Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memutuskan Kerja dari Rumah

Dinar | Selasa, 2 Juli 2019 17:12
Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memutuskan Kerja dari Rumah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kadang karyawan pernah merasa bosan bekerja di kantor.

Dream – Entah kamu pekerja full time, tinggal di rumah bersama anak-anak, atau bersekolah, mendapatkan sedikit uang tambahan dari rumah adalah cara yang mudah untuk memenuhi anggaran yang ketat.

Apalagi jika kamu seorang karyawan yang bekerja di kantor, ide untuk bekerja dari rumah pun makin kencang menggoda.

Eits, sebelum memutuskan untuk bekerja dari rumah, ada delapan hal yang perlu kamu perhatikan. Jangan sampai kamu menyesal memilih resign padahal belum siap bekerja dari rumah. 

Dikutip dari Business Insider, Selasa 2 Juli 2019, hal pertama harus dipikirkan sebelum memutuskan bekerja dari ruma adalah soal waktu. Akan terdengar sangat menyenangkan jika kamu duduk di depan komputer, lalu bekerja selama satu dua jam. Kemudian, pekerjaan menghasilkan jutaan rupiah.

Jika kamu ahli di bidang yang sangat khusus, kemungkinan ini terjadi sangat kecil. Sebagian besar pekerjaan menghasilkan uang dari rumah adalah hal-hal yang dilakukan dengan cepat dan mudah, sehingga mereka cenderung tak membayar banyak.

Jika kamu benar-benar ingin menghasilkan uang yang stabil dan bisa diprediksi, pekerjaan paruh waktu atau musiman yang sebenarnya lebih sesuai dengan kebutuhanmu.

2 dari 5 halaman

Waspada Scam

Kedua, mulailah area pencarian. Kamu bisa mencari referensi bekerja dari rumah dari Google. Di internet, kamu akan mendapatkan banyak opsi mendapatkan uang. Misalnya, mengikuti survei online atau menjual foto-foto Instagram untuk marketing.

Nah, cara terbaik mendapatkan uang dari rumah adalah memilih satu yang menurutmu yang akan dinikmati dan benar-benar menyempurnakan bakat kamu.

Ketiga, hindari scam. Hal yang ingin kamu lakukan adalah mengatur diri dengan pekerjaan dari rumah. Tapi, kamu juga ingin terhindar dari penipuan.

Kamu bisa melindungi diri dari pekerjaan yang menipu dan terhindar dari perusahaan abal-abal. Contoh pekerjaan yang tergolong penipuan adalah informasi kontak yang tidak ada, tata bahasa yang buruk, serta alamat situs yang meragukan.

3 dari 5 halaman

Gunakan Situs Pencari Kerja

Keempat, mendaftar ke situs layanan pencari kerja.

Kamu bisa memanfaatkan situs-situs penyedia lowongan kerja dari rumah. Situs-situs ini bisa membantumu mencarikan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah.

Kelima, jangan lupa woro-woro.

Menggunakan situs online memang cara yang terbaik untuk melihat lowongan kerja apa yang tersedia bagi masyarakat. Tapi, memberitahukan secara “ offline” kepada teman-teman, kolega, atau mantan rekan kerja bisa membantumu cepat mendapatkan pekerjaan sampingan.

4 dari 5 halaman

Atur Diri

Keenam, atur diri untuk sukses.

Setelah mempersempit bidang pekerjaan dan mengantongi beberapa peluang, kini, kamu memastikan apakah punya sumber daya yang diperlukan untuk mendapatkan uang dari bekerja-dari-rumah.

Misalnya, kamu memiliki komputer dan smartphone. Pastikan juga kamu punya layanan telekomunikasi yang baik agar pekerjaanmu tidak terhambat.

Ketujuh, buat rencana untuk keuangan.

Setelah mendapatkan uang, kamu bisa mengganggarkan uang yang didapatkan dari pekerjaan sampingan. Kalau berencana untuk ditabung, kamu bisa langsung memindahkannya ke rekening tabungan. Dengan begitu, kamu takkan tergoda untuk membelanjakannya.

5 dari 5 halaman

Jangan Lupa Bayar Pajak

Kedelapan, jangan lupa pajak. Kalau uang yang dihasilkan tak dikenakan pajak, kamu harus mengingat untuk membayarnya sendiri.

Pertimbangkan untuk menyiapkan rekening tabungan terpisah dan masukkan persentase tertentu dari setiap gaji untuk pembayaran pajak. Kalau bingung, kamu bisa meminta bantuan dari seorang akuntan untuk menghitung berapa pajak yang harus dibayar dari pekerjaan sampingan.

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id