Buka Rekening Tak Perlu Ribet dengan e-KTP

Dinar | Jumat, 24 Mei 2019 18:16
Buka Rekening Tak Perlu Ribet dengan e-KTP

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dengan data ini, pembukaan rekening baru bisa lebih cepat.

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperluas pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan dan KTP elektronik Dukcapil. Pemanfaatan data NIK kependudukan dan KTP elektronik bisa mempermudah masyarakat untuk membuka rekening.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 24 Mei 2019, penandatanganan addendum perjanjian kerjasama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri berlangsung di Kantor Pusat Mandiri Syariah, Jakarta.

Direktur Utama Mandiri Syariah, Toni EB Subari, mengungkap Mandiri Syariah sejak 2016 memanfaatkan data NIK data kependudukan dan KTP Elektronik Dukcapil.

" Proses pembukaan rekening menjadi lebih cepat karena data otomatis tersedia dan akurat," kata Toni.

2 dari 2 halaman

Data Dukcapil Berperan Penting dalam Pembukaan Rekening

Kini, lanjut dia, data Dukcapil dijadikan standar pembukaan rekening. Nasabah yang belum terdaftar di Dukcapil diminta mendaftar lebih dulu.

Toni berharap bisa memanfaatkan data yang lebih luas untuk kebutuhan pengembangan dan transaksi perbankan. " Di era financial technology, data Dukcapil memiliki peran penting," kata dia.

Sekadar informasi, selain Mandiri Syariah, sebanyak 22 bank dan lembaga keuangan nonbank juga menandatangani perjanjian pemanfaatan data NIK dan KTP elektronik.

Karena akurasinya, data Dukcapil membantu di dalam fungsi KYC, membantu dalam perlindungan keamanan dan sekaligus mempercepat pelayanan dan efisiensi biaya.

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id