Kisah Sukses WNI Berkali-kali Gagal, Kini Tempati Posisi Penting di Kapal Pesiar Asing

Dinar | Sabtu, 30 April 2022 15:14

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Inspiratif banget!

Dream - Menggapai mimpi yang tinggi tentunya tidak selalu mudah. Hal ini mesti diperjuangkan dan tidak dapat diraih secara waktu singkat. Tantangan kerap terjadi yang membuat kita terkadang jatuh namun harus bangkit dan berjuang lagi.

Perjuangan jatuh bangun menggapai mimpi juga dirasakan WNI bernama Vincent Hulu. Berkali-kali mencoba melamar, akhirnya dia berhasil diterima di salah satu perusahaan Kapal Pesiar. Ia pun berjuang meniti karier dari bawah hingga akhirnya menduduki salah satu posisi penting di Kapal Pesiar.

 YouTube Vincent Hulu© YouTube Vincent Hulu

" Singkat cerita setelah lulus SMA saya berencana untuk lanjut kuliah di IPDN, tapi dulu saya cobanya di kampus Bandung. Pada saat saya mau mengikuti ujian terakhir di IPDN, saat itu orangtua saya meninggal, bapak saya meninggal. Semuanya sudah berubah, sudah tidak sesuai rencana lagi," papar Vincent pada Youtube channelnya dikutip dari Merdeka.com, Sabtu 30 April 2022.

Saat di Universitas Gadjah Mada angkatan tahun 2011, ia mengaku sangat senang berorganisasi. Ia ikut banyak sekali organisasi tapi tidak pernah ketinggalan akademik.

Kisah Sukses WNI Berkali-kali Gagal, Kini Tempati Posisi Penting di Kapal Pesiar Asing
YouTube Vincent Hulu
2 dari 5 halaman

Gagal Berkali-kali

 YouTube Vincent Hulu© YouTube Vincent Hulu

Akhirnya, pria asal Nias ini lantas melamar di Kapal Pesiar. Namun, dia juga harus mengalami kegagalan berkali-kali hingga akhirnya diterima di salah satu perusahaan Kapal Pesiar.

" Saya lulus dari UGM, saya langsung melamar di Kapal Pesiar. Dulu ada salah satu Kapal Pesiar, saya mencoba untuk melamar berkali-kali dan tidak pernah ada panggilan," ungkapnya.

 

3 dari 5 halaman

Pertama Kali Jadi Laundry Person

Di perusahaan tempatnya bekerja saat ini, dia pertama kali bekerja di Kapal Pesiar menjadi Laundry person di ruang mesin. Tepatnya d bawah level air yang ada di Kapal Pesiar. Jadi dirinya dituntut mengoperasikan robot yang ada di Kapal Pesiar.

" Ketika saya di UGM saat itu, saya bergaul dengan banyak sekali orang. Bisa dikatakan bahwa posisi saya di organisasi sebagai Presiden Mahasiswa. Jadi ketika saya bekerja di Kapal Pesiar sebagai posisi paling bawah, kena mental man. Beneran kena mental. Tapi di sisi lain kita harus berpikir bahwa tidak ada orang yang tiba-tiba langsung jadi manager," tegasnya.

 

4 dari 5 halaman

Lalui Banyak Posisi

 YouTube Vincent Hulu© YouTube Vincent Hulu

Vincent sudah melalui banyak sekali posisi yang ada di Kapal Pesiar. Dia pernah bekerja di finance, personal, human resource dan masih banyak lagi.

" Jadi saya bekerja di kapal pesiar di bagian administrasi atau di bagian kantor. Kalau misalnya di Indonesia kalian menyebutnya itu seperti HRD lah," ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Tonton Videonya

Join Dream.co.id