6 Kandidat Ketua HIPMI 2022-2005, Keponakan JK Ikut Persaingan

Dinar | Kamis, 12 Mei 2022 06:12

Reporter : Alfi Salima Puteri

Intip profil 6 kandidat calon Ketua Umum BPP HIPMI pengganti Mardani H. Maming di sini.

Dream - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) tengah mencari calon ketua umum baru. Sejumlah pengusaha muda tengah berebut untuk bisa menduduki jabatan sebagai nahkota dari organisasi yang memayungi para pengusaha muda itu.

Saat ini jabatan Ketua Umum BP HIPMI yang dipegang Mardani H. Maming tinggal hitungan bulan. Meski relatif cukup lama, sudah muncul beberapa nama yang dijadokan untuk menggantikan Mardani H. Maming.

Mengutip keterangan tertulis BP HIPMI, Musyawarah Nasional (Munas) BP HIPMI rencananya akan digelar pada pertengahan September mendatang. Munas juga menjadi penanda habisnya masa pengabdian Mardani H. Maming.

Mencari pengganti Mardani H. Maming bukan perkara mudah. Dengan kepiawaian dan pengalamannya yang segudang, Mardani H. Maming memang benar-benar mencurahkan perhatian lebih pada HIPMI.

Karena itu, pengganti Mardani H. Maming harus pula sosok yang bisa melanjutkan kerja baik yang sudah dibangun.

6 Kandidat Ketua HIPMI 2022-2005, Keponakan JK Ikut Persaingan
Afif Kalla Bersama Jusuf Kalla. / Foto: Tangkapan Layar Akun Instagram @afiekalla
2 dari 6 halaman

Ketua Kompartemen Hubungan Media BPP HIPMI, Anthony Leong, dalam keterangan tertulis itu menyebut organisasinya mempunyai banyak stok pemimpin yang mumpuni. Anak-anak muda yang bertangan dingin.

Mardani H. Maming, selain mendorong pemuda-pemuda untuk berusaha, juga mampu menciptakan karakter pemimpin dijajarannya.

Mereka dinilai punya jiwa kepemimpinan bawaan dan layak menjadi suksesor Mardani H. Maming. Berikut adalah 6 nama yang memang paling menonjol di antara sekian banyak kader HIPMI. 

3 dari 6 halaman

1. Afifuddin Kalla

Dari nama belakangnya saja, Sahabat Dream pasti bisa menebak jika Afif punya hubungan kekerabatan dengan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Afif merupakan keponakan dari Jusuf Kalla. Nama Afif juga pernah jadi sorotan karena pernah menjalin kasih dengan Laudya Cynthia Bella.  

Terlepas dari nama besar keluarganya, Afif dikenal sebagai seorang pengusaha muda yang memimpin beberapa perusahaan di bidang energi.

Afif Kalla termasuk salah satu penerus dinasti bisnis Kalla Group, salah satu kelompok usaha di kawasan timur Indonesia yang didirikan Haji Kalla dan Athirah, kakek dan nenek Afif. Kendali usaha Kalla Group diketahui berpusat di Makassar, Sulawesi Selatan.

Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia melanjutkan studinya di Amerika Serikat dan meraih mendapat gelar Master dari Keller Graduate School of Management di San Fransisco.

Dengan pengalamannya dalam berbisnis dan memimpin banyak orang, Afif disebut sebagai penantang serius bagi kandidat yang lain.

4 dari 6 halaman

2. Akbar Himawan Buchari

Nama lain yang diperhitungkan sebagai kandidat ketua umum HIPMI adalah Akbar Himawan Buchari, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) dari Fraksi Golkar. Pria kelahiran 25 November 1987 ini merupakan 'orang lama' HIPMI. Sebelum menjabat sebagai Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, Akbar pernah mengemban amanah sebagai Ketua Umum BPD HIPMI Sumatera Utara.

Mengelola bisnis di berbagai bidang, pengusaha yang terbilang masih muda ini merupakan pimpinan dari perusahaan otobus (PO) Kurnia yang memiliki 250 armada bus. Ia juga melakukan pengembangan bisnis ke bidang perkebunan kelapa sawit dan properti.

3. Anggawira

Anggawira, pengusaha muda kelahiran Indramayu, Jawa Barat ini merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sudah terasah jiwa kepemimpinnnya. Sejak kuliah ia aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pemegang gelar cum laude Masgister Manajemen Keuangan, Magister Hukum dan Doktor Ilmu Manajemen dari Universitas Negeri Jakarta.

Ia kemudian masuk menjadi anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) cabang Jakarta Raya tahun 2007 dan berkarir di HIPMI menjadi Ketua Bidang Organisasi HIPMI pada kepemimpinan Ketua Umum Bahlil Lahadalia dan saat ini dipercaya sebagai Ketua Bidang Keuangan oleh Ketua Umum Mardani Maming.

Dengan jejaring luas dan pengalamanya mengelola organisasi, Anggawira sangat patut diperhitungkan untuk menjadi pemimpin HIPMI ke depan.

5 dari 6 halaman

4. Bagas Adhadirgha

Salah satu sosok anak muda terkenal di dunia penerbangan nasional adalah Bagas Adhadirgha. Kecintaan akan dunia penerbangan mendorong Founder sekaligus CEO PT Asia Aero Technology ini menjalankan usaha di penerbangan umum dengan membangun bandara sendiri sejak 2009.

Bandara tersebut adalah Wiladatika Private Airport di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Pramuka Cibubur.

Ia merupakan pengusaha yang menjadi pionir dalam industri general aviation dan airport services di Indonesia. Bagas Adhadirgha yang saat ini merupakan Sekretaris Jenderal BPP HIPMI.

5. Mufti Anam

Mufti Anam adalah contoh nyata anak muda yang dengan ketekunannya berhasil dalam beragam bidang. Selain pengusaha, Mufti Anam dikenal sebagai dokter dan politisi. Mufti dikenal sebagai sosok bertangan dingin, suka hal-hal detail termasuk dalam menata hidup dan mimpi-mimpinya.

Mantan Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Timur ini sekarang menjabat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI

6 dari 6 halaman

6. Rois Sunandar Maming

Rois Sunandar Maming disebut sebagai kandidat kuat pengganti Mardani H. Maming karena memiliki tipikal yang hampir mirip dan semangat membangun HIPMI yang sama besarnya.

Rois, merupakan adik Mardani H. Maming yang kini menjabat sebagai Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Timur. Pengusaha muda kelahiran Batulicin yang baru berusia kepala tiga ini sudah mampu memimpin perusahaan besar.

 

Join Dream.co.id