NIK Peserta CPNS Pakai Jasa Joki Masuk Blaclist, Diblokir Selamanya!

Dinar | Rabu, 12 Februari 2020 11:36
NIK Peserta CPNS Pakai Jasa Joki Masuk Blaclist, Diblokir Selamanya!

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Siap-siap nggak bisa daftar CPNS lagi, deh.

Dream - Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 sudah sejak awal dilarang menggunakan joki. Mereka yang masih nekat melakukannya harus siap-siap menerima sanksi berat.

Mereka yang kedapatan menggunakan jasa joki akan mendapat hukuman berupa pemblokir nomor induk kependudukan (NIK) sehingga namanya masuk dalam blacklist pendaftar seleksi CPNS di tahun-tahun mendatang.

" Langkah pemblokiran akan diteruskan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melalui ketentuan tertulis," kata Plt. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono, di Jakarta, dikutip dari setkab.go.id, Rabu 12 Februari 2020.

Langkah tegas pemblokiran bertujuan untuk mencegah perjokian terulang kembali. Penggunaan Joki saat seleksi CPNS dinilai melanggar pasal 55 dan 263 KUHP dengan ancaman enam tahun penjara.

“ Penyikapan atas kasus perjokian ini juga dilakukan untuk menjaga sportivitas dan fairness dalam pelaksanaan SKD,” kata dia.

2 dari 7 halaman

Banyak yang Terlambat

Sampai 10 Februari 2020, masih banyak peserta tes CPNS yang datang terlambat. Diskualifikasi kesalahan formasi ada 14 kasus, joki 4 kasus, pengenal tak lengkap 8 kasus, dan pelanggaran tata tertib 8 kasus.

Khusus untuk diskualifikasi pelanggaran tata tertib yang kebanyakan disebabkan karena keterlambatan hadir di lokasi SKD, melalui siaran pers ini kami kembali mengingatkan agar peserta sudah hadir di lokasi ujian 60 menit sebelum jadwal SKD berlangsung,

Sebelum memasuki ruangan ujian, peserta harus melalui serangkaian pemeriksaan dan registrasi. Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan BKN Nomor 50 Tahun 2019 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test (CAT).

Sementara untuk diskualifikasi kesalahan formasi, perlu diketahui bahwa sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2019, instansi yang membuka formasi disabilitas wajib mengundang calon peserta disabilitas untuk memastikan kesesuaian formasi dengan jenis disabilitas pelamar sebelum mengumumkan hasil kelulusan seleksi administrasi.

3 dari 7 halaman

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Tentukan Peserta yang Lolos Tes SKD CPNS

Dream - Penentuan kelulusan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilihat dari nilai yang didapat dan pemeringkatan. Jika nilainya melampaui passing grade dan mendapat peringkat teratas, yang bersangkutan bisa lolos ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Tapi bagaimana jika ada peserta yang nilainya sama? Jika kondisinya demikian, maka peserta yang dapat nilai sama akan dilihat dari hasil ujian Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan. 

 

 Kamu Harus Tahu, Ini Cara Tentukan Peserta yang Lolos Tes SKD CPNS© Dream

 

“ Penentuan kelukusan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi secara berurutan mulai dari TKP, TIU, dan TWK,” kata Plt. Kepala Biro Hubungan Kemasyarakatan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Paryono, dikutip dari setkab.go.id, Selasa 11 Februari 2020.

Ketentuan ini berdasarkan Surat Menteri PANRB No. B/III/M.SM.01.00/2020 tentang Tambahan Pengaturan Penentuan Peserta Lulus SKD yang Berhak Mengikuti SKB.

4 dari 7 halaman

Kalau Hasil 3 Tes Ini Sama Semua?

Apabila terdapat peserta yang memperoleh nilai SKD sama, sambung Plt. Karo Humas BKN, pada tiga komponen sub-tes tersebut dan berada pada ambang batas jumlah kebutuhan formasi, seluruh peserta tersebut diikutkan SKB.

Pengumuman hasil/kelulusan SKD, lanjut Paryono, ditetapkan dengan Keputusan Ketua Panitia Seleksi Instansi dan diumumkan oleh setiap instansi berdasarkan hasil yang disampaikan oleh Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi.

“ Peserta SKB berjumlah paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan masing-masing formasi jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD,” kata dia.

Pemeringkatan ini juga berlaku bagi peserta P1/TL yang diberikan peluang menggunakan nilai terbaik antara nilai SKD tahun 2018 dan 2019 jika mengikuti tes pada tahun ini.

“ Untuk peserta P1/TL pada pengumuman hasil/kelulusan SKD disertakan pula keterangan nilai SKD yang digunakan sebagai dasar pemeringkatan, yakni SKD tahun 2018 atau SKD tahun 2019,” kata dia.

Sebagai informasi, berdasarkan Database BKN per 10 Februari 2020, pukul 10.01 WIB, dari total peserta pelamar CPNS formasi tahun 2020 yang terdaftar dapat mengikuti SKD (3.361.822 orang), sebanyak 1.288.803 orang telah mengikuti SKD.

“ Dari jumlah tersebut, capaian nilai total tertinggi SKD pelamar instansi pusat yakni 486 sementara untuk pelamar instansi daerah nilai tertinggi SKD yakni 484,” kata dia.

5 dari 7 halaman

Cara Menghitung Jumlah Peserta Tes CPNS 2019 yang Lolos Tahap SKD

Dream - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 terus berlangsung. Peserta yang dinyatakan lolos berhak mengikuti tahap berikutnya yaitu tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Tak semua peserta yang lolos SKD tentu bisa mengikuti SKB. Namun tahukah kamu berapa porsi peserta CPNS 2019 yang berhak lolos tes SKB untuk setiap formasinya

 

 Cara Menghitung Jumlah Peserta Tes CPNS 2019 yang Lolos Tahap SKD© Dream

 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono menerangkan, perhitungan jumlah kursi tes SKB adalah sebanyak tiga kali dari jumlah kuota yang tersedia pada satu formasi.

" Misal formasi CPNS analis kepegawaian di BKN, formasi 3, sedangkan pelamar yang mendaftar di formasi tersebut yang lolos passing grade ada 15. Maka akan diambil 3 x 3 = 9 orang yang memiliki nilai terbaik dari 15 org yang lolos passing grade," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu 5 Februari 2020.

6 dari 7 halaman

Diolah Terlebih Dahulu

Menurut Paryono, nilai peserta SKD yang lulus passing grade akan diolah terlebih dahulu. Kebijakan ini dibuat karena satu formasi tidak dilamar oleh peserta dari satu titik lokasi saja, namun harus digabungkan dengan hasil SKD pelamar dari berbagai titik lokasi.

Dalam pemeringkatan nilai SKD juga harus menyertakan hasil SKD peserta seleksi CPNS 2018 yang memenuhi passing grade SKD dan masuk dalam 3 kali formasi jabatan yang dilamar untuk mengikuti SKB 2018, namun dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir (P1/TL).

Tahap pengolahan data kemudian akan dilanjutkan dengan tahap rekonsiliasi data hasil SKD yang melibatkan instansi penyelenggara SKD dan BKN.

" Hasil rekonsiliasi tersebut akan diajukan kepada Kepala BKN untuk mendapat approval dan digital signature yang dilakukan by system pada portal SSCASN," ujar Paryono.

7 dari 7 halaman

Disampaikan BKN

Paryono menyampaikan bahwa hasil SKD seluruh peserta seleksi akan disampaikan Kepala BKN kepada PPK masing-masing instansi melalui portal SSCASN dan admin instansi dapat mengunduh hasil SKD tersebut.

" Selanjutnya Ketua Panitia Seleksi Instansi akan menetapkan pengumuman hasil kelulusan SKD dan menyampaikannya kepada publik," pungkas dia.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id