Mengenal Program Haji Plus untuk Persiapan Daftar Haji, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Dinar | Jumat, 24 Juni 2022 12:45

Reporter : Arini Saadah

Kuota haji plus resmi dari pemerintah Indonesia, namun penyelenggaranya adalah pihak swasta.

Dream – Jamaah haji Indonesia bisa memilih paket keberangkatan haji yang diinginkan sesuai kemampuannya. Setiap program haji memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipahami oleh calon pendaftar.

Inilah mengapa memahami program pendaftaran haji sangat penting karena berkaitan dengan biaya akomodasi masing-masing calon jemaah.

Pendaftaran haji di Indonesia yang paling terkenal yaitu program haji plus dan reguler. Program haji plus diselenggarakan oleh pihak swasta yang diawasi pemerintah. Sementara program haji reguler langsung diselenggarakan oleh pemerintah.

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Program haji plus kemungkinan sangat diminati oleh masyarakat karena masa tunggunya yang relatif singkat. Namun demikian, calon jemaah harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendaftar. Sebab biaya daftar haji plus sangatlah mahal.

Sebelum mendaftar, calon jemaah perlu memahami program tersebut. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini agar kamu tidak salah memilih program haji yang sesuai dengan kemampuanmu.

Mengenal Program Haji Plus untuk Persiapan Daftar Haji, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Mengenal Program Haji Plus

Haji plus merupakan program haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Meskipun diselenggarakan oleh swasta, namun program haji plus tetap berada di bawah pengawasan pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

Program keberangkatan haji plus menggunakan kuota resmi dari pemerintah melalui Kementerian Agama. Biasanya kuota haji plus tidak sebanyak kuota haji reguler. Sehingga pihak penyelenggara bisa lebih leluasa memaksimalkan pelayanan kepada calon jemaah haji plus yang berangkat ke Tanah Suci.

Jemaah yang sudah menyelesaikan pendaftaran di Kemenag, maka akan mendapatkan nomor porsi haji. Waiting list atau masa tunggu haji plus tergolong lebih singkat daripada haji reguler. Masa tunggu calon jemaah yang mendaftar melalui program haji plus sekitar 5 hingga 7 tahun.

Kemudian, pemberangkatan jamaah haji plus biasanya dilakukan setelah semua jamaah haji reguler sudah berangkat semua.

Sementara itu program haji plus ini juga memiliki fasilitas yang tentunya lebih lengkap dan nyaman. Di bawah ini penjelasan lengkap tentang program haji plus lengkap dengan biaya dan kelebihan serta kekurangannya.

3 dari 5 halaman

Biaya Haji Lewat Program Haji Plus

Biaya haji melalui program haji plus memang lebih mahal dibandingkan dengan reguler. Besaran biaya haji plus tergantung pihak yang menyelenggarakannya, yaitu berkisar antara US$11.000 hingga US$22 atau setara dengan Rp155,8 juta hingga Rp311,7 juta. Biaya haji ini tergantung dengan perubahan kurs saat calon jemaah mendaftar dan melunasi biayanya.

Dengan biaya haji tersebut, jemaah akan mendapatkan fasilitas hotel bintang lima yang tentu saja jaraknya lebih dekat ke Masjidil Haram. Dalam pelaksanaannya, biaya pendaftaran haji plus berbeda-beda tergantung pilihan paket yang ditawarkan oleh pihak travel.

Fasilitas yang akan diterima jamaah haji plus adalah berupa tenda dan alas yang lebih nyaman (berupa kasur) saat bermalam di Muzdalifah dan Mina. Selain itu bagian dalam tenda juga sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Tak hanya itu, jangka waktu pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah haji plus hanya berlangsung maksimal 26 hari untuk kelompok Arbain di Masjid Nabawi. Sementara bagi non-Arbain dilakukan antara 15 sampai 19 hari.

Dengan biaya haji yang tinggi, para jamaah haji plus sudah mendapatkan berbagai kebutuhan akomodasi dan konsumsi yang semua ditanggung oleh penyelenggara. Hal ini berbeda denga jemaah haji reguler yang mana biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung sendiri.

4 dari 5 halaman

Kelebihan Haji Plus

 Ilustrasi© Instagram/@kemenag_ri

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa haji plus memiliki kelebihan yang penting diketahui, yaitu:

  1. Kepastian keberangkatan.
  2. Fasilitas hotel bintang lima yang nyaman.
  3. Penginapan lebih dekat ke Masjidil Haram.
  4. Masa tunggu lebih singkat daripada haji reguler.
  5. Pendaftarannya mudah karena ditangani langsung oleh agen travel haji dan umroh.
  6. Pelaksanaan ibadah haji didahulukan.
  7. Bimbingan lebih intensif.

Kelebihan lain dari program haji plus yaitu berkaitan dengan bimbingan ibadah haji. Sebenarnya haji plus maupun haji reguler akan mendapatkan pembimbingan haji selama di Tanah Suci. Akan tetapi karena jumlah jamaah haji plus yang lebih sedikit, maka pembimbingan ibadah haji akan lebih intensif dibandingkan dengan jamaah reguler.

5 dari 5 halaman

Kekurangan Haji Plus

Akan tetapi bukan berarti program haji plus tidak memeliki kekurangan. Di antara kekurangannya yang paling mencolok adalah biaya keberangkatan yang cukup mahal. Sebab dengan haji plus, calon jamaah hanya perlu membayar kemudian segala kebutuhan akan ditangani oleh pihak penyelenggara.

Selain masalah biaya, kekurangan lain dari haji plus adalah durasi perjalanan yang lebih singkat. Pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah haji plus hanya berlangsung sekitar 15 hingga 26 hari. Hal ini tentu berbeda dengan pelaksanaan haji reguler yang berlangsung lama yakni 40 hari mulai dari keberangkatan hingga pulang.

Itulah kelebihan dan kekurangan haji plus yang mesti dipahami oleh calon jamaah yang akan mendaftar. Dengan memahami fasilitas yang ditawarkan dari program haji plus, maka Sahabat Dream bisa menimbang-nimbang hendak memilihnya atau tidak. Sebab kuota dari haji plus pun juga terbatas. Jadi sebaiknya kamu mencari informasi ke pihak penyelenggara ibadah haji plus untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

Join Dream.co.id