Positif Covid-19 Karena Sukarela Dites, Warga Diberi Hadiah Rp22 Juta

Dinar | Rabu, 19 Januari 2022 17:35

Reporter : Alfi Salima Puteri

Jika masyarakat di kota ini berinisiatif untuk dites covid-19 saat merasakan gejala, dan hasilnya positif maka pemerintah kota akan memberikan uang sebesar Rp22 Juta.

Dream - China membat strategi baru untuk melawan pandemi Covid-19 yang dipicu varian Omicron. Harbin, salah satu kota di China menawarkan sejumlah uang kepada masyarakat yang mau terlibat dalam kegiatan penelusuran sumber virus (tracing).

Sebagai imbalannya, pemerintah kota tersebut akan membayar uang senilai US$1.570 atau sekitar Rp22,5 juta kepada mereka yang diketahui positif Covid-19 lewat tracing tersebut.

Dilansir dari Insider, pemerintah kota tersebut juga akan memberikan penghargaan kepada warga yang mau mengikuti tes ketika merasakan gejala paparan Covid-19.

Dari surat pemberitahuan di seluruh kota yang disebar 4 Desember dan dilihat laman Insider, pemerintah Harbin hanya akan memberi penghargaan kepada mereka yang mandiri mengikuti program tersebut, tanpa diminta atau dikontak terlebih dahulu.

“ Kami mengimbau warga untuk memperhatikan berita-berita di mana kasus positif Covid-19 muncul. Jika Anda menunjukkan gejala Covid-19 seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, kelelahan, kehilangan penciuman atau perasa, nyeri otot, atau diare, segera pergi tes bukan mengobatinya sendiri. Pakai masker dan pergi ke klinik terdekat, dan beri tahu kami ke mana kalian telah bepergian dan dengan siapa saja melakukan kontak," bunyi pemberitahuan tersebut.

Positif Covid-19 Karena Sukarela Dites, Warga Diberi Hadiah Rp22 Juta
Foto: Insider
2 dari 5 halaman

“ Jika secara inisiatif masyarakat melapor saat merasakan gejala dan mengunjungi fasilitas kesehatan, mereka yang dites dan mendapat hasil positif Covid-19 akan diberi hadiah 10.000 yuan Tiongkok (Rp22,5 juta)," kata pemberitahuan tersebut.

Secara konsisten, pemerintah kota Harbin telah mendeteksi kurang dari 10 kasus per hari selama seminggu terakhir.

Pada 5 Desember, kota itu melaporkan tujuh kasus virus corona baru. Namun, orang-orang tersebut tidak menerima hadiah uang karena mereka dikontak melalui pengujian rutin dan pelacakan kontak.

China saat ini berusaha menekan wabah puluhan kasus kluster Covid-19 di Beijing dan Shanghai. Namun, kasus Covid-19 yang dilaporkan tetap rendah.

Menurut Komisi Kesehatan Nasional China, 61 kasus terdeteksi di 31 provinsi pada 5 Desember 2021, sehingga jumlah kasus aktif di negara itu menjadi 1.060.

3 dari 5 halaman

Sukarela Vaksinasi COVID-19, Warga Moskow Bisa Boyong Mobil Baru

Dream – Demi mempercepat program vaksinasi COVID-19, banyak negara memberikan kemudahan bagi warganya yang ingin segera mendapat suntikan vaksin yang mereka sedakan. Namun seorang wali kota melangkah lebih jauh demi memancing keinginan warga mendapat vaksinasi.

Dikutip dari Auto Hindustantimes, Selasa 22 Juni 2021, terobosi baru program vaksinasi dilakukan di Moskow, Rusia. Pemerintah kota setempat menyediakan satu unit mobil senilai Rp194,3 juta sebagia hadiah undian untuk warga yang mau mengikuti vaksinasi.

Terobosan ini dilakukan Moskow karena tingkat vaksinasi di ibu kota Rusia terseut terbilang rendah.

Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin, mengatakan kebijakan hadiah mobil telah diumumkan pada hari Minggu kemarin. Sobyanin berharap program ini bisa merancang keinginan warganya mengikuti vaksinasi.

Selain mendapatkan hadiah mobil, Sobyanin berharap orang-orang akan sukarela datang ke sentra vaksin sehingga tingkat penyerapannya meningkat.

4 dari 5 halaman

Syarat Mengikuti Sayembara

Sobyanin mengatakan mobil gratis ini berlaku untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang mendapatkan suntikan pertama vaksinasi COVID-19. Tentu ada ketentuan untuk program mobil gratis.

Sobyanin mengatakan warga yang mengikuti vaksinasi akan menjadi peserta program undian untuk memenangkan sebuah mobil. Skema program vaksinasi ini berlangsung hingga 11 Juli 2021.

Setidaknya ada lima unit mobil yang akan diundi setiap minggu. Totalnya mobl yang disiapkan sebagai hadiah undian mencapai 20 unit.

5 dari 5 halaman

Kota dengan Kasus Terparah

Sekadar informasi, Moskow merupakan salah satu kota dengan kasus COVID-19 terparah di Rusia. Ibu kota Rusia ini mengantongi 7.704 kasus baru pada Minggu 20 Juni 2021. Ini merupakan yang tertinggi sejak 24 Desember 2020.

Secara keseluruhan, Rusia membukukan kasus 14.723 kasus dalam sehari sejak 13 Februari 2021. Kemudian, sang wali kota merasa kecewa karena sedikit orang yang mau divaksinasi.

Diketahui, dari 12 juta orang penduduk Rusia, baru ada 1,3 juta yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 pada 13 Mei 2021. Rusia baru mulai melakukan vaksinasi COVID-19 pada Desember 2020 dan terbuka bagi masyarakat umum.

Sang wali kota berusaha untuk menyediakan ribuan tempat tidur bagi para pasien COVID-19 di rumah sakit. Masyarakat juga diminta untuk bekerja dari rumah untuk menekan laju penularan COVID-19.

“ Ini adalah solusi sementara. Untuk menghindari larangan baru dan menemukan cara untuk memperbaiki situasi, kami membutuhkan vaksinasi COVID-19 yang sesegera mungkin,” kata dia.

Terkait
Join Dream.co.id