Masya Allah, Begini Model Investasi Saham Sambil Sedekah

Dinar | Kamis, 10 November 2016 11:35
Masya Allah, Begini Model Investasi Saham Sambil Sedekah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Setiap 20 persen penghasilan bersih dari transaksi disumbangkan kepada BAZNAS.

Dream - PT Henan Putihrai meluncurkan sistem online trading syariah, HPX Syariah. Dalam sistem online trading ini, Henan Putihrai menyisihkan sebagian penghasilan bersih dari setiap transaksi (net fee) untuk disumbangkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

" Ini pertama kali kami mengadakan berkah--berinvestasi sambil sedekah--sambil meluncurkan HPX Syariah," kata Director Head of Equity Brokerage Division, Hendra Martono, di Jakarta, Kamis 10 November 2016.

Hendra mengatakan sistem perdagangan online ini memang masih menampilkan saham-saham konvensional. Namun, para penggunanya hanya bisa bertransaksi dengan membeli saham-saham syariah.

Setiap kali bertransaksi, Hendra menjelaskan, 20 persen dari nett fee akan disumbangkan kepada BAZNAS atas nama masing-masing pelaku pasar. Dana tersebut diharapkan bisa membantu pengembangan ekonomi.

" Ini hal pertama agar sama-sama tak hanya sekadar melek finasial, tapi menjadi saluran berkah," kata dia.

Ketua BAZNAS, Bambang Sudibyo, menyambut baik langkah Henan Putihrai yang hendak mengalokasikan 20 persen nett fee kepada badan zakat ini.

" Dari setiap penghasilan yang diperoleh, ada hak fakir miskin yang ditunaikan. Ada nett fee. Begitu terbentuk, bagian fakir miskin didonasikan. Ini (praktik) syariah yang sempurna," kata Bambang di tempat yang sama.

Dia pun mengharapkan perusahaan lainnya yang serupa juga menerapkan skema ini. " Ini best practise yang perlu di-woro-worokan, untuk didakwahkan supaya ditiru. Barang baik sebaiknya ditiru," kata dia.

Terkait dengan tujuan Henan Putihrai yang akan mengalokasikan sebagian nett fee dari HPX Syariah untuk pengembangan ekonomi, Bambang mengatakan bahwa pada dasarnya BAZNAS telah memiliki program pengembangan pengembangan ekonomi, yaitu zakat committee development.

Dalam program itu, BAZNAS mendekati masyarakat miskin dan fakir miskin dengan berbagai program seperti multifinancing, beasiswa, dan kesehatan.

" Dengan cara seperti itu, miskin dan fakir miskin bisa berubah statusnya dari mustahik (penerima zakat) menjadi muzzaki (wajib zakat)," kata dia.(Sah)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id