Lonjakan Kasus di India Pangkas Jatah Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

Dinar | Selasa, 6 April 2021 14:13

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Harusnya dapat 11 jutaan dosis vaksin. Tapi yang didapat…

Dream – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menngungkapkan Indonesia mendapatkan bantuan vaksin Covid-19 dari GAVI-COVAX sebanyak 11,7 juta dosis. Namun, lonjakan kasus Covid-19 di India membuat jatah vaksin gratis yang didapatkan Indonesia menurun drastis.

“ Gara-gara ada lonjakan kasus di India, India mengembargo vaksin. Kita kehilangan 10 juta dosis yang seharusnya diperoleh dari kerja sama dengan GAVI,” kata Budi Gunadi dalam webinar “ Forum Indonesia Bangkit: Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi”, Selasa 6 April 2021.

Sekadar informasi, COVAX-GAVI merupakan kerja sama pengembangan vaksin antara World Health Organization dengan Aliansi Vaksin Dunia (GAVI). Rencananya, Indonesia mendapatkan 11,7 juta dosis secara gratis. Namun, yang didapatkan Indonesia malah di bawah 2 juta dosis.

“ Rencananya dapat 11,7 juta vaksin, tapi kita dapat 1,3 juta-1,4 juta, kemudian sisanya berhenti,” kata dia.

Lonjakan Kasus di India Pangkas Jatah Vaksin Covid-19 untuk Indonesia
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Menyebut Lonjakan Kasus Di India Berujung Kepada `pemangkasan` Jatah Vaksin COVID-19 Untuk Indonesia.
2 dari 2 halaman

Berharap Pada Bio Farma

Budi Gunadi mengatakan, rencananya, pada Maret-April, ketersediaan vaksin COVID-19 sebanyak 15 juta per bulan. Dengan begitu, vaksinasi bisa diberikan sebanyak 500 ribu dosis per hari. Tapi, lonjakan kasus di India membuat realisasi rencana terasa sulit.

“ Kemudian, bulan April ini sangat sulit masanya karena jumlah vaksin sedikit,” kata dia.

Namun, lanjut wakil menteri BUMN, rencananya produksi vaksin COVID-19 oleh PT Bio Farma (Persero) bisa meningkat kembali. “ Dengan begitu, lajunya bisa kita tingkatkan,” kata dia.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id