Manfaat dan Jenis Wakaf, Pahala yang Terus Mengalir Hingga di Akhirat

Dinar | Jumat, 22 Maret 2019 09:00
Manfaat dan Jenis Wakaf, Pahala yang Terus Mengalir Hingga di Akhirat

Reporter : Dwi Ratih

Berikut ini adalah manfaat dan jenis wakaf yang perlu kamu tahu.

Dream - Islam memberi kesempatan pada umatnya untuk bersedekah dan berwakaf untuk mensucikan hartanya. Tidak hanya menambah pahala kebaikan, wakaf juga memiliki banyak manfaat, baik bagi yang mewakafkan dan juga yang menerimanya.

Berikut ini adalah manfaat dan jenis wakaf yang perlu kamu tahu. Biar pahala yang didapatkan terus mengalir hingga di akhirkat.

Wakaf Membantu Masyarakat Mendapatkan Sarana yang Lebih Baik

Tanpa kamu sadari, ada beberapa wilayah di Indonesia yang membutuhkan bantuan berupa fasilitas umum yang memadahi. Mulai dari tempat beribadah, sarana pendidikan, kesehatan dan masih banyak yang lainnya.

Ingin menjadi salah satu orang yang turut membantu? Wakaf bisa digunakan untuk mendirikan atau membuat fasilitas umum sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dengan memilih lembaga wakaf yang tepat, niat mulia yang kamu miliki bisa lebih tepat sasaran. Fasilitas ini tidak hanya membantu masyarakat mendapatkan sarana yang lebih baik, tapi juga menghapuskan kesenjangan sosial yang ada.

Kini siapa saja bisa menikmati beribadah di tempat yang layak, mendapatkan fasilitas pendidikan hingga kesehatan yang baik.

Pahala yang Terus Mengalir Bagi Pewakafnya

Dalam Q.S Al-Baqarah (2): 261 dijelaskan jika selama benda yang diwakafkan masih dimanfaatkan atau memberikan manfaat bagi orang lain, maka pahalanya akan terus mengalir.

Biarpun pewakafnya telah meninggal dunia, pahalanya tidak akan berhenti. Wakaf juga bisa disebut 'harta' yang bisa dibawa mati.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi sesiapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. al-Baqarah (2): 261)

Menumbuhkan Jiwa Sosial

Mewakafkan harta tidak hanya sekadar menyisihkan sebagian rezekinya saja, tapi juga menumbuhkan jiwa sosial seseorang. Akan tumbuh rasa peduli yang tinggi terhadap sekitar dan keinginan untuk memberikan pertolongan.

Seseorang yang sering mewakafkan hartanya memiliki kepekaan sosial yang lebih tinggi dibanding dengan seseorang yang lebih suka menimbun barang mewah.

Jenis Wakaf

Terdapat berbagai macam jenis wakaf berdasarkan peruntukan, harta, waktu dan juga penggunaan harta yang diwariskan. Wakaf uang kini menjadi salah satu jenis wakaf yang banyak diminati. Menurut Badan wakaf Indonesia, sebelum lahirnya UU No. 41 tahun 2004, Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa tentang wakaf uang (11/5/2002).

Lalu, gimana cara bisa melakukan wakaf uang?

CIMB Niaga Syariah meluncurkan Program Tabungan iB Mapan Wakaf yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran umat akan pentingnya wakaf uang.

Bekerjasama dengan sejumlah Badan dan Lembaga Wakaf seperti Yayasan Daarul Qurán Nusantara, Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Rumah Wakaf serta Wakaf Al Azhar. Siapa saja bisa merealisasikan wakaf uang yang sesuai dengan syariat dan tepat sasaran.

Kamu bisa melakukan setoran rutin setiap bulan dengan Akad Mudharabah (bagi hasil) dengan hasil yang kompetitif, mendapatkan sertifikat wakaf, asuransi jiwa dan rawat inap serta poin Xtra.

Dengan pengelolaan wakaf yang tepat, kamu bisa mendapatkan pahala yang terus mengalir. Yuk tabung wakaf sekarang juga. Info lengkap klik di sini.

Join Dream.co.id