Kerja Saat Istirahat Makan Siang Bisa Rugi Rp16 Juta per Tahun

Dinar | Kamis, 10 Januari 2019 14:15
Kerja Saat Istirahat Makan Siang Bisa Rugi Rp16 Juta per Tahun

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Karyawan yang bekerja ketika jam istirahat makan siang, akan merugi secara finansial. Benarkah?

Dream – Sahabat Dream, apakah kamu termasuk orang yang bekerja sambil makan siang ketika jam istirahat kerja? Jika iya, kamu bisa termasuk orang yang rugi karena termasuk kerja gratis.

Dikutip dari The Bulletin, Kamis 10 Januari 2019, sebuah studi di Belgia menunjukkan karyawan yang bekerja ketika jam istirahat makan siang, akan merugi secara finansial. Survei menyebut karyawan di Belgia merugi 1.000 euro (Rp16,28 juta) per tahun karena “ kerja gratis”.

Kajian yang dilakukan oleh firma SDM, StepStep, menunjukkan enam dari sepuluh karyawan mengaku tidak beristirahat secara penuh ketika jam makan siang. Rata-rata perusahaan memberikan waktu istirahat 40 menit, tapi karyawan berhenti bekerja hanya 22 menit.

Tujuh dari sepuluh responden mengaku tidak bisa istirahat makan siang karena punya banyak pekerjaan. Mayoritas karyawan makan siang di meja kerjanya.

Ada 15 responden melewatkan makan siang agar bisa pulang lebih cepat dan 15 persen lainnya menganggap istirahat makan siang tidaklah penting.

Sayangnya, ada 28 persen responden dari Wallonia da 13 persen dari Flanders, Belgia, yang merasakan tekanan dari atasan. Tekanan ini membuat mereka tidak bisa beristirahat untuk makan siang.

2 dari 3 halaman
Komentar
Beri Komentar
Ternyata Iqbaal Ramadhan Benci Salah Satu Sifat Dilan
Join Dream.co.id
Diet Hipnoterapi, Berat Dewi Hughes Turun 80 Kg