Mendalami Seluk-Beluk KPR Syariah, dari Bebas Riba hingga Prinsip Murabahah

Dinar | Rabu, 1 Mei 2019 10:30
Mendalami Seluk-Beluk KPR Syariah, dari Bebas Riba hingga Prinsip Murabahah

Reporter : Dwi Ratih

Yuk, gali lebih dalam tentang skema yang dapat memudahkanmu memiliki rumah impian berikut ini.

Dream - Bahagia rasanya saat tiba momen mengikat janji bersama sosok tercinta untuk melewatkan usia hingga tua. Biar makin sempurna, ada baiknya segera miliki hunianmu sendiri.

Kini, tak perlu risau karena ada beragam pilihan yang bisa diambil Sahabat Dream, salah satunya dengan memanfaatkan KPR Syariah. Yuk, gali lebih dalam tentang skema yang dapat memudahkanmu memiliki rumah impian berikut ini.

Menerapkan Prinsip Murabahah

Salah satu produk KPR Syariah yang bisa digunakan untuk membeli rumah adalah dengan menggunakan prinsip murabahah. Akad murabahah atau akad jual beli ini merupakan sistem pembiayaan dimana pihak bank akan membeli dari pengembang rumah yang diminati nasabah.

Nantinya, rumah tersebut akan dijual kembali pada nasabah dengan harga jual yang sudah ditambah persentase margin atau keuntungan yang diperoleh bank. Sebagai nasabah, kamu dapat membayar dengan sistem cicilan selama jangka waktu yang sudah ditentukan.

Sistem yang Lebih Aman dan Bebas Riba

Banyak orang yang mulai berminat memiliki rumah dengan menggunakan KPR Syariah yang dinilai lebih baik dibandingkan sistem konvensional. Selain menggunakan prinsip syariah yang bebas riba, sistemnya pun lebih aman.

Memanfaatkan pembiayaan berbasis syariah, pembagian kewajiban untuk nasabah dan bank pun lebih adil, serta dijauhkan dari penipuan yang dilakukan oleh developer nakal. Pengembang perumahan dilarang untuk menjual gambar saja.

Minimal rumah-rumah yang akan dijual sudah terbangun sehingga meminimalisir penipuan yang biasanya terjadi dalam proses penjualan rumah dengan cara inden.

Proses Lebih Cepat dengan Prinsip Syariah

Ada banyak kelebihan saat memilih KPR Syariah, mulai dari uang muka yang lebih ringan dibanding KPR konvensional, cicilan yang tidak tergantung pada suku bunga Bank Indonesia, dan tidak dikenakan penalti atau denda. Selain itu, prosesnya pun lebih cepat dengan syarat-syarat yang mudah sesuai prinsip syariah.

Biasanya, prosedur dimulai dengan nasabah memilih unit rumah yang diinginkan dan membayar uang muka. Dilanjutkan dengan memberi dokumen dan data pendukung sebagai bahan pertimbangan pihak bank untuk meneruskan permohonan pembiayaan nasabah.

Jika disetujui, nasabah wajib membayar angsuran tepat waktu dan sesuai dengan perjanjian yang berlaku. Setelah lunas, nasabah bisa mengambil seluruh surat, sertifikat, dan bukti atas kepemilikan rumah tersebut.

Tunggu apalagi? Segera realisasikan impian memiliki hunian idaman dengan memilih KPR Syariah terbaik, yaitu KPR iB dari CIMB Niaga Syariah. Beragam keuntungan bisa didapatkan, di antaranya uang muka terjangkau, fix margin, bebas riba, dan cicilan tetap selama jangka waktu pembiayaan. Buat lebih memantapkan hati, ketahui lebih jauh di sini, yuk!

Join Dream.co.id