Kencangkan Misi selaras SDGs untuk Sosial Kemasyarakatan, ALAMI Pastikan Tak Hanya Fokus Kinerja Bisnis

Dinar | Jumat, 5 Agustus 2022 17:26

Reporter : Iwan Tantomi

Seperti apa bentuk kegiatan sosial yang berhasil direalisasikan oleh ALAMI?

Guna menyambut datangnya Tahun Baru Hijriah 1444 beberapa waktu lalu, ALAMI kembali melakukan kegiatan sosial. Perusahaan fintek berbasis syariah di Indonesia merealisasikan kegiatan sosial tersebut dengan meresmikan sumur wakaf yang telah usai dibangun.

Kegiatan tersebut berhasil diselesaikan melalui program bersama Dompet Dhuafa di Pondok Pesantren Al-Mujahidah, Bantuas, Samarinda, Kalimantan Timur. Hal tersebut menjadi bukti jika ALAMI selama ini tidak hanya fokus pada kinerja bisnis saja.

Kencangkan Misi selaras SDGs untuk Sosial Kemasyarakatan, ALAMI Pastikan Tak Hanya Fokus Kinerja Bisnis
Credit: ALAMI
2 dari 5 halaman

Terus Menggalakkan Kegiatan Sosial Sepanjang Tahun

ALAMI tidak hanya mewujudkan misi perusahaan dalam memberikan dampak positif seluas-luasnya kepada masyarakat dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat pada kegiatan bisnis, tetapi juga pada sejumlah kegiatan sosial yang terus giat dilakukan sepanjang tahun.

Menurut Dima Djani selaku Chief Executive Officer ALAMI, nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin yang mendorong pemberdayaan masyarakat Muslim untuk membangun kehidupan yang berkelanjutan, wajib menjadi dasar atas semua kegiatan yang dilakukan oleh ALAMI. Mulai dari segi bisnis, kultur perusahaan hingga kegiatan sosial yang langsung menyentuh masyarakat yang membutuhkan.

Misi tersebut juga selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs), sehingga mengafirmasi bahwa nilai Islam yang menjadi landasan ALAMI sepenuhnya bertujuan pada kebaikan yang tengah dibutuhkan.

3 dari 5 halaman

Mendatangkan Dampak Positif Bagi Semua Pihak

Dampak positif juga diharapkan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat sebagai penerima manfaat, tapi juga mendatangkan nilai-nilai kebaikan bagi semua pihak yang dilibatkan, yaitu para pendana (funders) ALAMI dan nasabah Hijra Bank, serta mitra-mitra strategis yang berkolaborasi dengan ALAMI dalam setiap kegiatan-kegiatan sosial yang dijalankan.

Dimulai sejak tepat pada Tahun Baru 1443 Hijriah lalu, yang dijadikan momen bagi ALAMI untuk melakukan penyerahan 1 ambulans gratis untuk dioperasikan oleh Dompet Dhuafa, menjadi kontribusi langsung pada upaya pemulihan kesehatan masyarakat yang saat itu sedang mencapai puncak pandemi COVID-19.

Kegiatan tersebut akhirnya mengawali sebuah rangkaian kegiatan sosial yang terjaga konsisten sepanjang tahun, yang terus diupayakan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dengan bekerja sama dengan mitra-mitra strategis.

Salah satunya adalah program dana qardhul hasan sebagai bantuan modal untuk membangun warung-warung rumahan bekerja sama dengan ZMart yang hingga kini telah mencapai 100 warung mustahik dan diharapkan akan terus bertumbuh.

4 dari 5 halaman

Turut Berdayakan Warteg UMKM

Selain itu, ALAMI memberdayakan warteg UMKM melalui program berbagi paket makanan berbuka puasa yang dibeli dari warteg ke masjid-masjid di Jabodetabek dan Bandung. Program yang ditajuk dengan Sedekah Double ini bekerja sama dengan Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) pada Ramadan 1443 Hijriah lalu.

Melengkapi momentum Ramadan lalu pula, ALAMI melalui unit usaha Hijra Bank juga memberikan santunan kepada anak yatim para Pejuang Subuh Cilik berupa beberapa sepeda.

Kebiasaan para pejuang subuh cilik yang bersepeda menuju Masjid Raya Pondok Indah setiap subuh menggerakkan ALAMI untuk berbagi kebahagiaan dan agar semakin banyak anak yang dapat bersama-sama melakukan kebiasaan baik yang dimulai sejak dini.

5 dari 5 halaman

Dukung Juga Lewat Program Beasiswa

Masih berangkat dengan penghargaan khusus bagi cikal bakal masa depan, ALAMI juga memberi dukungan terhadap program beasiswa untuk santri program eTahfidz Dompet Dhuafa. Dari program ini, tiga dari sembilan santri eTahfidz Dompet Dhuafa angkatan ke-2 menjadi binaan ALAMI dan telah diwisuda.

Terbaru, Pondok Pesantren Al-Mujahidah di Bantuas, Samarinda menjadi titik pembangunan Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan dalam kolaborasi bersama Dompet Dhuafa. Diharapkan dari program ini, dapat mengatasi kebutuhan air bersih sehari-hari bagi penghuni pondok pesantren dan masyarakat sekitarnya yang selama ini terpaksa mengandalkan air hujan, dan air yang telah terkontaminasi dengan air bekas galian tambang batu bara atau terpaksa membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“ Alhamdulillah, kami masih diberikan kelapangan untuk menandai Tahun Baru 1444 Hijriah ini dengan kebaikan. Semoga menjadi pembuka bagi tahun yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan bagi ALAMI untuk dapat terus mempraktekkan kegiatan-kegiatan yang bertujuan baik. Selama ini kami berfokus pada nilai-nilai ini, baik dalam penyaluran pembiayaan kepada penerima pembiayaan (beneficiaries), kultur perusahaan maupun dalam berbagai kegiatan sosial," ungkap Dima.

Dima kemudian menutup pernyataannya dengan berharap ALAMI dapat terus istikamah untuk menebarkan kebaikan dan manfaat yang lebih banyak lagi ke depannya, sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu baik secara finansial, ekonomi, maupun sosial dengan kehadiran ALAMI.

Terkait
Join Dream.co.id