Dulu Disepelekan, Profesi Ini Jadi Andalan Saat Pandemik Corona

Dinar | Senin, 11 Mei 2020 11:47
Dulu Disepelekan, Profesi Ini Jadi Andalan Saat Pandemik Corona

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa itu?

Dream – Bisnis acapkali menjadi cara orang untuk meraup cuan. Namun, tak jarang bisnis yang digeluti malah gulung tikar.

Lantas bagaimana caranya agar bisnis tahan lama?

Founder Bixbux.com dan Affiliate Marketer Wientor Rah Mada seperti dikutip Dream dari akun Instagram Instagram @kemenkopukm memberikan tips mengelola bisnis agar bisa bertahan di tengah wabah pandemik Covid-19 seperti saat ini.

Menurut Wientor salah satu kunci bisnis di situasi seperti saat ini adalah seberapa banyak perusahaan menyediakan tenaga customer service. Tugas mereka tak hanya melayani pertanyaan atau keluhan dari pelanggan. 

Peran costumer service di saat banyak orang tinggal di rumah malah menjadi nilai yang sangat penting bagi perusahaan.

“ Kalau kamu punya toko online, pasti tahu persis bahwa konsumen di Indonesia suka ngobrol dan bertanya,” kata Wientor Rah Mada.

2 dari 3 halaman

Cantumkan Detail Produk

Sebagai pemilik usaha sudah mencantumkan secara detail tentang produk, seperti harga, gambar, warna, ukuran. Pokoknya semua sudah dicantumkan di website dan sebetulnya bisa dibaca sendiri oleh konsumen.

Kendati begitu, konsumen Indonesia pasti akan bertanya kembali bagaimana produk yang dijual kepada penjual.

“ Ya begitulah konsumen kita, gak percayaan, pengennya diomongin sendiri di depan mukanya. Makannya berikan jalan bagi konsumen ini untuk bertanya,” kata Wientor.

3 dari 3 halaman

Bekali dengan Teknik Berjualan

Menurut Wientor, pola checkout page yang seharusnya otomatis, seperti mengisi data, alamat kirim, dan bayar produk yang dibeli. Di Indonesia pola itu sulit untuk diterapkan karena penjualan bisa terjadi melalui WhatsApp.

Dia menyarankan pebisnis harus bisa menangkap konsumen yang seperti ini. Customer service harus dibekali dengan skill softselling dan hardselling.

“ Tahu kapan harus push untuk menjual dan tahu kapan harus santuy sama customer,” kata dia.

(Sah, Instagram @kemenkopukm)

Join Dream.co.id