Mau Rintis Bisnis? Perhatikan 3 Hal Ini

Dinar | Minggu, 3 Maret 2019 08:00
Mau Rintis Bisnis? Perhatikan 3 Hal Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jangan sampai bisnismu tak memiliki perencanaan yang matang.

Dream - Tidak sedikit orang yang merasa ingin terjun ke dunia bisnis. Apalagi, setelah dia menemukan celah yang bisa menghasilkan uang.

Akan tetapi, terjun ke dunia bisnis pun tak bisa sembarangan.

Tanpa perencanaan, bisnis yang dijalankan nantinya akan berantakan. Lantas, bagaimana caranya merencanakan bisnis?

Founder and CEO QM Financial, Ligwina Hananto, mengatakan, tiga hal yang harus direncanakan sebelum bisnis. Pertama, adalah masalah konsumen yang ingin diselesaikan. Seseorang yang ingin berbisnis menemukan masalah konsumen yang akan dicarikan solusinya.

Yang ke dua, menentukan target pasar. Pelaku bisnis harus menemukan siapa yang akan menjadi konsumen. Yang ke tiga, solusi pelaku UKM untuk menyelesaikan permasalahan konsumen.

" Fokus kita terhadap masalah yang dihadapi pembelinya. Di mana ada masalah, di situ ada kesempatan," kata Ligwina dalam acara " Seri Kelas Keuangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kreatif" di Cirebon, Jawa Barat, dikutip dari laman Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Sabtu 2 Maret 2019.

Dia mengatakan pelaku UKM kreatif perlu menyampaikan paparan untuk mendapatkan alternatif pembiayaan dari perbankan dan non perbankan. Dalam paparan ini, ada dua hal yang diperhatikan, yaitu tim dan traction.

2 dari 2 halaman

Begini Penjelasannya

Tim yang dibangun itu memerlukan CEO yang bisa membaca laporan keuangan. Nah lappran keuangan ini bisa digunakan sebagai strategi untuk mengembangkan usaha.

Sedangkan traction merupakan ukuran keberhasilan yang bisa dihitung secara eksponensial. Ukuran ini juga menentukan perbankan dan non perbankan untuk menyalurkan pembiayaan kepada pelaku UKM. Misalnya, traction jumlah UKM kreatif digital dinilai dari jumlah pelaku pengguna aplikasi.

Ligwina juga mengingat pelaku UKM kreatif untuk memiliki laporan keuangan.

" Bisnis harus memiliki laporan keuangan. Keuangan pribadi dan bisnis harus terpisah," kata dia. 

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id