon, Jaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Terlindungi

Dream - Berbicara mengenai kandungan natural dari hewan, mungkin Sahabat Dream sudah tidak asing dengan DNA salmon yang dijadikan perawatan kulit.

Bukan hanya dengan cara injeksi, kini juga sudah mulai banyak produk skincare yang memiliki kandungan DNA Salmon dalam produknya.

Kerap Alami Ruam Setelah Mandi? Ini Sebabnya

Brand perawatan kulit DeBiuryn juga meluncurkan Salmon DNA Supr Serum yang menjaga kulit agar selalu sehat dan cantik alami. Salmon DNA Supr Serum ini memiliki 13 bahan aktif dengan formulasi yang sudah teruji secara klinis.

 Serum DNA Salmon DeBiuryn© DeBiuryn

“ Produk ini diformulasikan secara khusus sebagai skin guardian dan skin barrier restorer, menjaga kulit dari serangan dari dalam tubuh atau faktor-faktor lain yang bersifat eksternal," ujar Chief Scientific Officer DeBiuryn DermaCosmetics, Dr. apt. Rendra Pranadipa, M.Sc, di acara peluncuran Salmon DNA Supr Serum di Semarang, Jawa Tengah, Kamis kemarin 25 November 2021.

" Serum ini sangat cocok digunakan pada kulit yang mengalami perawatan berlebihan yang kini banyak dialami konsumen,” tambahnya menjelaskan.

6 dari 6 halaman

5 keampuhan serum DNA salmon

DNA ikan Salmon memiliki manfaat yang baik dan dapat beradaptasi lebih baik di kulit manusia tanpa efek samping yang merugikan.

Berikut adalah kandungan bahan aktif yang juga terdapat di dalam Salmon DNA Supr Serum:

Intip Perawatan Kulit Isyana Sarasvati Pakai Skincare Lokal

  • Bakuchiol meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit wajah lebih bercahaya dan terlihat awet muda
  • Peptida (tripeptide) meningkatkan kolagen dan fibronektin, dan menjaga agar kulit tetap kenyal dan bebas dari kerutan halus
  • Hyaluronate mengembalikan fungsi epidermis, melembabkan, dan mengencangkan kulit
  • Chamomile untuk menenangkan kulit wajah yang iritasi/sensitif, melawan bakteri jerawat baru, merawat mata panda, dan mencerahkan kulit
  • Sencha Jepang (teh hijau) mengandung antioksidan yang tinggi, mencerahkan kulit wajah dan mengurangi garis-garis halus.

“ Prinsip kerja merawat kulit adalah membuat kulit sehat sehingga dapat berfungsi seharusnya. Ini yang kita sebut dengan kecantikan alami. Salmon DNA Supr Serum dibuat sebagai penjaga kulit sehat agar kecantikan dapat berpendar alami dan lebih lama," jelas Rendra.

Bisa dipergunakan untuk bumil & busui

 Serum DNA Salmon DeBiuryn© DeBiuryn

Salmon DNA Supr Serum memiliki tekstur cair yang membuat serum ini mudah menyerap, tidak lengket dan ringan saat diaplikasikan dengan sensasi dingin yang menenangkan wajah.

Tips Andira Hadley Memilih Parfum Sesuai Aktivitas

Serum ini dapat digunakan dua kali sehari (pagi dan malam) untuk hasil maksimal. Salmon DNA Supr serum dapat dibeli melalui online store seperti Tokopedia dan Shopee seharga Rp165 ribu.

Saat ini DeBiuryn memiliki hampir 200 SKU meliputi rangkaian lengkap produk perawatan wajah, badan, dan rambut professional-grade.

Produk-produk DeBiuryn dibuat sesuai dengan kondisi kulit orang Indonesia, membuat kulit sehat lebih lama.

Rangkaian produk perawatan DeBiuryn tersedia untuk remaja hingga dewasa, dapat digunakan di rumah, juga dapat dipergunakan ibu hamil dan menyusui.

Join Dream.co.id