Kereta LRT Tabrakan Saat Uji Coba, KAI dan Adhi Karya Angkat Bicara

Dinar | Senin, 25 Oktober 2021 18:34

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dua rangkaian kereta bertabrakan di jalur layang Cibubur.

Dream – Manajemen PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) membenarkan terjadinya kecelakaan kereta light rail transit (LRT) yang sedang menjalani masa uji coba. Dua rangkaian kereta ini bertabrakan di jalur layang Cibubur.

VP Public Relation KAI, Joni Martinus, mengatakan kereta yang mengalami kecelakaan tersebut tengah diujicoba oleh operator teknisi PT INKA.

“ Kejadian tersebut dalam rangka uji coba teknis yang dilakukan oleh operator teknisi PT INKA,"  Joni kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Senin 25 Oktober 2021. 

 

Sekadar informasi, KAI nantinya akan ditunjuk sebagai operator LRT ketika moda transportasi baru tersebut sudah rampung dan resmi beroperasi.

Menurut Joni, perseroan tak bisa menjelaskan lebih lanjut terkait kecelakaan LRT yang masih dalam tahap uji coba tersebut. Dia hanya meminta awak media meminta penjelasan dari manajemen INKA.

" Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan konfirmasi dengan PT INKA,” katanya.

Sementara itu Corporate Secretary PT Adhi Karya, Farid Budiyanto mengaku pihaknya tengah mendalami kecelakaan LRT Jabodebek di lintas Cibubur, Jakarta Timur tersebut. Dalam proyek tersebut, perusahaan bertugas sebagai penyedia prasarana.

" Saat ini kami masih mencari informasi lengkapnya, mengingat uji coba kereta merupakan ranah INKA dan KAI sedangkan ADHI sebagai penyedia prasarana," kata Farid dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Farid, perusahaan tengah berkomunikasi dengan KAI guna merndalami penyebab kecelakaan tersebut. " Kami sedang komunikasikan dengan PT KAI dan INKA untuk mendalami kejadian tersebut ya," kata dia.

(Sah)

Kereta LRT Tabrakan Saat Uji Coba, KAI dan Adhi Karya Angkat Bicara
Dua Rangkaian LRT Tabrakan Di Jalur Layang Cibubur. (Foto: Akun Instagram @jktinfo)
2 dari 4 halaman

LRT Jabodebek Alami Kecelakaan di Jalur Layang Cibubur, Ini Fotonya

Dream - LRT Jabodebek yang sedang diuji coba mengalami kecelakaan di jalur layang Cibubur. Dua rangkaian bertabrakan satu sama lainnya.

 LRT Jabodebek Alami Kecelakaan di Jalur Layang Cibubur, Ini Fotonya© Dream

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Gatot Sulaiman, membenarkan terjadinya kecelakaan tersebut. Tim Damkar telah bergerak ke lokasi.

" Betul, Damkar kita luncurkan satu unit dari rescue dari sektor Cipayung untuk menset-up lokasi," ujar Gatot, dikutip dari Merdeka.com.

3 dari 4 halaman

Dua Kereta Bertabrakan

Kejadian tersebut sempat terekam kamera dan viral di media sosial. Akun Instagram @jktinfo mengunggah foto menunjukkan dua kereta rangkaian LRT yang mengalami tabrakan.

Terlihat satu kereta mengalami ringsek. Sementara kereta lainnya sampai masuk ke bagian dalam kereta.

Belum ada informasi mengenai penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

© Dream
4 dari 4 halaman

Ini Fotonya

      View this post on Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAKARTA INFO (@jktinfo)

Join Dream.co.id