Mana Lebih Harmonis, Istri Atur Duit Keluarga atau Bareng Suami?

Dinar | Kamis, 4 April 2019 12:30
Mana Lebih Harmonis, Istri Atur Duit Keluarga atau Bareng Suami?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ternyata cara mengatur keuangan keluarga bisa menentukan keharmonisan rumah tangga?

Dream - Setiap orang sebaiknya memiliki keterampilan mengatur keuangan yang baik. Kalau tak memilikinya, yang bersangkutan bisa mengalami kesulitan finansial dalam hidup.

Keterampilan ini perlu dibangun sejak dini karena akan sangat berguna ketika dewasa.

Akan tetapi, mengatur keuangan pribadi dan pernikahan sudah tentu berbeda. Harus ada penyesuaian mengatur keuangan agar tidak menimbulkan masalah yang bisa membahayakan hubungan cinta.

Lalu, bagaimana caranya mengatur keuangan agar hubungan cinta tetap harmonis?

Dikutip dari Fimela, Rabu 3 April 2019, sebuah penelitian dari jurnal Sex Roles menemukan bahwa pasangan yang mengatur keuangan rumah tangga bersama-sama ternyata memiliki pernikahan yang bahagia dan teratur daripada yang hanya menentukan satu pihak yang menjadi pengatur keuangan rumah tangga.

Penelitian yang dilakukan oleh Ashley B. LeBaron dan tim mengikuti 500 keluarga. Penelitian ini menunjukkan pasangan yang menjadikan satu uang mereka dan mengatur bersama keperluan rumah tangga, memiliki hubungan cinta yang lebih stabil, kuat, dan memuaskan.

Rata-rata keluarga yang diteliti adalah pasangan yang menikah lebih dari 11 tahun.

2 dari 2 halaman

Alasannya Sederhana

Ashley menyebut kedua pihak saling tahu ke mana perginya uang. Ada kejelasan dan kesepahaman bagaimana menggunakan uang.

Ketika kedua belah pihak terlibat dalam proses keuangan, mereka akan merasa berdaya, memiliki kualitas hubungan yang stabil yang tinggi.

Jika ingin hubungan cinta yang stabil, lebih baik menanggung bersama keuangan rumah tangga daripada melimpahkannya kepada istri atau suami.(Sah)

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id