Lulusan SD Ini Jadi Jutawan Berkat Empal Gentong

Dinar | Senin, 3 Desember 2018 08:15
Lulusan SD Ini Jadi Jutawan Berkat Empal Gentong

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Punya tiga resto, satu resto bisa dapat untung Rp30 juta per hari.

Dream – Jika berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk berwisata kuliner. Kota udang itu terkenal dengan menu empal gentong yang sudah kondang. 

Salah satu depon beken di Cirebon adalah Empal Gentong Pak Apud. Saking populernya, rumah makan ini pernah dikunjungi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Rumah makan yang menyajikan empal gentong, empal asem, dan sate kambing, ini berhasil menjual hingga dua ribu porsi saban hari. Omzet yang dikantongi satu resto bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp30 juta per hari. Wow!

Namun, siapa sangka pendirinya adalah seorang tamatan SD? Sang pendiri “ Empal Gentong H. Apud” ini adalah Mahfud Abbas. Pria ini merintis bisnis empal gentong pada tahun 1994-an.

“ Saya merintis bisnis ini dari nol besar,” kata pria yang akrab dipanggil Pak Apud ketika ditemui di resto Empal Gentong Pak Apud di Cirebon, Jawa Barat, pekan lalu.

Modal ini digunakan untuk membeli daging 5 kilogram kala itu. Sayangnya, dia terseok-seok ketika menjalani bisnis empal gentong.

“ Selama 12 tahun, masih terseok-seok. Empat hari (dapat untung), tiga hari rugi. Tiga hari dapat untung, empat hari rugi. Gitu aja terus 12 tahun,” kata dia.

Semula, Apud mengajak rekan pedagang empal gentong keliling untuk bekerja sama membuka warung. Selain bisa patungan, dia juga ingin belajar cara membuat empal gentong yang lezat nan menggoyang lidah. Sayangnya, mereka pecah kongsi. Tinggallah Apud bersolo karier menjalankan bisnisnya.

“ Waktu itu, harga per porsinya Rp1.500,” kata dia.

2 dari 4 halaman
Komentar
Beri Komentar
NAGITA SLAVINA DITANTANG LANTUNKAN AYAT ALQURAN
Join Dream.co.id
Prabowo Sebut Munculnya Teknologi Bisa Ancam Kekayaan Indonesia