Kisah Hijrah Cinta Penelope: Aku Takut Mati Tanggal 2

Dinar | Senin, 22 Januari 2018 20:15
Kisah Hijrah Cinta Penelope: Aku Takut Mati Tanggal 2

Reporter : Gladys Velonia

Berawal dari kegeraman, karena lagu yang dinyanyikan sering dikritik malah membuatnya sadar untuk bertaubat.

Dream - Pedangdut itu kesal bukan kepalang. Lagu hits Keong Racun sering jadi bahan ledekan. Bukan orang biasa. Ledekan itu datang dari mulut Ustaz Abdul Somad. Saban ceramah, sang ustaz berulang kali menyindir perilaku generasi muda yang terjerumus lagu bergenre dangdut itu.

Rasa kesal itu sudah memuncak. Si wanita penyanyi  itu sudah tak tahan lagi. Ada niat untuk melaporkan sang ustaz. Namun urung dilakukannya. Ledekan sang ustaz malah membuat wanita 33 tahun itu dibuat penasaran.

Dialah Cinta Penelope. Ledekan Ustaz Somad menyadarkannya. Membawanya kembali ke jalur hidayah. Bahkan mengubahkany jadi muslimah berhijab. Tak ada goyang sensual yang memicu berahi. Atau syair lagu yang membuat pendengar melamun tak karuan. 

Keputusan Cinta Penelope tentu membuat orang terkejut. Dari perusahan label rekaman sampai keluarga. Semua tak ada yang menyangka. Penyanyi dangdut itu tiba-tiba saja memutuskan berubah jadi wanita berhijab syari. Kepada Reporter Dream, Gladys Velonia, Cinta menuturkan kisah yang mengubah hidupnya.

Assalamualaikum mbak Cinta. Apakah benar, mbak sudah berhijab?

Wallaikumsallam. Sebenarnya sudah dari dulu ingin berhijab, cuma masih ada beberapa kontrak yang harus diselesaikan. Alhamdulillah di akhir tahun kemarin, kontrak tidak diperpanjang dan sesuai niatku dan wajibku, aku berhijrah.

Dari tanggal berapa?

Tanggal 1 januari 2018.

Mengalami kejadian apa hingga kukuh berhijab?

Tidak ada kejadian apapun. Cuma aku lebih banyak dengar ceramah, terus laguku banyak disebut-sebut sama Ustaz Somad. Ustaz Abdul Somad tuh selalu nyebut laguku, jadi aku cek turnya dia, aku ikutin ceramahnya dia.

Aku dapat pertamakali tuh di Pekanbaru ceramahnya dia. Tapi, saat itu dia tidak nyebutin laguku. Padahal kalau aku nonton di Youtube, dia selalu nyebutin laguku, 'Orang-orang sekarang itu dengernya Keong Racun terus'.

Menurutku Keong Racun itukan pesan moral, tapi akhirnya ku dengerin ceramah-ceramah lain tentang wanita. Wanita itu wajibnya bagaimana, alhamdulillah.

Yang sering disebut cuma Keong Racun saja?

Iya. Dia bilang, 'Anak-anak zaman sekarang terkontaminasi karena lagu Keong Racun'. Selalu itu yang disebut tiap ceramah di beberapa Youtube. Mau kulaporin dia sebenernya.

Akhirnya sekarang aku sering ikutin turnya dia, ceramah-ceramahnya dia, ada sisi lain yang kuambil dari situ. Aku tersadar menutup aurat itu wajibku sebagai muslim.

Ustaz tahu tidak mbak sering ngikutin dakwahnya?

Tidak, dia tidak tahu.

 Kisah Hijrah Cinta Penelope

Kalau ustaz tahu? Tidak ada keinginan buat memberi tahu ustaz?

Tidak. Mungkin kalau dulu saya agak marah gara-gara lagu saya. Sekarang malah saya mau berterimakasih sama beliau. Saya harap juga temen-temen sesama muslim sama-sama belajarlah, saling mengingatkan, untuk jadi lebih baik lagi.

Berapa kali ikut tur ustaz?

Ngikutinnya sudah sering tapi ketinggalan terus, soalnya aku ngikutinnya pakai mobil.

Pernah ikut kajian lain?

Aku tidak pernah ikut kajian sebelumnya. Sekarang kegiatanku kalau lagi ke kampung-kampung liat musala kosong, aku coba ngisi, perbaikin, bikin ta'lim.

Ngisi sendiri ta'lim-nya?

Bukan ngisi, ngumpulin ibu-ibu ta'lim buat ngisi di musholla-musala tertinggal.

Cara mengisinya dengan kegiatan apa?

Kita bagusin, kita cat dulu, aku sama timku saja.

Sudah berapa lama berlangsung?

Sudah 2 bulan ini. Timku sepakat buat kita saja yang turun sendiri. Kita beliin mic-nya lagi, apanya lagi, sehingga azan bisa berkumandang lagi setiap hari. Anak-anak kita undang buat ngaji. Ada beberapa bantuan juga dari daerah, alhamdulillah sudah rame lagi musalanya. Besok balik ke Jakarta, balik ke sini lagi seminggu lagi, ini lagi di Semarang.

Sebanrnya, kalau untuk mengikutin ceramah ustaz ini sudah berapa lama?

Sebulan lebih-lah kalau ngikutin Ustaz Somad.

Kalau keinginan berhijab sendiri dari tahun?

Aku mau jujur tapi aku takut. Tidak apa ya? Aku ingin laporin Ustaz Somad ke MUI. Aku ingin laporin karena Ustaz Somad itu bisa membuat aku seperti ini, dia sangat bagus dan harus dibanggakan. Aku harap teman-temanku bisa juga dengerin kajian beliau.

Laporkan untuk apa?

Mendukung Ustaz Somad. Karena selama ini dengerin ceramah itu jarang yang nempel dan yang imbang ya. Kalau Ustaz Somad itu ngejelasinnya dengan beberapa mazhab, mungkin mazhabnya Maliki, Syafi'i jadi diberikan pencerahan. Terkadang aku berpikir agama itu sulit, belajar sama ustaz ini beda sam ustaz itu beda, yang bener yang mana? Baru aku dapetin di kajian Ustaz Somad ini semua mazhab disebutkan, terserah kita ikutin yang mana.

Kalau mbak ada kendala sebelum berhijab?

Ada pasti. Kalau batin itu pasti karena aku tulang punggung keluarga, dari labelku juga ngingetin, 'Lo yakin Cin? Lo nyari duit cuma begini'. Insya Allah aku yakin, Allah akan membantu karena tidak ada yang salah dari yang kulakukan. Ibaratnya dalam aku mencari Allah, mau dimiskinkan seperti apapun juga Insya Allah aku diperkaya dengan iman.

 Kisah Haru Cinta Penelope Minta Izin Sang Mama Untuk Berhijrah

Sholat istikharah dulu nggak sebelum berhijrah?

Tidak. Karena buat aku itu bukan pilihan yang sulit, bukan suatu pilihan, itu kewajiban. Tidak perlu istikharah buat berhijab karena harus dari diri sendiri. Cuma kalau aku mikir duniawi harus kerja, nge-DJ, nyanyi aku bilang sama mama, 'Ma aku ijin mau hijrah. Apapun yang terjadi kedepannya, entah Allah membuka aibku atau apa, itu semua godaan dan aku harus mampu ngelewatinnya supaya aku istiqamah'. Mama nangis, dia bilang, 'Insya Allah kita bisa. Adik-adik sudah gede, ya jalanilah'.

Kegiatan apa saja sekarang usai berhijab?

Masih di dunia hiburan. Cuma kuganti karyaku dengan multitafsir. Menyanyikan lagu bukan religi, tapi tentang cinta, lagu pop biasa, tapi multitafsir, ke kekasih bisa, ke Allah bisa. Ibarat kata berkarya dalam berdakwah

Single baru sudah ada?

Sudah alhamdulillah. Sudah lama sebenernya, sudah lama. Tapi benar adanya ada beberapa lirik yang kuganti. Kulihat sudah banyak yang kulakukan. Bisa dibilang aku itu orang paling nista, paling jahat, cuma aku ingin mengubah diriku jadi lebih baik lagi.

Waktu itu ada job nge-DJ ada 9 (tawaran pekerjaan) off air yang tidak boleh pakai hijab. Tentu manajemen tidak bisa ngomong apa-apa, cuma nyerahin ke aku sedangkan aku mau pakai jilbab tanggal 1. Dalam sebulan harus nyelesain semua job itu, kata manajerku bulan depan saja pakai jilbabnya. Cuma aku bilang, 'Aku takut mati tanggal 2, karena aku janji pakai jilbab tgl 1'.

Terus selanjutnya gimana?

Aku cancel beberapa. Beberapa memperbolehkan aku pakai hijab bernyanyi. Cuma aku menjauhi lirik-lirik yang tidak sepemikiran sama aku, jadi lagunya tidak kubawakan.

Sekarang lebih selektif milih kerjaan?

Iya. Masih banyaklah Allah membuka lapangan pekerjaan kok. Masih bisa bikin film, Allah akan terus buka jalan.

Rencana ke depannya mau melakukan apa saja mbak?

Tidak mau berandai-andai. Karena tiap hari datang orang baru yang ngajak hal-hal baru. Aku ikut pengajian belum pernah, ikut kajian lain selain Ustaz Somad juga belum pernah, tapi sekarang tiba-tiba ada orang-orang baru ngedatangin aku ngajakkin ta'lim, yasinan alhamdulillah.

Tidak bisa ku planning kedepannya. Cuma aku minta maaf buat semua fans aku, dan siapapun orang yang pernah kusakiti secara sengaja dan tidak sengaja, aku minta ampun pada Allah dan mohon doanya supaya aku bisa istiqomah, Insya Allah hijrah ku ini akan sampai mati. Sampai aku menghadap Allah.

Mohon maaf sebelumnya, mbak punya tato? Apakah akan dihilangkan?

2 tahun yang lalu sudah kuhapus. Tinggal bayangannya saja di tangan. Cuma di kajian Ustaz Somad bilang, 'Kalau itu sakit buat dihapus, sudahlah tidak usah dihapus'. Tapi aku bilang alhamdulillah aku kan di-anestesi, jadi tidak sakit. Meskipun tidak sakit ya bertahap lah (menghilangkannya lagi).

(Sah)

 

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id