Ini Bukti Malaysia Ingin Jadi Raja Bisnis Halal Dunia

Dinar | Selasa, 8 Agustus 2017 08:15
Ini Bukti Malaysia Ingin Jadi Raja Bisnis Halal Dunia

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Negara ini telah menyusun rencana untuk menjadi pemimpin di industri halal dunia.

Dream – Malaysia menerapkan rencana komprehensif untuk pengembangan industri halal. Rencana yang meliputi promosi, investasi, perdagangan, legislasi, dan insentif yang disusun diharpkan bisa membawa negeri jiran itu menjadi pemimpin di sektor industri halal global.

“ Ini (industri halal) adalah kebanggaan kita, tentang bagaimana kita sukses di bidang keuangan Islam dengan menjadi yang nomor satu di dunia,” kata Menteri Industri dan Perdagangan Internasional, Mustapa Mohamed, di Kuala Lumpur, dilansir dari New Straits Times, Selasa 8 Agustus 2017.

Mustapa mengatakan pemerintah telah menempatkan sebuah rencana induk untuk mendorong pembangunan ekonomi negara tersebut. Lalu, dia membentuk Departemen Pembangunan Islam Malaysia (JAKIM) sebagai penerbit sertifikasi halal kepada perusahaan.

“ JAKIM telah mempercepat proses sertifikasi halal melalui kerja sama dengan dewan agama Islam negara,” kata dia.

Misalnya, Mustapa mengatakan ada instansi pemerintah untuk membantu sektor usaha kecil menengah (UKM), yaitu SME Corp. Instansi ini membantu UKM di Malaysia untuk konsultasi, upgrade toko, dan sertifikasi halal.

Dikatakan proses sertifikasi halal bisa mahal bagi UKM karena perusahaan harus memenuhi standar kebersihan dan perusahaan kecil sulit untuk mengumpulkan sumber daya yang diperlukan.

Selain bantuan dari SME Corp, JAKIM telah menerapkan banyak kursus dan seminar untuk UKM.

“ (Semuanya ini) akan memudahkan mereka mendapatkan sertifikasi halal,” kata dia.(Sah)

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id