4 Keterampilan Wajib Dikuasai Socmed Officer, Tak Cuma Doyan Main Instagram!

Dinar | Senin, 11 November 2019 10:01
4 Keterampilan Wajib Dikuasai Socmed Officer, Tak Cuma Doyan Main Instagram!

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Keahlian ini sangat dibutuhkan untuk industri digital.

Dream – Sepuluh tahun yang lalu, profesi social media specialist belum banyak menarik perhatian. Coba tengoklah saat ini. Banyak perusahaan membuka lowongan untuk pekerjaan ini.

Meski banyak dibutuhkan, bukan berarti kamu bisa asal-asalan mendaftar. Modal hobi berselancar platform sosial media bukan jaminan bisa lolos seleksi dan menjadi seorang social media specialist.

 

Mengutip laman Karir.com, Senin 11 November 2019, ada tiga kemampuan yang perlu kamu kuasai jika berminat bekerja di bidang ini. Pertama, kemampuan storytelling. Seorang social media specialist sebaiknya memiliki kemampuan bercerita dengan baik. Pada dasarnya, setiap unggahan yang dibuatnya harus memiliki nilai untuk pengikut.

Kemampuan ini tentunya bisa diasah dengan cara membaca lebih banyak referensi gaya bahasa atau tulisan. Setiap cerita untuk produk atau industri yang ada bisa memberi tahu apa yang disuaki oleh para pemirsa industry.

Kemapuan kedua yang harus dikuasai adalah copywriting.

Tingkat konsentrasi seseorang saat membaca unggahan medsos sangat singkat. Kamu harus bisa menarik perhatian mereka dalam kurang 5 detik.

Mempelajari copywriting memang tidak mudah, tetapi untungnya saat ini sudah banyak lembaga pelatihan yang bisa kamu coba untuk mempelajari skill yang satu ini.

2 dari 6 halaman

Analisis Data dan Desain Grafis

Ketiga, analisis data. Jika mengira menjadi sosial media specialist tidak berurusan dengan data, kalian salah. Untuk menentukan strategi konten apa yang akan diangkat, kamu harus menggunakan data.

Dalam social media, ada berbagai data yang biasanya digunakan seperti impression, engagement, unique views dan sebagainya. Tapi tidak perlu khawatir karena angka-angka ini bisa dipelajari dengan mudah kok.

Keempat, desain grafis. Selain berkutat dengan tulisan, seorang social media specialist terkadang juga harus berkutat dengan design. Kemampuan kamu melihat grafis diperlukan untunk membuat feeds atau post yang kamu buat terlihat ciamik.

Selain itu tidak ada salahnya juga untuk mulai belajar menggunakan software desain yang digunakan. Hal ini hanya untuk preventif saja, jika ada yang harus direvisi dan desainer grafis kantor kalian tidak masuk.

3 dari 6 halaman

Tiru Triknya, Main Medsos Tapi Karier Melesat

Dream – Sahabat Dream, mungkin banyak dari kita menganggap media sosial hanya alat berbagi uneg-uneg di luar pekerjaan. Tanpa kita sadari, platform jejaring sosial ternyata bisa membantu perkembangan karier. 

Dikutip dari CNBC, Kamis 26 April 2018, kamu bisa terlihat profesional dengan menggunakan jejaring sosial. Kariermu bisa jadi terdongkrak nantinya.

 

 Tiru Triknya, Main Medsos Tapi Karier Melesat

 

“ Itu bisa dicapai dalam empat langkah sederhana,” kata Senior Director of Growth and Marketing Hootsuite Asia Pasific, Roger Graham.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah identifikasi ceruk yang ingin ditampilkan sesuai keahlian. Buatlah konten sesuai keterampilanmu.

4 dari 6 halaman

Permudah Orang Lihat Konten

Kedua, permudah orang-orang untuk mengikuti unggahanmu dengan membuat kalender konten. Dengan begitu, kamu bisa berbagi unggahan secara rutin agar dilihat orang.

Tetapi, perhatikan waktu mengunggah. Jangan sampai followers merasa feed-nya dibanjiri kontenmu.

Ketiga, targetkan kelompok yang berbeda. Ketika membagikan unggahan di jejaring sosial, jangan lupa untuk menyasar kelompok yang lain untuk memperluas jangkauanmu. Juga supaya kamu mendapatkan “ pemirsa” baru.

Keempat, keterlibatan. Jangan sungkan untuk terlibat dengan konten orang lain, Tanggapi juga orang-orang yang terlibat denganmu. “ Ini adalah langkah penting dalam membangun jaringanmu sendiri,” kata dia.

(Beq)

 

[crosslink_1]

5 dari 6 halaman

Lowongan, Kelola Akun Medsos Bergaji Rp500 Juta, Mau?

Dream - Istana Buckingham menawarkan pekerjaan menarik bergaji 30 ribu poundsterling atau setara Rp500 juta pertahun. Bobot pekerjaan cukup ringan, 'hanya' mengelola akun media sosial resmi milik Ratu Inggris, Elizabeth II.

Lowongan pekerjaan itu terpajang dalam iklan di laman resmi milik Ratu Elizabeth. Iklan itu menyebut sang ratu mencari 'pekerja komunikasi digital' untuk bergabung dalam tim 'serba cepat' dan 'dinamis'.

Pekerjaan itu mensyaratkan waktu penuh. Akun yang harus dikelola tidak hanya Twitter, melainkan juga Facebook dan Youtube. Akun media sosial itu akan mengunggah segala aktivitas di lingkungan kerajaan.

 

 Lowongan, Kelola Akun Medsos Bergaji Rp500 Juta, Mau?

 

Pekerjaan ini juga disertai sepaket tunjangan komprehensif termasuk juga kesehatan. Tidak hanya itu, para pekerja juga akan mendapat tambahan berupa dana pensiun sebesar 15 persen dari gaji pokok sekaligus pelatihan.

" Ini akan membuat unggahan Anda dilihat jutaaan orang," bunyi iklan itu, sebagaimana dikutip Dream laman The Sun, Selasa 14 Februari 2017.

Pengumuman Istana Buckingham juga menulis bahwa media sosial ini menjadi cara baru untuk menunjukkan keberadaan Ratu Elizabeth di mata publik dan panggung dunia.

" Inilah yang menjadikan pekerjaan untuk Kerajaan menjadi luar biasa," tulis iklan itu.

6 dari 6 halaman

Berikan Sejumlah Syarat

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pelamar. Antara lain harus berlatar belakang pendidikan minimal perguruan tinggi, punya pandangan tentang masa depan, dan pengalaman mengelola web.

Para pelamar juga diharuskan memiliki bakat kreatif dan inovatif. Serta harus memiliki kemampuan di bidang fotografi dan video.

Ratu Elizabeth II pertama kali menggunakan Twitter pada 2014 saat dia mengirim pesan tentang pembukaan pameran di Museum Sains London.

" Merupakan kehormatan membuka informasi mengenai pameran hari ini di @ScienceMuseum dan berharap orang-orang dapat menikmati kunjungan. Elizabeth R."

Hingga saat ini, Ratu Elizabeth telah memiliki 2,77 juta followers di Twitter.

[crosslink_1]

Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis
Join Dream.co.id