Laju Bisnis Tahun Ini Diprediksi Bakal Cerah

Dinar | Kamis, 4 Maret 2021 07:33
Laju Bisnis Tahun Ini Diprediksi Bakal Cerah

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Laju bisnis akan cerah terlihat dari membaiknya perekonomian Indonesia.

Dream - Pandemi Covid-19 memang belum usai. Namun Standard Chartered Bank Indonesia optimistis kinerja bisnis membaik pada 2021, apalagi pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memuliskan ekonomi.

 

Head of Consumer, Private and Business Banking, Standard Chartered Bank Indonesia, Jeffrey Tan, menjelaskan, kinerja lini usaha perbankan konsumen atau ritel Standard Chartered tetap baik.

Standard Chartered Bank Indonesia melihat ada pertumbuhan di segmen ritel yang mencakup priority banking, wealth management, kartu kredit, CASA, dan penyaluran kredit di 2020, dengan para nasabah semakin berpindah ke layanan digital. Digitalisasi memiliki peranan penting terutama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

" Kami optimistis terhadap 2021 dan kami akan terus menguatkan penawaran di segmen menengah ke atas melalui berbagai kampanye, pengayaan portofolio produk, dan layanan nasabah yang prima, serta di saat yang bersamaan menjaga budaya kepatuhan yang kuat dan tata kelola perusahaan yang baik," kata Jeffrey, dalam konferensi pers virtual, Rabu 3 Maret 2021.

2 dari 5 halaman

Jeffrey menambahkan, Standard Chartered berencana menggelar acara tahunan World of Wealth (WOW), sebelumnya bernama Wealth on Wealth ke-17, dan untuk pertama kalinya akan dilaksanakan secara daring.

Acara ini sebagai rujukan bagi para nasabah dalam membuat keputusan investasi, pengelolaan kekayaan, dan arahan kebijakan perusahan milik para nasabah.

Acara itu diharapkan akan menggugah pikiran nasabah serta menggagas perspektif baru dalam perencanaan keuangan mereka, setelah menjalani hampir setahun penuh tantangan demi menyongsong pemulihan pascapandemi yang berangsur namun pasti.

" WOW tahun ini merupakan momen penting dengan sejumlah hal perdana didalamnya, seperti perdana dilaksanakan secara daring, dan perdana kami hadirkan tampilan brand baru kami yang berevolusi kembali setelah terakhir dilakukan pembaruan 18 tahun lalu," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Spesifik di bidang usaha wealth management, Head of Wealth Management Standard Chartered Bank Indonesia Meru Arumdalu mengatakan, dalam dua tahun terakhir Standard Chartered secara konsisten menambahkan lebih banyak pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Tahun ini, lanjutnya, bisnis wealth management akan memperluas pilihan produk dengan prinsip berkelanjutan/ESG, produk offshore atau yang berorientasi USD -selain dari pilihan ekstensif produk dalam negeri/rupiah- dengan fokus industri yang akan lebih condong ke sektor teknologi.

" Di segmen bancassurance, kami akan meluncurkan produk perlindungan dan investasi yang memungkinkan fluiditas yang lebih tinggi dan manajemen arus kas yang lebih baik untuk klien. Secara keseluruhan, kami meneruskan upaya kami untuk secara konsisten menawarkan lini produk keuangan holistik, berorientasi gaya hidup, dan berpusat pada nasabah," pungkasnya.

4 dari 5 halaman

Standard Chartered Fasilitasi Modal Kerja INKA US$ 20 Juta

Dream - Standard Chartered Bank menyediakan fasilitas modal kerja sebesar US$ 20 juta sekitar Rp 266,96 miliar kepada PT Industri Kereta Api (Persero). Fasilitas itu diharapkan bisa mendukung produk INKA terutama dalam mendorong pertumbuhan infrastruktur dalam negeri.

" Kerja sama ini sekaligus menjadi wujud nyata Bank dalam mendukung program strategis nasional yang kami yakini akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini juga sejalan dengan salah satu fokus Bank yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan melalui kapabilitas yang kami miliki,” ujar CEO Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Donosepoetro dalam keterangan tertulis seperti diperoleh Dream, Senin, 14 Agustus 2017.

Menurut Rino, selain fasilitas modal kerja, perusahaan juga siap memberikan dukungan teknis lain kepada INKA berupa pemanfaatan footprint global Bank bagi proyek-proyek strategis untuk penyediaan infrastruktur yang aman, dapat diandalkan, serta terjangkau bagi semua orang.

5 dari 5 halaman

Memanfaatkan jaringan global yang dimiliki, Standard Chartered Bank siap membantu pemerintah dalam percepatan program strategisnya. " Keberadaan Standard Chartered sebagai satu-satunya bank internasional dengan kantor di 10 negara ASEAN, juga turut membantu pertumbuhan kinerja INKA sebagai produsen kereta satu-satunya di Asia Tenggara,” tutup Rino.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan SDM INKA, Mohammad Nur Sodiq mengatakan kerjasama ini merupakan salah satu langkah untuk membanguna kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan internasional.

" Kami percaya, kerja sama ini dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga mempercepat pertumbuhan dan pembangunan industri nasional," ujarnya.

Untuk diketahui, INKA adalah BUMN yang bergerak di bidang manufaktur kereta api. INKA memproduksi berbagai jenis kereta seperti kereta penumpang, kereta barang, LRT, KRL hingga lokomotif. Selain memasok kebutuhan kereta api domestik di Indonesia khususnya KAI, saat ini INKA juga mengekspor kereta ke berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura dan Bangladesh.

Join Dream.co.id