Kisah Pendiri Subway yang Wafat di Usia 90 Tahun, Ubah Uang Belasan Juta Jadi Triliunan Rupiah

Dinar | Selasa, 23 November 2021 16:36

Reporter : Alfi Salima Puteri

Peter Buck adalah seorang fisikawan nuklir yang banting setir menjadi pengusaha.

Dream - Salah satu pendiri restoran Subway, Peter Buck, meninggal di Rumah Sakit Danbury di Connecticut pada hari Kamis.

" Kami sangat berduka atas meninggalnya salah satu pendiri Subway, Dr. Peter Buck. Dia adalah contoh cemerlang dari seorang pemimpin yang berdedikasi, aktif, dan integral anggota keluarga Subway," kata John Chidsey, CEO Subway, dikutip dari Bussiness Insider, Senin 22 November 2021.

Buck meninggal di usia 90 tahun. Namun, penyebab kematiannya belum terungkap. Sedangkan rekan sesama pendiri Subway, Fred DeLuca, tutup usia pada 2015 di usia 67 tahun.

Peter Buck adalah seorang fisikawan nuklir yang banting setir menjadi pengusaha ketika dirinya berusia 34 tahun. Saat itu Buck memberi Fred DeLuca, seorang teman keluarganya, uang US$1.000 untuk membuka toko sandwich Subway pertama.

Menurut Forbes, Buck memberi DeLuca ide membuka restoran sandwich di saat mereka sedang piknik keluarga.

Kisah Pendiri Subway yang Wafat di Usia 90 Tahun, Ubah Uang Belasan Juta Jadi Triliunan Rupiah
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Subway tersebar 44 ribu lokasi di seluruh dunia,

 Ilustrasi© shutterstock

Restoran sandwich pertama dibuka pada tahun 1965 di Bridgewater, Connecticut, dan awalnya disebut Pete's Super Submarines sesuai nama investor tunggalnya.

Pada tahun 1974, setelah Buck dan DeLuca mendirikan 16 cabang toko sandwich di daerah Connecticut, mereka memutuskan untuk memulai waralaba.

Sekitar tahun 1970 sampai 1980-an Subway menjadi terkenal untuk pertama kalinya.

Restoran tersebut berinovasi dengan mengeluarkan sistem kustomisasi, yang berarti pelanggan dapat memilih racikan sandwich secara langsung. Hingga sekarang, sistem tersebut masih diberlakukan untuk pelanggan Subway.

Sekarang Subway adalah restoran sandwich terbesar di dunia, dengan 44.000 lokasi di seluruh dunia,

3 dari 6 halaman

Kekayaan mencapi US$1,7 M

Namun, penjualan Subway telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, dan turun hampir US$4 miliar dari rekor penjualan US$12,3 miliar yang dilaporkan pada tahun 2013.

Subway mengubah menunya dengan resep dan topping baru pada bulan Juli 2021, yang membantu perusahaan itu meningkatkan penjualannya pada Agustus 2021.

Buck berhasil mengumpulkan kekayaan bersih sebesar US$1,7 miliar dan dia juga menjadi pemilik tanah terbesar ke tujuh di AS, menurut Forbes dan The Land Report.

Sumber: Business Insider

4 dari 6 halaman

Subway Sudah Bisa Dinikmati di Indonesia, Cek Menu-menunya!

Dream –  Masyarakat nggak harus ke luar negeri lagi untuk bisa mencicipi menu makanan cepat saji Subway. Hidangan yang terkenal dengan menu sandwich ini sudah mulai bisa memanjakan lidah orang Indonesia mulai Jumat, 15 Oktober 2021.

Subway resmi membuka restoran pertamanya di Indonesia yang berlokasi di Townsquare Cilandak Mall lewat kemitraan PT Sari Sandwich Indonesia. Berbagai menu terkenal di dunia dengan pilihan rasa yang lebih baik, terjangkau, siap tersaji di depan para penggemarnya.

“ Kami merasa terhormat dan semakin bersemangat untuk membuka restoran Subway pertama di Indonesia karena antusiasme dan minat yang tinggi dari masyarakat Indonesia. Dengan adanya perubahan preferensi terhadap makanan alternatif yang lebih sehat,” terang Anthony Cottan, Presiden Direktur MBA (Map Boga Adiperkasa Tbk) bertepatan di hari perdana Subway dijajakan di Indonesia.

Meski dunia tengah menghadapi pandemi, Anthony meyakini saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat Subway semakin dikenal di Indonesia.

" Kami berharap dapat menghadirkan pengalaman ikonik merek ini kepada lebih banyak pengunjung di seluruh Indonesia dengan rencana ekspansi baru kami,” harap Anthony.

 Subway Indonesia© Subway Indonesia

5 dari 6 halaman

Menu-menu Subway Indonesia

Di kesempatan yang sama, Samad Mohd Shariff selaku Country Director, Subway, Asia Tenggara juga mengungkapkan bahwa cara Subway dapat menyajikan sandwich, wrap dan salad yang dapat disesuaikan (customizable).

“ Terlepas dari kemudahan dan keterjangkauannya, memposisikan merek ini untuk bertumbuh di Indonesia pada tahun-tahun yang akan datang,” jelas Samad.

 Subway Indonesia© Subway Indonesia

Menu yang dihadirkan pada restoran pertama ini akan menampilkan hidangan klasik yang segar dan penuh  cita rasa, sesuai ciri khas Subwayyang telah dikenal selama ini, termasuk menu Italian B.M.T., Chicken Teriyaki, Tuna, Steak & Cheese, dan Veggie Delite.

6 dari 6 halaman

Subway Indonesia siap hampiri lokasi lain

 Subway Indonesia© Subway Indonesia

Selain itu, Subway akan berusaha untuk menjangkau penggemar baru dan penggemar setia, dengan terus berinovasi untuk menghadirkan menu baru dan lebih baik, serta menu dengan sentuhan cita rasa lokal yang akan menjadifavorit.

Subway akan memulai debutnya dengan tiga restoran lainnya di Jakarta dan Tangerang pada akhir Oktober 2021 dengan prospek di Bandung, Surabaya dan Semarang pada 2022 mendatang.

Ketiga lokasi lainnya mewakili komitmen berkelanjutan Subway untuk memperluas kehadirannya di tengah masyarakat Indonesia.

Join Dream.co.id