Kiat Tepat Gunakan Kartu Kredit Secara Optimal

Dinar | Kamis, 11 April 2019 09:00
Kiat Tepat Gunakan Kartu Kredit Secara Optimal

Reporter : Dwi Ratih

Apa saja itu?

Dream – Banyak keuntungan yang ditawarkan membuat beberapa orang kini tertarik menggunakan kartu kredit.

Apalagi beberapa instansi perbankan, belakangan juga banyak yang memberikan kemudahan apply kartu kredit. Tak heran jika pertumbuhan pemilik kartu kredit kini terus meningkat.

Hanya penggunaan kartu kredit yang kurang bijak, kadang justru menyebabkan kerugian bagi sebagian pemiliknya. Penggunaan kartu kredit yang tak terkontrol, tak jarang membuat sebagian pemiliknya jadi terlilit masalah finansial.

Nah, biar tak merugikan, terapkan kiat tepat menggunakan kartu kredit berikut ini.

Kurangi Penggunaan Banyak Kartu Kredit

Tak sama transaksi menggunakan kartu debit yang semua pembiayaannya diambil dari dana pribadi, kartu kredit menggunakan dana pinjaman yang difasilitasi perbankan. Itu artinya, semakin banyak kartu kredit, maka semakin besar beban utang yang harus kamu bayarkan.

Supaya penggunaannya lebih bijak, kurangi penggunaan kartu kredit. Paling tidak, maksimal dua kartu kredit, agar kamu tak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membayar iuran dan biaya lainnya yang dibebankan.

Lunasi Tagihan Secara Penuh

Jangan hanya tergiur memanfaatkan penawaran menarik dari fasilitas kartu kredit, lantas luput membayar tagihan hingga jatuh tempo.

Hal inilah yang bisa menyebabkan utang menumpuk, hingga merugikan sendiri pemilik kartu kredit. Makanya, cobalah untuk selalu melunasi tagihan secara penuh. Dengan begitu, kamu bisa mengatur keuangan untuk kebutuhan lainnya.

Selektif Berbelanja Menggunakan Kartu Kredit

Selektif menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, agaknya sangat perlu diterapkan. Jika perlu, bikin perencanaan secara matang. Manfaatkan kartu kredit untuk belanja kebutuhan prioritas.

Jika ada tawaran menggiurkan, selalu ingat pada cicilan atau barang utama yang sedang diperlukan. Dengan begitu, kamu bisa tepat menggunakan kartu kredit.

Jangan Biasakan Menarik Uang Pakai Kartu Kredit

Meski bisa digunakan untuk menarik uang di mesin ATM, bahkan di luar negeri, tetapi sebisa mungkin jangan biasakan menarik uang menggunakan kartu kredit.

Ini karena penarikan uang tunai menggunakan kartu kredit dikenai bunga sebesar 4-5 persen per bulan. Ini akan menambah beban pengeluaran mu, terutama jika keuangan mu hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhan

Setiap kartu kredit memiliki fitur berbeda yang disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan penggunanya. Ada yang menawarkan banyak diskon untuk belanja bulanan, ada pula yang memberikan manfaat lebih untuk traveling.

Paling penting, cobalah untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, termasuk sesuaikan limit kredit dengan pendapatan.

Kamu bisa memilih Syariah Platinum Card dari CIMB Niaga Syariah. Kartu ini memiliki fungsi sebagai mana kartu kredit, tetapi sudah menggunakan prinsip syariah. Akadnya bahkan berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah.

Mulai prinsip Kafalah yang berarti CIMB Niaga Syariah sebagai penerbit kartu menjadi penjamin bagi pemegang kartu pada semua kewajiban bayar dari segala transaksi di merchant rekanan.

CIMB Niaga Syariah

Kemudian ada prinsip Qardh yang berarti CIMB Niaga Syariah sebagai penerbit kartu juga berperan sebagai pemberi pinjaman kepada pemegang kartu melalui penarikan tunai.

Adapun yang terakhir adalah prinsip Ijarah yang berarti CIMB Niaga Syariah sebagai penerbit kartu berperan pula sebagai penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang kartu.

Lebih lanjut, beberapa keuntungan lain yang dapat dinikmatidari Syariah Platinum Card, berupa Monthly Cashback hingga 5% atau maksimal sebesar Rp150.000,-. Monthly Cashback tersebut diberikan sebagai pengurangan tagihan di bulan berikutnya.

Selain itu, kartu ini menyediakan limit dari Rp10 juta hingga Rp1 miliar dengan kriteria nasabah memiliki pendapatan minimal Rp10 juta.

Tambahan beragam diskon hingga program cicilan yang menarik, menjadi fitur penyempurna yang menyertai Syariah Platinum Card. Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di sini.

CIMB Niaga Syariah juga mengajak kamu untuk berpartisipasi mengisi survey kartu kredit. Asyiknya lagi, bakalada voucher sebesar Rp 250 ribu yang akan dibagikan untuk 5 orang penanya terbaik, lho! Yuk, segeraisi Google Form-nya di sini.

Join Dream.co.id