Mau Jadi Bos Idola Karyawan? Begini Caranya

Dinar | Senin, 15 Maret 2021 07:33

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bos tipe ini menjadi favorit para pegawai karena bisa membuat lingkungan kerja nyaman.

Dream – Mungkin kamu pernah terpikir bahwa semua akan menjadi mudah ketika menjadi seorang atasan. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

Dikutip dari Times of India, Senin 15 Maret 2021, atasan tak hanya berperan untuk mengatur dan memerintah karyawan. Dia juga harus memberikan contoh yang baik bagi karyawannya dan membuat lingkungan kerja menjadi nyaman.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan atasan agar bisa memberikan kesan yang baik?

Pertama, bersikap tenang. Terkadang pekerjaan begitu melelahkan dan cenderung membuat stres. Memiliki emosi stabil sangat penting terlebih ketika karyawan sedang membutuhkan nasihat.

Saat memberikan nasihat dengan tenang, kamu telah menciptakan kondisi yang nyaman bagi karyawan, sehingga kamu akan lebih dihargai.

Kedua, memberi tahu kesalahan mereka. Memberikan masukan merupakan salah satu peran terpenting menjadi seorang atasan.

Kamu bisa membicarakannya secara personal, jika kamu merasa mereka tidak bekerja dengan baik. Karena dengan memberikan sedikit dorongan, kamu dapat meningkatkan semangat mereka.

Mau Jadi Bos Idola Karyawan? Begini Caranya
Mau Jadi Bos Idola Karyawan? (Foto: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Tahan Ego

Ketiga, menahan ego. Beberapa atasan mungkin akan berpikir bahwa mereka jauh lebih baik daripada yang lain.

Jangan jadi yang seperti itu! Membangun hubungan yang baik dengan semua rekan kerja merupakan hal yang harus dilakukan, agar menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Keempat, menerima pendapat. Kamu harus memberikan kesempatan bagi karyawan untuk memberikan ide-ide dan perspektif baru mereka. Dengan begitu, kamu bisa coba mempertimbangkan hal tersebut terlebih demi kemajuan perusahaan.

Kelima, memberikan pujian. Tidak ada salahnya seorang atasan memberikan sedikit pujian pada keterampilan dan kinerja karyawan. Terlebih ketika kondisi kerja yang sibuk, kalimat sederhana yang kamu berikan dapat memperbaiki suasana hatinya.

Keenam, tidak gengsi. Jangan menjadi atasan yang gengsi untuk mengakui kesalahan, meminta maaf tidak akan mengurangi rasa hormat mereka kepada kamu, justru karyawan akan lebih menghargainya.

3 dari 3 halaman

Jangan Kaku

Ketujuh, menjadi contoh. Alih-alih pulang lebih awal, bekerjalah bersama karyawan hingga larut malam, Hal ini akan lebih meyakinkan karyawan bahwa kamu ada di sana untuk bekerja dan mendukung mereka.

Kedelapan, tidak kaku. Jadilah atasan yang menyenangkan dan tidak kaku. Tidak melulu di kantor, Kamu bisa ajak makan dan bersenang-senang diluar kantor, alih-alih sambil membicarakan pekerjaan juga.

Kesembilan, tetap tegas. Selain memberikan perhatian seperti poin diatas, kamu juga harus tetap bersikap tegas dalam mengelola pekerjaan secara efisien. Karena pekerjaan tidak boleh lengah, alih-alih memberikan impresi yang baik pada karyawan.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Join Dream.co.id