Generasi Muda Mulai Lirik Sukuk

Dinar | Senin, 4 Maret 2019 14:41
Generasi Muda Mulai Lirik Sukuk

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Investasi anak muda dan generasi milenial mencapai Rp29 miliar untuk sukuk ST-003 yang dipesan dari Mandiri Syariah.

Dream – Generasi milenial mulai melirik sukuk sebagai instrumen investasi. Salah satunya adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel, ST-003.

Data PT Bank Syariah Mandiri mencatat investor yang memesan ST-003 melalui mereka mencapai 26,5 persen. Investor muda berusia 26—35 tahun sebesar 22,5 persen dan investor milenial 6 persen.

“ Kami senang anak muda melirik instrumen sukuk,” kata Senior Executive Vice President (SEVP) PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah), Anton Sukarna, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 4 Maret 2019.

Anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (Persero) ini merupakan salah satu mitra distribusi sukuk ST-003. Pemesanan yang dilakukan online melalui Mandiri Syariah Netbanking mengalami kelebihan pemesanan dari target Rp200 miliar.

Total pemesanan instrumen keuangan syariah ini mencapai Rp374 miliar. Investasi anak muda dan milenial sekitar Rp29 miliar dari total pemesanan.

“ Investasi ST003 merupakan yang pertama bagi Mandiri Syariah yang pemesanannya dilakukan secara online,” kata Anton.

2 dari 2 halaman

10 Persen Investor ST-003 Memesan dari Mandiri Syariah

Anton mengatakan rata-rata investasi nominal Rp250 juta per orang dengan beragam profesi. Yang terbanyak adalah pegawai swasta sebesar 60,42 persen. Kemudian, ada juga ibu rumah tangga, pensiunan, profesional hingga pelajar dan mahasiswa.

Jumlah investor yang memesan melalui Mandiri Syariah sekitar 10% dari total investor yang membeli ST-003. Investor yang paling banyak ada di Jawa.

“ Untuk instrumen investasi ini, kami lebih memfokuskan kepada segmen nasabah priority. Namun, ternyata banyak juga nasabah ritel non priority kami yang tertarik dengan investasi sukuk ini termasuk kaum muda,” kata dia.

Bagi bank syariah penerbitan sukuk menjadi pelengkap instrumen investasi bagi nasabah. Dari sisi dana bank selama ini meski dengan penerbitan sukuk, dana pihak ketiga (DPK) tetap bertumbuh. Sebagian nasabah datang dengan membawa dana fresh dari luar dan sebagian menggunakan dana yang sudah ada di bank.

Setelah ditunjuk sebagai mitra distributor ST003, Mandiri Syariah kembali ditunjuk Pemerintah sebagai mitra SR011.

“ Alhamdullilah, kami kembali memperoleh kepercayaan Pemerintah sebagai agen penjual Sukuk Ritel sejak pertama kali terbit yaitu dari seri SR-001 hingga yang terbaru ini, seri SR-011,” kata dia.

Berbeda dengan ST003 yang pemesanannya dilakukan secara online, masyarakat dapat memesan langsung SR011 melalui Kantor Cabang Mandiri Syariah di seluruh Indonesia selama periode 1—19 Maret 2019.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id