Sukses Karier dan Keluarga, Ini Rahasia Bos Nasdaq

Dinar | Senin, 22 Oktober 2018 09:15
Sukses Karier dan Keluarga, Ini Rahasia Bos Nasdaq

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa itu?

Dream – Setiap orang memimpikan karier atau usaha yang dirintis bisa menuai sukses. Jika memungkinan, mereka ingin posisi di puncak karier bisa bertahan lama.

Beragam resep dan tips dari para pebisnis atau pemimpin sukses tak jarang dipelajari. 

Kali ini, bos Nasdaq, Adena Friedman, berbagi kunci rahasia sukses kariernya hingga bisa menjadi orang nomor satu di bursa saham Amerika Serikat itu.

Dilansir dari Business Insider, Minggu 21 Oktober 2018, Friedman ini telah menghabiskan waktu 20 tahun di Nasdaq. Wanita ini menerima banyak tantangan selama berkarier. Dia merintis karier di Nasdaq pada tahun 1993 setelah merampungkan studinya di Universitas Vanderbilt, Amerika Serikat.

Di perusahaan yang bergerak di bidang komoditas dan valas, Friedman pernah menjabat sebagai direktur operasional dan direktur keuangan. Kini, wanita itu menjadi CEO Nasdaq.

Apa rahasia suksesnya?

2 dari 3 halaman

Mau Ambil Peluang

Di serial podcast Business Insider “ This Is Success”, Friedman mengatakan selalu mengambil peluang yang ditawarkan kepadanya.

“ Yang pertama itu ambil peluang ketika diberikan kepadamu,” kata dia.

Peluang ini memang awalnya terlihat sebagai masalah, tapi lama-lama dia menjadi hal yang luar biasa. Awalnya, Friedman ditugasi proyek yang tak penting untuk perdagangan. Proyek tersebut belum pernah disentuh orang selama 10 tahun.

Apa yang dilakukan Friedman? Dia mengambilnya.

“ Produk ini tak terlalu banyak orang. Ini adalah kesempatan bagi saya untuk memiliki lebih banyak otonomi dengan mengambil sesuatu yang orang tak terlalu peduli tentang hal itu,” kata dia.

Friedman mengatakan proyek ini bisa membuatnya berbuat sesuatu yang dampaknya lebih besar. Ditambah, dia punya keleluasaan untuk mengerjakan tugas itu.

“ Jadi, saya pikir kamu berkata ‘ya’ untuk peluang di awal karier,” kata dia.

Lalu, kata dia, baru memikirkan langkah apa yang akan diperbuat agar peluang itu bisa memberikan sesuatu yang luar biasa. Misalnya, menetapkan fokus bekerja.

3 dari 3 halaman

Ada Juga Rahasia Karier Sukses Lainnya

Selain mengambil peluang, Friedman juga berbagi tips sukses lainnya. Dia mengatakan selalu memperhatikan kehidupan rumah tangga dan kesejahteraan anak-anaknya.

“ Ketika melihat profesi, saya berkata, ‘Apakah saya telah mencapai semua yang dicapai dengan keterampilan yang dimiliki? Apakah sudah membawa yang terbaik ke dalam pekerjaa itu setiap hari? Apakah saya memperlakukan setiap hari seperti hari pertama bekerja?” kata dia.

Friedman mengatakan dua “ rahasia” ini penting agar bisa mencapai karier sukses.

“ Bagi saya, itu adalah hal yang paling penting yang dapat saya lakukan untuk kesuksesan perusahaan,” kata dia. 

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting
Join Dream.co.id