Daerah dengan Sewa Rumah Kontrak Termurah di Jakarta

Dinar | Minggu, 7 April 2019 13:00
Daerah dengan Sewa Rumah Kontrak Termurah di Jakarta

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Masih ada lho rumah kontrakan yang murah di Jakarta.

Dream – Tren pencarian sewa rumah di Jakarta melalui Google setiap tahunnya terus meningkat. Mahalnya harga rumah di ibu kota membuat masyarakat memilih untuk mengontrak rumah.

Dikutip dari keterangan tertulis Lamudi yang diterima Dream, Sabtu 6 April 2019, Managing Director Lamudi, Mart Polman, mengatakan jumlah pencarian rumah kontrakan di Jakarta mencapai 106.200 orang pada 2017. Angkanya meningkat menjadi 112.440 pada 2018.

Mart mengatakan masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan dan berasal dari luar Jakarta, memilih untuk menyewa rumah. Keputusan ini dinilai lebih masuk akal daripada membelinya.

“ Kebanyakan banyak karyawan akan lebih memilih untuk menyewa rumah dekat dengan lokasi mereka bekerja, hal tersebut sengaja dilakukan guna mempersingkat waktu perjalanan antara rumah menuju kantor,” kata dia.

Namun mencari kontrakan dengan harga terjangkau di ibukota bukan perkara mudah. Beberapa rumah konrakan di lokasi strategis di Jakarta sudah mematok tarif sewa sangat mahal. Sulit terjangkau untuk mereka yang berkantong pas-pasan.

Bukan berarti rumah kontrakan bertarif sewa murah sama sekali tak ada. Asal mau bekerja keras, kita biasanya akan menemukan tempat itu. 

Dari hasil survei Lamudi ada beberapa titik di berbagai lokasi di Jakarta yang masih menawarkan tarif sewa yang masuk akal. 

2 dari 2 halaman

Lokasinya Ada Di Sini

Hasil survei itu menunjukan jika kawasaan Jakarta Utara menjadi daerah termurah untuk rumah kontrakan. Di Tanjung Priok, rata-rata harga sewanya Rp252.632 per meter persegi.

Lokasi kontrakan termurah lainnya terletak di kawasan Cipayung, Jakarta Timur dengan rata-rata harga sewa Rp277.778 per meter persegi, serta Pondok Kelapa, Jakarta Timur dengan rata-rata harga sewa Rp300 ribu per meter persegi.

Bagaimana dengan yang termahal? Harga rumah kontrakan termahal ada di Pos Pengumben. Di sana rata-rata harganya mencapai Rp4.727.273 per meter persegi.

“ Kemudian di Thamrin dengan rata-rata harga sewa Rp3.125.000 per meter persegi dan di Kebon Kacang dengan rata-rata harga sewa Rp2.054.887 per meter persegi,” kata dia.(Sah)

Terkait
Gus Miftah Ungkap Perubahan Besar Deddy Corbuzier
Join Dream.co.id