Banyak Pesawat Di-Grounded, Bos Boeing Klaim 737 MAX 8 Aman

Dinar | Selasa, 12 Maret 2019 19:44
Banyak Pesawat Di-Grounded, Bos Boeing Klaim 737 MAX 8 Aman

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pesawat ini disebut-sebut mengantongi ratusan ribu penerbangan dengan aman setelah mengantongi sertifikat layak terbang.

Dream – Produsen pesawat terbang terkenal dunia, Boeing, menjamin Boeing 737 MAX 8 aman untuk dioperasikan. Pernyataan itu disampaikan setelah beberapa maskapai dunia memutuskan mengandangkan pesawat tersebut usai kecelakaan nahas yang dialami Ethiopian Airlines. 

“ Kami yakin dengan keselamatan 737 MAX. (Ada) pria dan wanita yang merancang dan membangun pesawat ini,” kata CEO Boeing, Dennis Muilenburg, dikutip dari Channel News Asia, Selasa 12 Maret 2019.

Muilenburg menegaskan pesawat 737 MAX telah mengantongi sertifikasi layak terbang. Bagian keluarga MAX ini juga merampungkan ratusan ribu penerbangan dengan aman.

Dia mengatakan kecelakaan yang baru saja dialami Ethiopian Airline merupakan tantangan baru setelah beberapa bulan sebelumnya tragedi yang melibatkan pesawat tipe sama dialami Lion Air bernomor penerbangan JT-610.

Sekadar informasi, pada Minggu 10 Maret 2019, sebuah jet penumpang Ethiopian Airlines jatuh beberapa menit setelah lepas landas. Kecelakaan ini menewaskan 157 orang di dalamnya. Keamanan pesawat Boeing 737 MAX 8 kembali dipertanyakan.

Pesawat ini jadi sorotan publik untuk kedua kalinya setelah 737 MAX 8—yang digunakan oleh Lion Air Grou—jatuh di Indonesia pada Oktober 2018.

Pesawat bongsor ini dirilis pada 2017 sebagai pembaruan untuk model 737. Pesawat berlorong satu ini merupakan rival dari Airbus A320. Pesawat Boeing ini diklaim hemat bahan bakar.

2 dari 4 halaman
Jokowi Menanggapi Desakan Pembentukan TGPF kerusuhan Bawaslu
Join Dream.co.id