Di Tengah Pandemi Corona, BCA Kantongi Laba Bersih Rp6,6 Triliun

Dinar | Rabu, 27 Mei 2020 19:30
Di Tengah Pandemi Corona, BCA Kantongi Laba Bersih Rp6,6 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Laba bersihnya naik dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Dream – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengantongi laba bersih sebesar Rp6,6 triliun pada kuartal I 2020. Angka ini naik 8,6 persen secara year on year yang sebesar Rp6,06 triliun pada kuartal I 2019.

Pada Rabu 27 Mei 2020, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan, pertumbuhan pendapatan operasional sebesar 17,3 persen yoy menjadi Rp19,6 triliun. Pertumbuhan ini didukung oleh peningkatan kredit dan kinerja CASA yang bagus.

“ Posisi keuangan yang kokoh menjadi pondasi yang kuat bagi kami menghadapi ketidakpastian akibat pandemi Covid-19,” kata Jahja di Jakarta.

Per Maret 2020, portofolio kredit naik 12,3 persen yoy menjadi Rp612,2 triliun. Pertumbuhan tersebut terutama didukung oleh kredit korporasi yang meningkat 25,4 persen YoY menjadi Rp260,4 triliun. Sementara itu, kredit komersial dan UKM naik 5,0 persen YoY menjadi Rp191,2 triliun.

Kredit konsumer tumbuh moderat sebesar 3,0 persen yoy menjadi Rp154,9 triliun sejalan dengan tren pertumbuhan pembelian rumah dan otomotif yang lambat. Pada segmen kredit konsumer, KPR tumbuh 7,0 persen menjadi Rp92,5 triliun; kredit kendaraan bermotor turun 2,1 persen yoy menjadi Rp47,2 triliun, dan outstanding kartu kredit turun 3,7 persen yoy menjadi Rp12,4 triliun.

Pada periode yang sama, pembiayaan Syariah meningkat 19,8 persen yoy menjadi Rp5,7 triliun. Dari perspektif Sustainable Finance, portofolio pembiayaan untuk kegiatan usaha berbasis lingkungan mencapai Rp118,6 triliun pada akhir Maret 2020, tumbuh 17 persen yoy.

Pada Maret 2020, dana CASA BCA tumbuh 17,3 persen yoy, mencapai Rp568,5 triliun dan berkontribusi sebesar 76,7 persen dari total dana pihak ketiga. Jumlah rekening juga menunjukkan tren kenaikan, yaitu sebesar 13,7 persen YoY mencapai 22 juta rekening karena turut didukung layanan pembukaan rekening online. Deposito tumbuh tinggi sebesar 15,1 persen YoY mencapai Rp172,5 triliun, meskipun terdapat tren penurunan suku bunga deposito. Total dana pihak ketiga meningkat 16,8 persen yoy menjadi Rp741,0 triliun. Posisi likuiditas kuat dengan rasio LDR sebesar 77,6 persen.

“ Posisi permodalan BCA solid dengan likuiditas yang sehat. Sepanjang triwulan I 2020 kami mencatat pertumbuhan kredit yang positif secara triwulanan terutama didukung segmen korporasi, dibandingkan dengan pertumbuhan QoQ yang negatif pada Maret tahun lalu,” kata dia.

2 dari 4 halaman

BCA Siapkan Rp39 Triliun untuk Lebaran Tahun Ini

Dream – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyiapkan uang tunai Rp39 triliun untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri tahun ini. BCA juga mendorong nasabahnya untuk memanfaatkan digital banking untuk bertransaksi saat pandemi Covid-19.

“ Mempertimbangkan situasi saat ini, kami mendorong nasabah untuk menggunakan digital banking dalam melakukan transaksi perbankan,” kata Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 21 Mei 2020.

Jahja mengatakan nasabah bisa memanfaatkan layanan channel electronic banking BCA, seperti mobile banking, internet banking, dan 17.928 ATM. Transfer uang juga dipermudah dengan fitur QR di BCA Mobile dan Sakuku.

“ Tidak perlu menghapal atau mengetik nomor rekening. Cukup share dan scan QR,” kata dia.

Sementara itu, bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran uang tunai dapat menggunakan mesin ATM Setor Tarik BCA yang telah tersebar di berbagai lokasi. Atau memanfaatkan fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu yang dapat diakses melalui BCA mobile dan Sakuku.

 

 BCA Siapkan Rp39 Triliun untuk Lebaran Tahun Ini© Dream

 

“ Bagi nasabah yang harus melakukan transaksi di Cabang atau ATM, gunakan selalu masker dan jaga jarak fisik,” tambah Jahja.

Nasabah juga makin dimudahkan saat mengakses contact center Halo BCA. Selain menghubungi nomor 1500888, nasabah dapat menghubungi WhatsApp Bank BCA dengan mengetik #halobca di nomor WhatsApp 0811 1500 998 atau melalui layanan Halo BCA Chat di www.bca.co.id. Nasabah juga bisa menanyakan lokasi ATM terdekat atau promo terkini melalui chatting dengan VIRA melalui aplikasi LINE, Google Assistant, dan Facebook Messenger.

3 dari 4 halaman

Bisa Kirim Uang hingga Kontrol Transaksi

BCA menawarkan beragam cara untuk berbagi saat momen spesial. Misalnya, lanjut Jahja, mengirim uang ke banyak orang melalui BagiBagi di BCA mobile dan Sakuku. Dengan fitur ini, nasabah tak perlu repot untuk transfer berkali-kali.

“ Cukup gunakan fitur BagiBagi di BCA mobile. Jumlah uang yang sama atau berbeda kepada banyak orang dalam sekali waktu dapat terkirim dengan cepat dan aman. Kirim THR jadi mudah dan aman,” kata dia.

Bank ini juga menebar program Ramadan seperti diskon di marketplace, fesyen, gaya hidup, telekomunikasi, hiburan, sampai kesehatan. Pihaknya juga mempersilakan nasabah untuk mengontol transaksi debit di mobile banking.

“ Mudah dan aman. Kamu juga bisa mengontrol transaksi perbankan domestik dan internasional, mengatur limit, dan memblokir kartu hanya dengan satu genggaman smartphone lewat BCA mobile,” kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Ini Jadwal Operasional Bank

Berikut ini adalah penyesuaian kegiatan operasional kantor cabang selama momen Idul Fitri 2020.

22 Mei 2020: Seluruh kantor cabang BCA tidak beroperasi
22 Mei 2020: Transaksi B2B Pertamina tetap dapat dilayani di 10 kantor cabang BCA, yakni: KCU Matraman, KCU Galaxy, KCU Palembang, KCU Denpasar, KCU Malang, KCU Bandung, KCU Semarang, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Medan, serta KCU Madiun
23-24 Mei 2020: Layanan Weekend Banking tidak beroperasi
23 Mei 2020: Transaksi B2B Pertamina tetap dapat dilayani di KCU Blitar
26 Mei 2020: Kantor cabang beroperasi kembali dengan pengaturan buka/tutup sementara

“ Kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin,” tutup Jahja.

Terkait
Join Dream.co.id