Kisah Kiki, Anak Yatim yang Rela Jualan Kue demi Biaya Sekolah

Dinar | Senin, 30 Mei 2022 14:34

Reporter : Okti Nur Alifia

Umurnya memang masih 7 tahun, tapi Kiki berusaha membantu pamannya mencari rupiah.

Dream - Ini kisah dari bocah yatim bernama Kiki yang tak bisa lagi merasakan pelukan ayah dan ibu. Ayahnya telah meninggal dan ibunya pergi.

Usianya belum genap 7 tahun, namun sosoknya seperti orang dewasa. Pemikirannya mampu membuat kagum sekaligus haru.

Kiki dirawat oleh paman dan bibinya dengan ekonomi yang pas-pasan. Demi membantu keduanya ia rela jualan kue saat sepulang sekolah. Ketika malam, bocah ini membantu membuat layangan untuk dijual oleh pamannya.

Uang dari jerih payahnya ia gunakan untuk biaya sekolah seperti membeli buku. Mulianya lagi uang yang ditabung juga digunakan Kiki untuk membeli Iqra.

Kisah Kiki, Anak Yatim yang Rela Jualan Kue demi Biaya Sekolah
Muhammad Kiki Aditiya (Foto: Donasionline.id)
2 dari 4 halaman

Ayah Meninggal dan Ibu Pergi Entah Kemana

Anak laki-laki bernama lengkap Muhammad Kiki Aditiya itu baru masuk kelas 1 Sekolah Dasar (SD). Sejak usia 5 tahun, ayah tercinta meninggal setelah menderita sakit jantung.

Bagaimana dengan ibunya? Tidak lama setelah ayahnya tiada, ibu Kiki juga pergi entah ke mana. Ketika ditanya, bocah manis ini pun tidak tahu keberadaan ibunya. Dia mengungkap sudah lama tak bertemu sang ibu.

 kiki© (Foto: donasionline.id)

“ Aku enggak tahu ibu perginya kemana, aku udah lama enggak ketemu ibu,” lirih Kiki, dikutip dari akun Instagram @rumahyatim.

Beruntung, masih ada yang menemani Kiki yakni paman dan bibinya. Walaupun keterbatasan ekonomi, hal itu tak meruntuhkan semangat Kiki. Justru dia ikut mencari uang.

3 dari 4 halaman

Keliling Jualan Kue Sepulang Sekolah

Bocah sekecil itu dengan ikhlas mau mencari uang. Tak seperti kebanyakan anak, saat pulang sekolah Kiki langsung berkeliling untuk jualan kue buatan bibinya. Bahkan di jam 9 malam, Kiki membantu pamannya membuat layang-layang untuk dijual.

 kiki© (Foto: donasionline.id)

Kiki juga punya sebuah keinginan sederhana untuknya dirinya, ia ingin membeli buku dengan iqra yang sudah sobek untuk mengaji.

“ Aku ingin bantu paman dan bibi, kalo dapat upah aku bisa nabung buat beli buku sama iqra, soalnya iqra yang aku pakai ngaji udah sobek kak,” ucapnya.

4 dari 4 halaman

Demi Biaya Sekolah

Kiki menghasilkan rupiah setiap harinya sebanyak Rp10 ribu - Rp15 ribu. Itupun dalam kondisi ketika kue yang dijual banyak. Tidak jarang hanya beberapa kue saja yang terjual.

kiki© (Foto: donasionline.id)

"Bisa bantu paman untuk membeli beras trus buat beli perlengkapan sekolah juga," kata Kiki, dikutip dari laman donasionline.id.

kiki© (Foto: donasionline.id)

Membantu sang paman, dikatakan Kiki dapat meringankan rasa lelah dari pamannya. Juga ketika ia membuat layangan, karena itulah salah satu penghasilan keluarga pamannya.

"Bantu bantu aja sebisanya, biar paman ga cape," ucap Kiki.

Sumber: donasionline.id dan Instagram @rumahyatim 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Rumah Yatim (Official) (@rumahyatim)


Join Dream.co.id