Daftar Pesohor yang Gelorakan Aksi Galang Dana Lawan Covid-19

Dinar | Jumat, 3 April 2020 19:36
Daftar Pesohor yang Gelorakan Aksi Galang Dana Lawan Covid-19

Reporter : Ulyaeni Maulida

Bersama-sama bantu lawan Covid-19. Berikut daftar publik figur yang bantu galang dana untuk melawan Covid-19.

Dream – Indonesia masih berjuang mengurangi penyebaran virus corona Covid-19. Masyarakat Indonesia bahu membahu memberikan bantuan yang bisa mereka berikan. Pemerintah sendiri terus mengambil langkah cepat menekan penyebaran virus Covid-19 dengan menyediakan alat perlindungan diri untuk tenaga medis yang berada di garda terdepan membantu menyelamatkan para pasien.

Di sisi lain, publik berupaya membantu mencegah penularan virus corona dengan berdiam diri di rumah. Sebagian lagi aktif menggalang donasi untuk menyediakan APD atau membagikan kebutuhan pokok untuk masyarakat kecil yang terdampak efek wabah corona.

Kalangan figur publik dengan popularitasnya turut menggelorakan semangat untuk membantu mencegah penularan covid-19 lewat aksi penggalangan dana atau memberikan sumbangan dari dompet sendiri. 

Berikut beberapa figur publik Indonesia yang tergerak membantu membuka donasi untuk melawan Covid-19.

2 dari 6 halaman

Rachel Vennya

      Lihat postingan ini di Instagram

Masya Allah, Masya Allah, menyentuh angka Rp 414.282.128 dalam 5 jam, aku merinding & terharu pdhl target awal 100jt, skrg udh mau memasuki 500jt! dari kmrn emg mikirin ini dan pengen bikin fundraising sendiri, tp mikir udalah kan udh ada yg bikin, sampe akhirnya aku chat sama @faniakhamada dan kt punya kekhawatiran yg sama dan bilang kalo aku bisa kok bikin fundraising lagi! Oke aku coba dengan bismillah.. walaupun aku udh bikin, aku berharap bgt yg lain juga bikin, krn disini kt lagi berkolaborasi untuk melawan Covid-19 Aku gak mau blg “followers” aku artinya “fans” krn aku masih berada di titik aku blm pantas dijadikan inspirasi bagi siapapun, jd aku akan blg kalo ini kolaborasi aku dgn temen2 online aku, dan teman2 online aku emang terbukti baik, punya empati yg tinggi! Aku akan buka terus donasi ini Insyaa Allah sampai benar2 covid-19 hilang dari negara kita, (semoga) dari bumi kita juga. Mungkin di angka yg terlihat besar ini dirasa udh cukup, enggak guys ???? aku udh berunding gimana “cara” kt menyalurkan dana ini dgn baik, kita coba open discussion di DM buat org2 yg tau info RS yg membutuhkan & distributor alat2 medis, isinya... jujur sedih tapi kesedihan ini menjadikan kita bersatu untuk sama2 menolong sesama, bukan cuma sesama tp diri kita sendiri dan orang sekitar. Kalian bisa mulai dgn 1000 rupiah! Bayangin 5 jam udh segini, kalau 2 minggu? Dan ini baru 11ribu donatur!!Yuk! https://kitabisa.com/campaign/bersamacegahcovid19 ?? @kitabisacom

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rachel Al-Hakim (@rachelvennya) pada

Rachel Vennya adalah salah satu influencer yang menjadi penggagas penggalangan dana. Ia membuka donasi melalui platform Kitabisa.com. Donasi tersebut akan diberikan ke sejumlah rumah sakit yang membutuhkan peralatan medis. Ia juga memberikan donasi tersebut kepada Palang Merah Indonesia.

Ia sangat berterimakasih kepada masyarakat Indonesia yang ikut memberikan donasi. Donasi yang terkumpul sangat membantu untuk melawan Covid-19. Terutama bagi para medis yang berada di garda terdepan dalam penanganan virus Covid-19.

3 dari 6 halaman

Atta Halilintar

      Lihat postingan ini di Instagram

Saya Atta Halilintar. Mulai Hari ini Aku mendedikasikan Penghasilan Youtube ku Untuk para Pejuang Nafkah Melawan Virus Corona COVID-19 ?? Mungkin kita tidak bisa seperti Mereka. Tapi kita bisa membantu mereka! ???? #MaretAprilUntukParaPejuang #TolongMenolongLawanCorona *

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada

Youtuber sekaligus influencer, Atta Halilintar juga ikut serta dalam  membantu melawan virus Covid-19. Tak berbeda jauh dari Rachel, Atta membantu penggalangan dana untuk menyediakan alat perlindungan diri (APD) bagi para tenaga medis.

Selain itu, dalam unggahannya di aku instagram-nya, Atta juga mengungkapkan akan menggunakan donasi tersebut untuk menyediakan sembako bagi masyarakat yang mungkin tak bisa bekerja selama wabah Covid-19.

4 dari 6 halaman

Arief Muhammad

      Lihat postingan ini di Instagram

Lapor, teman-teman. . Uang hasil donasi kita kemarin sudah mulai digunakan. 1) untuk pembelian 1000 hazmat suit, dibagikan ke RS daerah2 yang membutuhkan, tidak cuma di Jakarta. 2) karna ngeliat foto2 tenaga medis kecapean yg beredar, gue kepikiran untuk beliin mereka makanan dan cemilan yg enak. supaya moodnya bisa naik lagi. 3) 1000 paket sembako untuk yg membutuhkan. 4) multivitamin. 5) 10 Alat cuci tangan sbg pencegahan penyebaran virus. 6) Pembuatan 50 bilik disinfektan yg akan disebar di berbagai titik. . Terima kasih banyak untuk semua yg sudah terlibat. Terima kasih, yaa. Tapi perjuangan belum selesai, masih banyak yang butuh bantuan kita. Kalau pun belum bisa bantu secara materi, bantu dengan stay di rumah nggak ke mana2 juga udah cukup, kok. Tolong, yaa. ????????

Sebuah kiriman dibagikan oleh ariefmuh (@ariefmuhammad) pada

Rachel Vennya nampaknya telah berhasil memotivasi influencer lainnya untuk melakukan aksi serupa. Arief melalui akun instagram-nya, mengajak para pengikutnya untuk berdonasi melawan Covid-19.

Ia mengungkapkan bahwa donasi yang terkumpul akan ia gunakan untuk membeli hazmat. Hazmat tersebut akan ia donasikan bagi para tenaga medis di rumah sakit yang membutuhkan. Tidak hanya di Jakarta.

Selain itu, uang hasil donasi juga akan digunakan untuk membeli paket sembako bagi yang membutuhkan. Dan juga untuk membeli multivitamin, alat cuci tangan hingga disinfektan yang akan disebar diberbagai lokasi.

 “Orang baik mah banyak ya… Ini sekaligus bukti kalau uang kecil dikumpulin bareng-bareng bisa jadi banyak dan bermanfaat juga,” ujar Arief dalam postingan di akun Instagram-nya

5 dari 6 halaman

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

      Lihat postingan ini di Instagram

Alhamdulillah APD sudah siap untuk disalurkan. Semoga besok udah bisa atau lusa. Makasi bgt buat puluhan ribu org baik yg udh bantu .. Bismillah. Link di bio untuk detailnya ya.. ??????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Raffiahmad Nagitaslavina1717 (@raffinagita1717) pada

Raffi dan Gigi juga ikut membuka donasi melalui platform Kitabisa.com. Ia mengajak para pengikutnya untuk ikut menjadi bagian dari puluhan #orangbaik yang ikut berdonasi.

Donasi yang terkumpul akan diberikan kepada tenaga medis. Bantuan tersebut berupa suplai makanan yang akan disalurkan secara bertahap selama 10 hari ke 10 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jogja dan Solo.

Sementara untuk bantuan di jabodetabek akan langsung di berikan setelah penggalangan dana.

“Dukung dan doain kita terus ya,” ungkapnya dilaman Instagram miliknya.

6 dari 6 halaman

Andovi da Lopez

      Lihat postingan ini di Instagram

Jam 14:00 WIB di SkinnyIndonesian24 gua akan livestreaming bersama @davidbeatt (dan ini kemungkinan akan makan waktu 12 jam lebih) Kalian bisa donasi juga pakai metode pembayaran apapun melalui bit.ly/KBBILawanCorona Terima kasih atas support dari @pedulisehatindonesia #LawanCovid19 #IndonesiaMelawanCorona #CharityFromHome

Sebuah kiriman dibagikan oleh Andovi da Lopez (@andovidalopez) pada

Youtuber Andovi da Lopez melakukan penggalangan dana dengan cara yang berbeda. Ia membacakan isi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hingga selesai. Hal itu ia siarkan langsung melalui laman youtube-nya skinnyIndonesian24. Dimana semua hasil adsense videonya akan disumbangkan kepada tenaga medis dan orang yang membutuhkan.

“Halo teman-teman semua. Akhir-akhir ini liat berita tentang Covid-19 cukup mengkhawatirkan. Apalagi update pasien positif Covid-19 yang terus bertambah. Kami mulai berpikir apa yang bisa kami lakukan di situasi seperti ini,” ungkap Andovi dalam deksripsi akun youtube-nya.

Hasil donasi yang terkumpul, rencananya akan disalurkan kepada Yayasan Peduli Sehat. Gotong royong dan akan digunakan untuk keperluan lainnya. Seperti memberikan bantuan masker, hand sanitizer serta alat perlindungan lainnya bagi tenaga medis di rumah sakit rujukan Covid-19.

Join Dream.co.id