Masa Depan Lebih Terencana, 5 Jenis Tabungan Ini Wajib Dimiliki Keluarga Muda

Dinar | Kamis, 2 Mei 2019 11:13
Masa Depan Lebih Terencana, 5 Jenis Tabungan Ini Wajib Dimiliki Keluarga Muda

Reporter : Dwi Ratih

Yuk diterapkan, Sahabat Dream!

Dream - Membangun keluarga memang membutuhkan proses yang panjang. Untuk itu, diperlukan juga persiapan yang matang, termasuk dalam hal perencanaan keuangan.

Demi masa depan yang lebih terencana, 5 jenis tabungan ini wajib dimiliki

Tabungan Darurat untuk Kebutuhan Tak Terduga

Mendadak sakit atau tiba-tiba mengalami PHK bisa bikin keuanganmu berubah berantakan. Ini pentingnya memiliki tabungan berisi dana darurat saat harus menghadapi kebutuhan yang mendesak di masa depan.

Usahakan untuk menabung minimal 5-10 persen dari pendapatan bulanan dan mulai sedini mungkin untuk mengumpulkan tabungan sebanyak mungkin.

Jumlah tabungan dana darurat yang perlu dipersiapkan juga beragam. Bagi yang sudah berkeluarga, paling tidak minimal memiliki dana darurat sejumlah 3 x kebutuhan rumah tangga dalam sebulan.

Jika dalam sebulan kebutuhan keluarga berkisar Rp10juta, maka untuk dana darurat paling tidak mempersiapkan minimal Rp30 juta. Sudahkah kamu memperkirakannya dengan baik?

Simpanan Dana untuk Pendidikan Anak

Kehadiran anak sering ditunggu-tunggu di tengah keluarga muda, tapi jangan lupa mempersiapkan dana, khususnya untuk menjamin pendidikannya. Biaya yang semakin tinggi wajib diantisipasi sejak dini dengan memiliki tabungan pendidikan anak.

Kamu cukup menyetorkan uang secara rutin hingga jangka waktu tertentu, yang dapat digunakan untuk membayar biaya masuk sekolah anak.

Tabungan Khusus untuk Liburan

Kebutuhan untuk berlibur kini sudah jadi bagian dari gaya hidup zaman now. Jangan sampai hal ini malah menguras tabungan, sebaiknya anggarkan dana tersendiri untuk membiayai kegiatan refreshing-mu.

Rencanakan jauh-jauh hari, minimal setahun sebelumnya dengan menyisihkan 5 sampai 15persen dari gajimu untuk memiliki liburan impian keluarga yang aman dan nyaman.

Tabungan Hari Tua

Masih muda kok sudah memikirkan hari tua? Justru lebih baik memikirkan rencana hidup di usia senja sejak dini, lho. Jika ingin menjalani kehidupan di usia senja tanpa harus terlalu tergantung pada orang lain, persiapkan sesegera mungkin tabungan hari tua atau dikenal juga dengan dana pensiun.

Tabungan untuk Haji atau Umrah

Dapat mengunjungi Tanah Suci merupakan impian bagi umat Muslim, baik untuk menjalankan ibadah haji atau umrah. Tapi biayanya yang cukup tinggi seringkali membuat kebanyakan orang urung melakukannya karena butuh waktu yang cukup lama untuk mempersiapkannya.

Jangan kubur impianmu begitu saja, kini menabung untuk haji bisa semakin mudah dan ringan kok.

Deretan harapan dan persiapan masa depan di atas membutuhkan tabungan yang perlu disiapkan dari sekarang. Kamu dan keluarga bisa menggunakan Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah.

Satu tabungan yang bisa mewujudkan beragam impian terbaik kamu dan keluarga. Mulai dari perjalanan Ibadah Haji & Umroh, pendidikan untuk si buah hati hingga liburan bersama keluarga tercinta.

Tabungan iB Pahala memberikan kenyamanan pada setiap transaksi, kemudahan akses di mana saja dan fasilitas auto debit yang memudahkan. Bebas biaya tarik tunai di semua ATM domestik dan luar negeri juga, lho!

Yuk segerakan untuk mempersiapkan tabungan untuk masa depan keluarga dimulai dari Tabungan iB Pahala. Info lengkap klik di sini.

Join Dream.co.id