7 Manfaat Ekspor untuk Pengusaha, Negara, dan Masyarakat yang Perlu Diketahui

Dinar | Selasa, 22 Maret 2022 17:35

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Aktivitas ekspor banyak memberikan dampak yang positif.

Dream – Istilah ekspor tentunya sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat. Apalagi bagi sahabat Dream yang setiap harinya menjalani profesi di bidang perdagangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspor adalah pengiriman barang dagangan ke luar negeri. Di mana barang-barang dagangan ini bisa bermacam-macam. Baik itu pakaian, kerajinan, makanan, dan masih banyak lagi.

Tujuan dari dilakukannya kegiatan ekspor ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak bisa terpenuhi karena adanya keterbatasan. Dan aktivitas ekspor menjadi hal yang sangat penting dalam dunia perdagangan di dalam suatu negara. Karena dengan menjual barang ke negara lain, maka tidak hanya bisa mendatangkan keuntungan bagi penjualnya saja, tetapi juga untuk negara.

Bahkan manfaat ekspor pun sangatlah beragam. Baik itu untuk negara, penjualnya, hingga untuk masyarakat secara luas. Nah, berikut adalah beberapa manfaat ekspor yang perlu kamu ketahui sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui bola.com.

7 Manfaat Ekspor untuk Pengusaha, Negara, dan Masyarakat yang Perlu Diketahui
Manfaat Ekspor (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 3 halaman

Manfaat Ekspor

 Manfaat Ekspor© Unsplash.com

Meningkatkan Daya Saing

Manfaat ekspor yang pertama adalah untuk meningkatkan daya saing. Ini adalah bentuk keuntungan yang bisa didapatkan oleh negara yang melakukan perdagangan internasional. Jika dalam suatu negara memiliki produk yang sama dan jumlahnya sangat banyak, maka hal ini perlu untuk semakin ditingkatkan persaingan bisnisnya. Hal ini dilakukan untuk bisa melakukan ekspansi penjualan ke negara lain.

Produk-produk tersebut nantinya akan mengalami persaingan dengan produk lain di negara tujuan. Sehingga, aktivitas ekspor ini mampu membantu pengusaha untuk bisa bersaing dengan produk lainnya, baik dalam hal kualitas maupun kuantitas.

Membuka dan Menyerap Tenaga Kerja

Manfaat ekspor akan berdampak positif bagi masyarakat secara umum. Di mana aktivitas ini akan menjadi lapangan kerja bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan. Karena suatu negara yang melakukan ekspor, tentu akan memiliki target produksinya.

Dengan begitu, secara otomatis akan banyak membuka serta menyerap tenaga kerja yang ada di negara tersebut. Jika lapangan kerja sudah tebuka lebar dan meneriman tenaga kerja, hal ini pun mampu mengurangi angka pengangguran dan bisa memakmurkan masyarakat.

Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Manfaat ekspor berikutnya adalah untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Ya, setiap pengusaha tentunya ingin mencari keuntungan dalam aktivitas perdagangan yang dilakukannya. Oleh karena itu, setiap pengusaha akan melakukan berbagai cara untuk bisa meningkatkan keuntungan tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan ekspor.

Dengan menjual produk ke luar negeri, hal ini mampu meningkatkan keuntungan karena adanya perbedaan nilai mata uang serta kondisi ekonomi. Misalnya saja jika suatu produk dijual di dalam negeri dengan harga Rp 150.000. Maka di luar negeri bisa lebih tinggi nilai jualnya. Hal inilah yang bisa membuat pengusaha mendapatkan keuntungan yang besar melalui aktivitas ekspor.

3 dari 3 halaman

Manfaat Ekspor

 Manfaat Ekspor© Unsplash.com

Meningkatkan Skala Produksi

Dalam melakukan ekspor, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah meningkatkan skala produksi. Jika skala produksi tersebut semakin tinggi, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan juga semakin tinggi.

Ketika produksi yang semakin tinggi, maka hal ini bisa membuat biaya produksi turun karena adanya penghematan dalam melakukan proses tersebut. Kemudian dengan tingginya skala produksi perusahaan, hal tersebut juga bisa meningkatkan penerimaan di suatu negara.

Membuka Peluang Pasar yang Lebih Besar

Manfaat ekspor lainnya adalah membuka peluang pasar yang lebih besar. Di mana ketika suatu negara melakukan kegiatan ekspor, maka pengusaha di negara tersebut bisa melihat tren pasar yang bisa memberikan peluang keuntungan dalam bisnis.

Dengan mengambil keuntungan melalui proses ekspor, hal ini bisa membuat produsen mendapatkan pasar yang lebih luas lagi. Dengan begitu, produsen di suatu negara pun juga bisa memimpin pasar tersebut.

Menghindari Pasar Domestik yang Terlalu Tinggi

Dengan melakukan aktivitas ekspor, hal ini bisa menghindari pasar domestik yang terlalu tinggi. Hal ini dilakukan untuk bisa mendapatkan akses penjualan dengan angka yang lebih tinggi serta mendapat keuntungan yang besar. Bahkan beberapa produsen pun senang dengan pasar ini karena bisa mendapatkan keuntungan selama sepanjang tahun.

Jika jaringan suatu perusahaan semakin luas dalam memasarkan produk ke luar negeri, maka nilai investasinya juga semakin tinggi yang bisa diperoleh perusahaan.

Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Internasional

Manfaat ekspor juga menguntungkan bagi suatu negara. Di mana dengan melakukan ekspor, hal ini bisa meningkatkan hubungan kerja sama internasional. Nantinya aktivitas tersebut akan diatur dalam suatu peraturan yang telah dibuat untuk menghubungkan satu negara dengan negara yang lain. Melalui kesepakatan perdagangan internasional, hal tersebut bisa untuk meningkatkan hubungan kerja sama antar negara.

Itulah beberapa manfaat ekspor yang perlu sahabat Dream ketahui. Di mana aktivitas ekspor yang dilakukan oleh suatu negara memiliki dampak yang sangat luas, baik bagi pengusaha itu sendiri, bagi negara, maupun bagi masyarakat secara umum.

Join Dream.co.id