Berpose Bak Model di Titik Nol Ibu Kota Baru, Lihat Gaya Dua Menteri Jokowi

Dinar | Jumat, 7 Januari 2022 18:47

Reporter : Alfi Salima Puteri

Menteri Keuangan Sri Mulyani didampingi dengan Menteri PUPR mengunjungi titik nol ibu kota negara baru di Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Dream - Pemerintah semakin giat melanjutkan proses pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur yang diharapkan tahap awalnya terealisasi pada tahun 2024. Keseriusan itu diperlihatkan dua menteri Kabinet Indonesia  Maju yang meninjak titik nol salah satu titik pembangunan kawasan ibu kota baru.

Kedua menteri tersebut adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Keduanya melihat langsung prasasti titik nol IKN yang i Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Usai melakukan peninjauan ke lokasi, Menkeu menyebut pembangunan ibu kota baru akan menghadapi tantangan yang rumit.

Momen peninjauan dua menteri yang sudah bergabung sejak kabinet presiden Joko Widodo periode pertama ini terekam dalam beberapa unggahan foto yang dimuat akun Instagram pribadi @smindrawati pada Jumat, 7 Januari 2022.

" Pak Basuki Menteri PUPR beserta tim @kemenpupr menjelaskan kepada saya mengenai rancangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi Penajam Paser, Kalimantan Timur," tulis Sri Mulyani dalam keterangan unggahannya.

Berpose Bak Model di Titik Nol Ibu Kota Baru, Lihat Gaya Dua Menteri Jokowi
Foto: Tangkapan Layar Akun Instagram @smindrawati
2 dari 4 halaman

Dalam foto yang diunggah di akun instagram pribadinya @smindrawati, terlihat titik nol ibu kota baru masih dikelilingi lembah dan hutan.

Sri Mulyani mengatakan, titik nol tersebut nantinya akan menjadi referensi koordinat lokasi pembanguan kompleks istana negara dan pusat pemerintahan. Pembangunannya kemudian akan meluas secara bertahap.

" Ini merupakan proses pembangunan Ibu Kota Negara baru yang luar biasa rumit dan menantang," katanya.

Sri Mulyani menyebutkan tantangan pembangunan ibu kota baru adalah bagaimana tetap menjaga lingkungan, hutan, dan keanekaragaman hayati, termasuk satwa.

Pembangunan ibu kota negara baru juga harus berorientasi pada masa depan yang modern, berbudaya, dan beradab serta mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

3 dari 4 halaman

" Dari segi pembiayaan dan keuangan negara, juga perlu dirancang secara cermat dan hati-hati agar tujuan pembangunan IKN dapat tercapai namun tetap terjaga stabilitas dan sustainabilits keuangan negara," imbuh Sri Mulyani.

Meski demikian, Kementerian Keuangan sendiri belum menyediakan anggaran khusus untuk pembangunan IKN. Direktorat Jenderal Anggaran sebelumnya mengatakan, kejelasan anggaran baru akan terlihat setelah RUU Ibu Kota Negara (IKN) disahkan. RUU Ibu Kota Negara kini masih dalam proses pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

" Landasan hukum yang kuat dan baik dalam bentuk RUU IKN sedang dibahas oleh Pemerintah dan DPR dengan masukan dari berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat luas," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Tak hanya menjelaskan detail tentang proyek pembangunan IKN baru di Kaltim, Sri Mulyani dan Basuki juga menyempatkan berpose di tugu titik nol tersebut. 

Bak model, keduanya berpose di titik nol tersebut dengan beberapa pose. Salah satunya adalah gaya Sri Mulyani duduk di atas tugu nol tersebut didampingi Budi yang berpose di belakangnya. 

Dua foto lainnya memperlihatkan dua menteri terlama di kabinet Jokowi ini berpose menunjuk tugu titik nol dari jarak yang cukup jauh. 

      View this post on Instagram      

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

 

Join Dream.co.id