Pesawat Boeing 737 Max 8 Bakal Hilang dari Langit Indonesia?

Dinar | Jumat, 15 Maret 2019 07:15
Pesawat Boeing 737 Max 8 Bakal Hilang dari Langit Indonesia?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Semula, jet komersial ini hanya dilarang terbang sementara.

Dream – Pemerintah menetapkan pelarangan permanen untuk pengoperasian pesawat Boeing 737 Max 8 di Indonesia. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan hanya memberikan jangka waktu seminggu larangan terbang untuk keperluan pemeriksaan.

Larangan permanen juga sudah dilakukan oleh otoritas penerbangan Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA).

“ Ban (larangan) permanen sampai ada suatu arahan internasional. Pagi ini, FAA sudah melakukan otoritas penerbangan Amerika Serikat, FAA,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kepada Merdeka.com, di Bandara Depati Amir, Bangka Belitung, dikutip dari Merdeka.com, Jumat, 14 Maret 2019.

Budi mengatakan, saat ini, pemerintah masih mengecek Boeing 737 Max 8 yang ada di Indonesia. Jika tim perhubungan udara menemukan permasalahan di mesin pesawat, pemerintah akan memanggil Boeing untuk dimintai penjelasan.

Keputusan pelarangan selamanya dimungkinkan setelah pemerintah mengkaji penjelasan dari pihak Boeing.

“ Tentu kita komunikasi. Kalau menemukan sesuatu, kita harus memberikan kesempatan Boeing untuk menjelaskan. Jadi, tidak langsung,” kata Budi disinggung soal kemungkinan melarang permanen penggunaan pesawat Boeing 737 Max

Budi memastikan segala perkembangan dan keputusan sudah dan akan dikomunikasikan dengan pihak maskapai pemakai Boeing di Tanah Air. Selama ini, para pengelola maskapai penerbangan di Tanah Air juga menekankan faktor keselamatan penumpang sebagai prioritas utama.

“ Kami intens dengan Garuda Indonesia dan Lion Air komunikasi dan mereka komit dengan apa yang kami putuskan karena ini menyangkut keselamatan,” kata dia.

Summer Style 2019
Join Dream.co.id