Kena PHK Saat Pandemi, Ini Cara Jelaskan ke Perusahaan Baru Saat Melamar Kerja

Dinar | Rabu, 2 Juni 2021 09:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Riwayat PHK bisa saja membuat CV yang kita tulis menjadi negatif di mata perekrut.

Dream – Kamu yang masih bisa bekerja dan menerima bonus maupun THR dengan lancar hendaknya tak lupa bersyukur. Di tengah tekanan pandemi saat ini, banyak perusahaan terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawan karena bisnis yang sedang suram.

Menjadi korban PHK merupakan salah satu pengalaman buruk di dalam kehidupan. Apalagi jika kamu keluar dari perusahaan dengan status pegawai yang dipecat. Catatan pernah diberhentikan perusahaan bisa saja merusak Curriculum Vitae (CV) dan membuat orang-orang sulit mendapatkan pekerjaan berikutnya.

Hal yang paling ditakutkan adalah perekrut menganggapnya sebagai kandidat yang tidak memiliki etos kerja yang baik.

Dikutip dari Karir.com, Selasa 2 Mei 2021, saat pandemi COVID-19 menyerang sejak tahun lalu, banyak orang terkena PHK. Pemecatan ini bisa jadi bukan salah karyawan, tetapi merupakan langkah perusahaan untuk melakukan pengetatan pengeluaran.

Lantas, bagaimana caranya menjelaskan kepada perekrut bahwa kamu pernah dipecat karena pandemi COVID-19?

Kena PHK Saat Pandemi, Ini Cara Jelaskan ke Perusahaan Baru Saat Melamar Kerja
Bagaimana Caranya Menjelaskan Bahwa Pernah Terkena PHK Saat Pandemi COVID-19? (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Sebutkan di Surat Lamaran

Surat lamaran bisa menjadi salah satu media untuk menyebutkan pengalaman pernah PHK karena COVID-19. Format pada surat lamaran bisa lebih fleksibel daripada CV atau resume. Kamu punya lebih banyak ruang untuk menyampaikan pesan.

Surat lamaran biasanya terdiri dari 3-5 paragraf pendek. Di bagian akhir surat lamaran, kamu bisa menegaskan keinginan untuk bergabung dengan perusahaan.

Di sini, kamu bisa menulis seperti ini, “ Saya sangat mencintai profesi ini. Namun, manajemen tempat kerja saya sebelumnya melakukan pengetatan pengeluaran sehingga saya harus kehilangan pekerjaan di masa pandemi COVID-19. Sekarang saya bersemangat untuk menggunakan segala kemampuan untuk bisa berkontribusi di perusahaan Anda.”

3 dari 4 halaman

Keterangan di CV

CV umumnya memuat riwayat pekerjaan. Dengan membaca bagian ini, perekrut akan mudah mengetahui fakta kamu sempat absen dari dunia kerja karena pandemi COVID-19.

Tentu ini akan menimbulkan tanda tanya. Kamu juga tentu tak mau perekrut terlalu fokus pada masa kamu tak lagi aktif di perusahaan.

Kamu bisa mengubah CV tanpa harus mengurangi informasi tentang masa jeda di karier. Misalnya, menulis title pekerjaan di sebelah kanan. Dengan asumsi perekrut membaca dari kiri ke kanan, dia tak akan terlalu memperhatikan urutan waktu yang tertulis di sebelah kanan.

Kamu juga bisa mencantumkan kegiatan selama tak bekerja, misalnya mengikuti pekerjaan sukarela. Kalau mengikuti pelatihan, kamu juga bisa mencantumkannya di bagian pendidikan.

4 dari 4 halaman

Jelaskan Saat Wawancara

Memang tak semua perekrut membaca surat lamaran atau jeli membaca CV. Meskipun sudah menuliskan kondisi PHK karena COVID-19, kamu harus tetap mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan perekrut saat wawancara. Kamu bisa menjelaskan situasi ini saat diminta untuk menceritakan diri sendiri atau mendapatkan pekerjaan spesifik tentang PHK di masa pandemi COVID-19.

Saat menjawab pertanyaan ini, kamu bisa memberikan jawaban positif. Katakanlah siap menyambut kesempatan kerja baru. Jangan terburu-buru menjawab harus bekerja karena butuh uang.

Ceritakan juga upayamu meningkatkan kemampuan selama masa pandemi COVID. Misalnya, mengikuti pelatihan atau belajar baru secara otodidak. Kamu juga bisa menyebutkannya jika ada usaha yang dirintis saat tidak bekerja di perusahaan.

Walaupun pernah dipecat, upaya kamu untuk berusaha mendapatkan penghasilan dan aktif di masyarakat patut diperhitungkan. Kegigihanmu untuk bertahan di tengah ketidakpastian akan memberikan nilai tambah. Kalau bisa menjelaskan situasi ketika kena PHK di masa pandemi dengan baik, kamu akan menonjol di mata perekrut. 

Join Dream.co.id