Kereta Dharmawangsa Layani Rute Jakarta-Surabaya, Ini Stasiun Pemberhentiannya

Dinar | Senin, 2 Desember 2019 18:15
Kereta Dharmawangsa Layani Rute Jakarta-Surabaya, Ini Stasiun Pemberhentiannya

Reporter : Ahmad Baiquni

Kereta ini memiliki total waktu tempuh Jakarta-Surabaya 11 jam 5 menit.

Dream - Intensitas perjalanan kereta dari Jakarta menuju Surabaya dan sebaliknya kini bertambah dengan beroperasinya kereta jarak jauh Dharmawangsa. Kereta ini resmi diluncurkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) hari ini, Senin, 2 Desember 2019, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

" Dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, kami berharap dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, dikutip dari Liputan6.com, Senin 2 Desember 2019.

Dasar pengoperasian kereta ini adalah Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik KA Tahun 2019 PT KAI. Edi berharap minat masyarakat menggunakan kereta api meningkat.

Kereta Dharmawangsa berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 08.25 WIB. Kereta ini akan berhenti di beberapa stasiun yaitu Pagadenbaru, Cirebon Prujakan, Brebes, Tegal, Pekalongan, Weleri, Semarang Tawang, Ngrombo, Randublatung, Cepu, Bojonegoro, Babat, Lamongan dan tiba di Pasar Turi pukul 19.30 WIB dengan waktu tempuh 11 jam 5 menit.

 

2 dari 6 halaman

Kelas Eksekutif dan Ekonomi

Kereta ini terdiri dari dua kelas dalam satu rangkaian. Rinciannya, tiga kereta eksekutif dengan kapasitas 150 tempat duduk dan enam kereta ekonomi berkapasitas 636 tempat duduk.

Sementara tarifnya, tiket kelas eksekutif dijual dengan harga Rp350 ribu sampai Rp390 dan tiket ekonomi seharga Rp150 ribu. Tarif ini berlaku untuk weekdays alias hari kerja dari Senin hingga Jumat.

Sedangkan untuk weekend atau akhir pekan, tiket kereta eksekutif ditawarkan dengan harga antara Rp350 ribu-Rp480 ribu. Untuk kelas ekonomi dijual Rp150 ribu-Rp160 ribu.

Lebih lanjut, Edi mengatakan pemilihan nama Dharmawangsa bukan tanpa alasan. Terdapat filosofi di balik nama itu.

Menurut Edi, Dharmawangsa adalah nama Raja Medang yang merupakan mertua sekaligus paman dari Raja Kahuripan, Airlangga. Medang di Jawa Timur ini merupakan kerajaan besar yang menurunkan raja-raja besar di pulau Jawa.

" Maka, diharapkan dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, PT KAI ke depannya semakin besar, jaya, dan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," kata Edi.

Sumber: Liputan6.com/Tira Santia

3 dari 6 halaman

Sambut Liburan Akhir Tahun, KAI Tambah Operasional Kereta Jarak Jauh

Dream - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah jumlah operasional kereta jarak jauh menyambut musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Diprediksi, jumlah pengguna kereta api meningkat dibandingkan hari-hari biasa. 

“ Kalau tahun lalu 5,6 juta penumpang, kini jumlahnya diprediksi (mencapai) 5,9 juta orang,” kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, di Jakarta, Senin 18 November 2019.

Edi mengatakan akan disiapkan 404 perjalanan kereta api yang terdiri atas 374 kereta api reguler dan 30 kereta Nataru (Natal dan Tahun Baru). Jumlah tempat duduk disediakan sebanyak 250.012 kursi, lebih banyak dibandingkan periode sama 2018 yang hanya sebanyak 240.162 kursi.

Penambahan rute perjalanan ini ditujukan bagi masyarakat yang membutuhkan alat transportasi kereta api untuk sampai tujuannya. Terutama untuk perjalanan tanggal 22 dan 29 Desember 2019 yang diperkirakan bakal jadi waktu favorit masyarakat dalam menggunakan jasa kereta jarak jauh.

Edi mengatakan layanan pembelian tiket kereta reguler dibuka mulai 19 November 2019 atau H-30 keberangkatan. Pembelian dapat dilakukan di seluruh kanal resmi penjualan tiket seperti, aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan lain-lain.

" Sementara KA lokal, tiket dipesan mulai H-7 keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau 3 jam sebelum keberangkataan di loket stasiun," kata dia.

4 dari 6 halaman

Daftar Kereta yang Beroperasi saat Nataru 2019

Berikut ini kereta-kereta yang dioperasikan untuk Nataru 2019.

1. Argo Lawu Fakultatif: Solo-Gambir pergi-pulang (2 KA)

2. Argo Dwipangga Fakultatif: Solo-Gambir pergi-pulang (2 KA)

3. Taksaka Fakultatif: Yogyakarta–Gambir pergi-pulang (2 KA)

4. Argo Muria Fakultatif: Semarang Tawang–Gambir pergi-pulang (2 KA)

5. Argo Sindoro Fakultatif: Semarang Tawang-Gambir pergi-pulang (2 KA)

6. Gajayana Fakultatif: Malang–Gambir pergi-pulang (2 KA)

7. Sembrani Fakultatif: Surabaya Pasarturi–Gambir pergi-pulang (2 KA)

8. Purwojaya Fakultatif: Cilacap–Gambir pergi-pulang (2 KA)

9. Lodaya Nataru: Solo–Bandug pergi-pulang (2 KA)

10. Kutojaya Utara Fakultatif: Kutoarjo–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

11. Sawunggalih Fakultatif: Kutoarjo–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

12. Matarmaja Nataru: Malang–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

13. Brantas Nataru: Blitar–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

14. Kertajaya Nataru: Surabaya Pasarturi–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

15. Sancaka Fakultatif: Surabaya Gubeng–Yogyakarta (PP) (2 KA)

(Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

5 dari 6 halaman

Naik Kereta Jarak Jauh Kini Bisa dari Stasiun Bekasi

Dream – Penumpang dari kawasan Bekasi dan sekitarnya yang ingin ke luar kota dengan Kereta Api Jarak Jauh kini tak perlu lagi kerepotan. Terhitung mulai Jumat, 1 November 2019, mereka bisa naik kereta jarak jauh dari Stasiun Bekasi menuju Semarang, Kutoarjo, atau Surabaya

“ Terhitung mulai 01 November 2019 tiga KA jarak jauh dengan keberangkatan awal dari Stasiun Jakarta Kota juga akan berhenti melayani keberangkatan penumpang dari Stasiun Bekasi," ujar Senior Manager Humas DAOP I KAI, Eva Chairunisa, melalui keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 31 Oktober 2019.

Eva mengatakan terdapat tiga rangkaian kereta jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Jakarta Kota akan berhenti di Stasiun Bekasi. Tiga rangkaian tersebut yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh.

" Penumpang yang berdomisili di Bekasi tidak perlu repot-repot datang ke Stasiun Jakarta Kota. Cukup naik dari Stasiun Bekasi saja,” kata dia.

Selanjutnya, Eva mengatakan hal ini untuk memberikan layanan yang memudahkan bagi para pengguna setia kereta jarak jauh. Diharapkan mereka bisa semakin nyaman bepergian dengan kereta api.

“ Dengan diterapkannya inovasi ini, diharapkan dapat memudahkan akses bagi para calon penumpang yang akan menggunakan KA-KA tersebut,” kata dia.

Lebih lanjut, Stasiun Bekasi telah menyiapkan petugas dan fasilitas untuk melayani pemberangkatan tiga kereta tersebut. Misalnya, 1 loket go show, 1 loket pembatalan, 2 loket pemesanan, dan 4 unit mesin check in counter (CIC).

Ada juga ruang tunggu kereta jarak jauh yang berkapasitas 160 orang dan kursi di peron 4 Stasiun Bekasi yang bisa menampung 128 orang.

“ Selain datang langsung ke stasiun, para calon penumpang juga bisa melakukan reservasi tiket melalui website kai.id dan aplikasi Kai Access, serta channel eksternal yang telah bekerja sama dengan PT KAI,” kata dia

6 dari 6 halaman

Tiga Kereta yang Berhenti di Stasiun Bekasi

Berikut jadwal keberangkatan tiga kereta yang akan berhenti di Stasiun Bekasi

1. KA Kutojaya Utara (relasi Jakarta Kota- Kutoarjo) berangkat dari Jakarta Kota pukul 05.10 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 05.48 WIB.

2. KA Jayakarta Premium (relasi Jakarta Kota-Surabaya Gubeng) berangkat dari Jakarta Kota pukul 13.05 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 13.44 WIB.

3. KA Menoreh (relasi Jakarta Kota- Semarang Tawang) berangkat dari Jakarta Kota pukul 19.00 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 19.38 WIB.

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id