Mau Bangun Rumah Pakai Jasa Arsitek? Intip Dulu Biayanya

Dinar | Senin, 17 Februari 2020 08:36
Mau Bangun Rumah Pakai Jasa Arsitek? Intip Dulu Biayanya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Berapa ya biaya jasa arsitek?

Dream - Membangun rumah bukanlah hal yang sederhana. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari ukuran sampai material.

Inilah sebabnya membangun rumah tak bisa dilakukan oleh siapa saja. Butuh keahlian profesional di bidang arstitektur untuk bisa melakuan hal-hal ini.

Sayangnya, stigma jasa arsitek mahal masih terasa kental di antara masyarakat Indonesia. Jasa mereka lebih umum digunakan oleh pengembang atau perorangan yang mau membangun rumah mewah.

Tak sedikit yang takut duluan karena menganggap bahwa arsitek adalah benda mahal. Padahal, tak selamanya demikian.

Memangnya, berapa tarif jasa arsitek untuk membangun rumah?

2 dari 7 halaman

Ada 2 Cara

Dikutip dari Rumah123.com, Minggu 16 Februari 2020, ada dua cara untuk menghitung biaya desain yang dilakukan oleh arsitektur.

Pertama, berdasarkan ukuran bangunan. Kedua, dari persentase Rencana Anggaran Biaya Total Bangunan.

Pertama, dari total bangunan. Dengan cara ini, jasa arsitek dihitung dari ukuran bangunan yang didesain. Jika jasa arsitek dihitung berdasarkan metode ukuran bangunan, arsitek junior akan mempunyai tarif lebih rendah dibandingkan arsitek berpengalaman.

Semakin berpengalaman dan semakin baik skill arsitek, tentu biayanya akan semakin mahal. Metode pembayaran arsitek seperti ini lebih banyak digunakan di Indonesia karena dianggap paling adil.

Berdasarkan data Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI), sejak 2012, terdapat ketetapan minimal honorarium arsitektur sebesar Rp200 ribu per meter persegi atau 7 persen dari nilai fisik bangunan.

Misalnya, tarif arsitek Rp200 ribu per meter persegi dan luas bangunan yang akan didesain 90 meter persegi. Biaya desain untuk bangunan tersebut adalah Rp200 ribu dikali 90, yaitu Rp18 juta.

3 dari 7 halaman

Bagaimana dengan Persentase RAB?

Cara ini biasanya digunakan pada rumah-rumah mewah dengan detail-detail yang rumit, dan juga banyak perubahan yang diinginkan oleh pemilik rumah.

Sistem ini akan memungkinkan arsitek mengakomodasi permintaan perubahan desain di tengah jalan oleh pemilik rumah.

Biaya jasa desain rumah dari arsitek dihitung berdasarkan total biaya pembangunan sampai proyek tersebut selesai.

Jika menggunakan persentase RAB, tarif yang diterima arsitek berpengalaman akan sama rata dengan arsitek junior. Hal ini bisa merugikan pengguna jasa ataupun arsitek itu sendiri.

Misalnya tarif yang dikenakan terlalu tinggi, pengguna jasa lah yang akan terbebani. Jika tarif yang dikenakan terlalu rendah, arsitek yang berpengalaman tentu akan rugi.

Tidak ada tolok ukur yang tepat untuk membayar skill dan pengalaman masing-masing arsitek.

4 dari 7 halaman

4 Keuntungan Rumah Dekat Sekolah, Poin Terakhir Bikin Orang Tua Senang

Dream – Saat membeli rumah ada banyak faktor yang dipertimbangan. Selain lokasi, calon pembeli juga memperhatikan tingkat keamanan dan fasilitas umum di sekitar rumah impian mereka.

Sering kita mendengar saran agar tak membeli rumah di dekat fasilitas umum karena kebisingan atau kepadatan saat tengah berlangsung sebuah acara. Hal itu ada benarnya meski tak sepenuhnya tepat.

Memiliki rumah dekat fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, pasar, supermarket, dan rumah sakit ternyata bisa memberikan keuntungan juga. Salah satu contoh adalah saat kamu memiliki rumah dekat sekolah.

 

 4 Keuntungan Rumah Dekat Sekolah, Poin Terakhir Bikin Orang Tua Senang© Dream

 

Rumah yang dekat dengan sekolah tenyata punya empat keuntungan, lho.

Mengutip laman Rumah123, Sabtu 8 Februari 2020, keuntungan pertama adalah jarak antara sekolah dan rumah tinggal takkan terlalu jauh. Buah hati kita bisa berjalan kaki saat berangkat ke sekolah.

Anak-anak bisa belajar mandiri dengan pergi ke sekolah sendiri, terlebih jika jaraknya dekat dan rute perjalanannya aman. Mereka bisa berjalan kaki bersama teman, naik sepeda, atau diantarkan dengan sepeda motor. 

Selain tak risau dengan keamanan anak saat berangkat, kamu juga takkan menghabiskan waktu lama untuk mengantar ke sekolah.

5 dari 7 halaman

Bisa Main di Taman Setelah Sekolah

Keuntungan kedua adalah anak bisa bermain di taman setelah sekolah. Sekolah yang dekat dengan rumah ini biasanya memiliki taman dan lapangan olah raga. Setelah pulang sekolah, mereka bisa menghabiskan waktu luang untuk bermain di taman.

Biarkan mereka menghabiskan waktu bermain bersama teman-teman. Kamu tak perlu cemas dengan keamanannya. Mereka bisa bermain tanpa perlu dirisaukan dengan penculikan anak atau tindak kejahatan lainnya.

6 dari 7 halaman

Dekat dengan Kawasan yang Aman

Rumah yang tak jauh dari sekolah biasanya berada di kawasan yang aman. Biasanya perumahan ini merupakan klaster yang punya fasilitas penjagaan 24 jam.

Kamu tak perlu cemas ketika meninggalkan rumah. Terutama saat meninggalkan anak-anak yang berada di rumah. Kamu juga tak perlu khawatir dengan klaster yang punya fasilitas ini jika anak-anak bermain di luar rumah.

7 dari 7 halaman

Punya Nilai Jual yang Lebih Tinggi

Nah, yang ini biasanya disukai orang tua. Rumah yang lokasinya strategis dan dekat sekolah, biasanya punya nilai jual yang lebih tinggi. Beberapa riset membuktikan hal tersebut.

Saat ini, anak-anak kamu masih duduk di bangku SD, SMP, atau SMA, sehingga kamu masih membutuhkan rumah dekat sekolah. Saat anak-anak menempuh pendidikan di universitas, kamu bisa menjual rumah tersebut.

Ketika kamu memutuskan menjualnya, pasti banyak yang ingin membeli rumah kamu lantaran lokasi dekat dengan sekolah favorit.

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id