Marak Cyber Crime, Menabung di Bank Masih Aman?

Dinar | Kamis, 20 Februari 2020 17:41
Marak Cyber Crime, Menabung di Bank Masih Aman?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apalagi ada kejahatan siber yang menghantui.

Dream - Kejahatan siber di dunia perbankan tak jarang membuat nasabah khawatir dengan keamanan bank. Misalnya, rekeningnya dibobol dan saldonya dikuras.

Kanit 4 Subdit 2 Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kompol Silverster Simamora, mengatakan tak semua sistem 100 persen aman.

“ Yang menjaga bisa aman itu adalah diri kita sendiri, nasabah, dan sistem security,” kata Silverster di Jakarta, Kamis 20 Februari 2020.

Executive Vice President Center of Digital BCA, Wani Sabu, mengatakan perlu ada kolaborasi antara perbankan dengan nasabah.

Bank bertanggung jawab untuk menjaga keamanan penyimpanan di bank dan nasabah bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Misalnya, nasabah tidak memberikan kartu dan informasi penting kepada orang lain.

“ Jadi harus sama-sama tahu keamanannya,” kata Wani.

Perbankan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang keamanan perbankan.

“ Jadi, bank tidak hanya menjual produk, tetapi juga meyakinkan nasabah untuk cara pemakaian dan pemanfaatannya,” kata dia.

(Laporan: Rifani Indrianti)

2 dari 7 halaman

Edukasi Keuangan, Permata Bank Tunjuk 36 Pelajar SD Jadi Duta Menabung

Dream - PT Bank Permata Tbk (PermataBank) memperluas literasi keuangan melalui PermataBank Cilik Graduation 2019. Bank ini ingin mengedukasi pelajar SD tentang literasi dan keuangan digital.

Direktur PermataBank, Dayan Sadikin, mejelaskan program ini menjaring 128 peserta dari delapan sekolah di Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Ratusan peserta mendapat pembelajaran dan kurikulum yang menarik selama tiga bulan mulai dari Oktober sampai Desember 2019.

“ Kurikulum utama yang kami buat pada tahun ini adalah memberikan pengalaman bagi peserta, agar paham dan pintar mengelola uang, melalui berbagai simulasi yang menyenangkan, seperti mengikuti field trip dan berbagai workshop,” kata Dayan di Jakarta.

 

 Edukasi Keuangan, Permata Bank Tunjuk 36 Pelajar SD Jadi Duta Menabung© Dream

 

Pemilihan PermataBankir cilik ini juga diikuti dengan proses seleksi dan literasi. Ada 36 peserta terpilih yang dilantik sebagai duta menabung.

“ Selama proses seleksi dan literaksi ini, kita melihat kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak ini, dimana kita akan memilih mereka yang mempunyai sifat leadership, kreativitas, dan juga percaya diri,” kata dia.

3 dari 7 halaman

Ajak Pelajar SLB untuk Jadi Duta Menabung

Dayan juga menegaskan, tahun ini PermataBank mengajak pelajar dari Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk ikut serta. Dia yakin setiap anak memiliki kesempatan yang sama dan semua kelompok layak untuk mendapatkan akses yang luas terhadap literasi keuangan.

“ Dengan terpilihnya 36 peserta, kami berharap mereka bisa menjadi Duta Menabung yang mengedepankan 3 in, yaitu tabungin, jajanin, dan jangan lupa untuk bagiin,” kata dia.  

Selain itu, PermataBank juga bekerja sama dengan PiBo, sebuah platform digital library untuk anak. Sebanyak 36 peserta Duta Menabung, membuat karya dongeng literasi keuangan secara digital dan akan dipublikasian, sehingga dapat dinikmati oleh seluruh anak Indonesia melalui Bacapibo.com.

“ Gadget saat ini sudah seperti teman baik bagi anak-anak. Hal ini kami manfaatkan untuk ikut memperluas dampak positif dari PermataBankir Cilik, tak hanya ke sekolah binaan tetapi ke masyarakat luas,” ujar Cofounder PiBo, Aisha Habir.

(Laporan: Michelle Rachel Evangelista Marami)

4 dari 7 halaman

5 Tips Bisa Punya Tabungan dengan Cara yang Simple

Dream - Acapkali kita merasa penghasilan selalu habis sebelum waktu gajian tiba. Yang paling parah, kita tak tahu mengapa duit itu sampai menguap.

Kondisi ini sering kali membuat banyak orang tak memiliki tabungan. Beberapa orang mungkin akan mati-matian menyisihkan uang demi tabungan. Risikonya mereka harus menjalani hidup dengan mengikat pinggang sangat ketat. 

Dalam kenyataannya, kebiasaan menabung sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kuncinya kamu benar-benar memghitung setiap sen pengeluaran dan patuh dengan anggaran yang sudah dibuat.

Dari pada menyesal di hari tua, yuk kita coba lima tips menabung seperti dikutip Dream dari India Times berikut ini. 

 

 5 Tips Bisa Punya Tabungan dengan Cara yang Simple© Dream

 

Pertama, uang yang tidak dipakai adalah uang yang ditabung.

Uang acapkali seperti air dan tak sedikit yang tidak sadar. Hal paling penting harus dilakukan adalah mengingat kapan dan di mana kamu membelanjakan uang tanpa sadar. Misalnya, pergi ke tempat mewah atau membeli barang yang kurang penting.

Kedua, menjaga sekian jumlah untuk tabungan.

Banyak orang membuat kesalahan dengan menyimpan untuk setelah memenuhi kebutuhan dan pengeluarannya. Dengan cara ini, orang susah menabung. Supaya bisa tetap menabung, kamu harus menyisihkannya di awal gajian.

5 dari 7 halaman

Ketahui Prioritas

Ketiga, mengetahui prioritasmu.

Saat menentukan untuk menabung, tentukan alokasi tabungan. Kamu harus belajar untuk memprioritaskan tujuan untuk menabung dan membuat tujuan jangka penden dan jangka panjang. Misalnya, membeli mobil atau rumah.

Keempat, mulailah dalam jumlah kecil tapi displin.

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh orang-orang adalah menabung tanpa memikirkan kebutuhan bulanan. Ingatlah, saat memutuskan untuk menabung, cobalah untuk mulai dari yang kecil dan teratur. Perilaku ini akan membentuk kebiasaan menabungmu.

Kelima, tumbuhkan uangmu dengan investasi.

Jangan berhenti dengan menabung atau membiarkan uangmu mengendap di rekening bank. Kamu bisa “ mengembangbiakkan” uang dengan cara berinvestasi.

6 dari 7 halaman

Cara Bisa Sisihkan Uang Buat Menabung Meski Gaji Sebesar UMR

Dream – Punya uang banyak tentu jadi impian semua orang. Hal itu bisa terwujud, selama bisa mengelola keuangan dengan benar. 

Mengelola keuangan dengan baik merupakan tantangan bagi pekerja fresh graduate. Utamanya pada mereka dengan penghasilan setara Upah Minimum Regional (UMR).

Memang sih, besaran pendapatan yang diterima mungkin mepet. Tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa menabung. 

Dengan pengelolaan yang baik, gaji bulanan tak hanya habis untuk kebutuhan. Tetapi juga bisa disisihkan untuk tabungan dan investasi.

 

 Cara Bisa Sisihkan Uang Buat Menabung Meski Gaji Sebesar UMR© Dream

 

Perencana keuangan, Prita Hapsari Ghozie, punya beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatur keuangan. Tips ini cocok buat para pekerja dengan gaji sebesar UMR.

" Nomor satu, sadar diri dengan kemampuan finansial. Jadi peduli amat orang lain bagaimana, kita tahu kita seperti apa," kata Prita, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 19 September 2019.

Prita mengatakan gaji UMR hanya bisa dibagi ke dalam dua jenis pos, yaitu pengeluaran dan dana darurat dengan besaran 75 persen dan 25 persen. Yang 75 persen adalah anggaran pengeluaran bulanan, seperti bayar kos dan uang makan.

“ Itu nggak bisa dipatok-patok kayak makan sekian persen,” kata dia.

Sisanya, 25 persen dialokasikan ke tabungan atau dana darurat.

7 dari 7 halaman

Ambil Lebih Dahulu

Setelah menganggarkan, apa langkah selanjutnya?

Prita menganjurkan porsi 25 persen diambil terlebih dahulu untuk tabungan atau investasi. Lalu, dana itu dimasukkan ke rekening tabungan atau instrumen investasi yang telah dipakai.

“ Sudah gampang banget. Ngapain ribet?” kata dia.

5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin
Join Dream.co.id